Sponsors Link

17 Obat Alami Untuk Anjing Yang Tidak Mau Makan

Sponsors Link

Anjing yang tidak mau makan bisa terjadi karena berbagai faktor seperti anjing tidak memiliki teman sehingga tidak ada daya saing untuk memperebutkan makanan, anjing baru tiba di rumah baru, sedang sakit dan stres, terlalu manja dan kurang aktivitas serta berbagai faktor lainnya.

ads

Anjing yang sehat umumnya akan memakan apapun dan selalu bisa menikmati makanan yang diberikan bahkan anjing liar pun akan memakan makanan yang basi atau sampah.

Jika anjing kehilangan nafsu makan hanya terjadi sementara, maka bukan menjadi masalah yang serius. Namun jika terjadi terlalu lama bahkan sampai tidak mau makan sama sekali melebihi dua hari ditambah dengan penurunan berat badan drastis, maka ini bisa menjadi pertanda serius dan anjing harus segera dibawa ke dokter hewan.

Namun untuk mengembalikan nafsu makan anjing, masih ada beberapa obat alami untuk anjing yang tidak mau makan sebagai pertolongan pertama sebelum dibawa ke dokter hewan seperti yang akan kami berikan dalam artikel kali ini.

  1. Minyak Esensial

Tergantung dari penyebab anjing tidak mau makan, beberapa jenis minyak esensial bisa digunakan untuk meningkatkan kembali nafsu makan anjing.

  • Untuk anjing stres: Pertimbangkan untuk menyebarkan aroma minyak yang menenangkan untuk membantu meringankan gejala stres pada anjing seperti lavender dan chamomile yang bisa memberikan rasa tenang dan aman untuk anjing.
  • Masalah pencernaan: Untuk anjing yang tidak mau makan karena masalah pencernaan, minyak esensial peppermint atau minyak jahe bisa diberikan untuk mengurangi masalah pada pencernaan anjing.
  • Merangsang nafsu makan: Untuk merangsang nafsu makan yang menurun, beberapa jenis minyak esensial seperti minyak jeruk, grapefruit dan minyak sweet marjoram bisa digunakan.
  1. Bawang Putih

Meski bawang putih yang terlalu banyak diberikan pada anjing bisa menjadi racun. Namun dalam pemberian minimal, bawang putih bisa mengatasi masalah anjing yang tidak mau makan secara alami. Untuk anjing berukuran kecil bisa diberikan 1/8 sendok teh, sedangkan untuk anjing berukuran besar bisa diberikan sebanyak 1/4 sendok teh yang dibagi ke dalam beberapa kali jadwal makan dalam sehari yang juga bagus diberikan untuk cara mengatasi anjing depresi.

  1. Akar Burdock

Akar burdock atau arctium lappa adalah gulma biasa yang tumbuh liar dimanapun. Akar dari tanaman ini sangat berguna untuk mengatasi berbagai gangguan kulit pada anjing dan jika digunakan dalam jangka waktu lama bisa menyembuhkan ketidakseimbangan sistemik. Jus dari ekstrak akar ini bisa membantu pencernaan, cara mengatasi anjing susah makan, menambah nafsu makan sekaligus menyerap racun yang ada dalam usus.

Sebagai makanan, akar burdock ini sangat nikmat dicampur sebagai pengganti kentang dalam sup dengan rasa ringan, manis dan lembut. Anjing umumnya sangat menyukai rasa akar tanaman ini yang diberikan dalam keadaan bubuk atau dimasak dalam keadaan segar.

Dalam akar burdock mengandung karbohidrat, inulin, zat besi, silikon, magnesium, tiamin, kalium, natrium dan juga kromiun yang bisa digunakan untuk membersihkan, obat alami nafsu makan dan juga menyeimbangkan mineral dalam tubuh anjing.

Sponsors Link

  1. Alfalfa

Alfalfa sudah sejak lama digunakan di seluruh dunia sebagai makanan hewan yang juga dikenal dengan obat herbal untuk manusia dan juga hewan seperti cara mengatasi ciri ciri anjing sakit. Alfalfa ini sudah dibudidayakan selama ribuan tahun lalu yang bisa digunakan untuk mengatasi radang sendi, menurunkan kadar kolesterol, memurnikan darah dan juga mengandung enzim pencernaan betaine yang bisa menjaga kesehatan pencernaan sekaligus mengembalikan nafsu makan anjing.

  1. Ginseng

Seiring dengan bertambahnya usia, maka kemampuan anjing untuk menyerap nutrisi juga akan menurun sehingga menyebabkan anjing kekurangan gizi, meningkatkan risiko penyakit, menurunkan energi dan kewaspadaan sekaligus mengurangi nafsu makan. Ginseng tidak hanya menjadi perangsang nafsu makan yang baik, namun dalam penelitian juga terbukti jika ginseng bisa membantu usus dalam penyerapan nutrisi.

Dalam ginseng mengandung komponen antioksidan kuat yang bisa memulihkan tubuh anjing dari stres, kelelahan dan juga penyakit. Dalam ginseng juga mengandung saponin anti inflamasi yang bisa membantu mengatur kadar kolesterol dan juga gula darah anjing sekaligus membersihkan organ hati.

ads

  1. Kunyit

Kunyit sudah sangat umum digunakan sebagai bumbu masakan seluruh dunia yang bisa digunakan dalam keadaan segar atau dikemas dalam bentuk bubuk. Dalam kunyit mengandung kalori, lemak, mangan, magnesium, niacin, selenium, silikon, kalium dan natrium serta mengandung beberapa jenis vitamin serta mineral.

Parutan kunyit segar atau bubuk bisa ditambahkan kedalam makanan anjing untuk menambah nafsu makan dan bisa digunakan juga untuk cara menggemukan kucing. Selain bisa mengembalikan nafsu makan, kunyit juga memiliki banyak kegunaan lain seperti mencegah gangguan pencernaan, bersifat antiseptik, membersihkan tubuh dari infeksi ragi, menghilangkan kembung dan meningkatkan produksi enzim hati untuk metabolisme racun.

  1. Daun Nettle atau Jelatang

Daun nettle atau jelatang biasanya dijual dalam keadaan kering atau ekstrak yang sangat baik digunakan untuk mengatasi tanda alergi pada kucing dan anjing dengan cara memperbaiki ketidakseimbangan membran mukosa dalam tubuh anjing. Tidak hanya itu, daun jelatang juga sangat ampuh untuk menambah nafsu makan anjing, membersihkan darah, mengatasi kelebihan cairan dan meningkatkan fungsi ginjal, hati serta pencernaan.

  1. Labu

Labu tidak hanya sangat disukai oleh anjing namun juga sangat tinggi akan kandungan serat, vitamin dan berbagai jenis mineral yang berguna untuk mengatasi anjing tidak mau makan. Selain itu, labu juga bisa mengatasi sembelit pada anjing, mengatasi sakit perut dan berbagai gangguan pencernaan penyebab anjing tidak mau makan. Anda bisa mencampur potongan labu yang sudah direbus atau puree labu pada makanan anjing secara teratur agar anjing mau makan kembali.

  1. Probiotik

Probiotik seperti yogurt mengandung strain bakteri menguntungkan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan usus anjing yang juga baik digunakan untuk cara mengobati kucing sakit lemas. Namun untuk jenis probiotik terbaik yang bisa diberikan pada anjing untuk mengatasi gangguan pencernaan dan mengembalikan nafsu makan anjing, sebaiknya pilih probiotik khusus anjing yang bisa dibeli di pet shop.

  1. Bubur Beras dan kaldu

Bubur beras yang dicampur dengan kaldu juga sangat baik diberikan untuk mengembalikan nafsu makan anjing sekaligus mengatasi gangguan pencernaan penyebab anjing tidak mau makan sekaligus cara untuk menggemukan anjing.

  • Rebus 1 cangkir beras dengan 1 liter kaldu selama 20 menit.
  • Saring dan ambil air beras tersebut kemudian tunggu sampai hangat.
  • Ambil secukupnya dan berikan pada anjing, sedangkan sisanya bisa disimpan dalam lemari es dan diberikan untuk makanan berikutnya.
  1. Yogurt Tawar

Menambahkan 1 sendok makan yogurt untuk anjing kecil atau 2 sendok makan yogurt untuk anjing besar sangat penting untuk menjaga kesehatan usus, mengatasi gangguan pencernaan sekaligus mengatasi anjing tidak mau makan. Pastikan untuk memberikan yogurt tawar dan bebas dari xylitol serta berbagai bahan pengawet atau pemanis buatan yang dicampurkan bersama dengan makanan anjing.

  1. Pisang

Selain ubi, pisang juga sangat baik diberikan pada anjing untuk mengatasi anjing susah makan sekaligus mencukupi kebutuhan nutrisi anjing dan cara merawat anjing agar gemuk. Dalam pisang mengandung kalium dan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga keseimbangan cairan sekaligus mencegah pertumbuhan bakteri jahat penyebab anjing tidak mau makan.

  1. Oatmeal

Oatmeal tidak hanya baik digunakan untuk mengatasi gangguan kulit anjing seperti gatal dan kering, namun juga sangat baik diberikan untuk mengembalikan nafsu makan sekaligus mengatasi gangguan perut anjing serta cara merawat anjing sakit. Dalam oatmeal mengandung banyak serat larut, vitamin dan juga mineral yang sangat baik diberikan pada anjing namun hindari menambahkan gula dalam oatmeal tersebut.

  1. Ubi Jalar

Tidak hanya menjadi makanan nikmat untuk anjing, namun ubi jalar juga bisa mengatasi penyebab anjing tidak mau makan sekaligus mengatasi berbagai gangguan perut seperti diare, sembelit dan sebagainya karena mengandung antioksidan, vitamin dan serat makanan yang penting untuk tubuh anjing.

  1. Wortel

Wortel sangat baik diberikan untuk mengembalikan kesehatan pencernaan anjing dan juga merupakan vermifuge untuk melawan parasit pada usus sekaligus mengandung banyak vitamin yang semuanya sangat penting untuk meningkatkan nafsu makan anjing sekaligus mengatasi banyak masalah kesehatan anjing dan juga cara mengobati anjing cacingan.

  1. Lobak dan Madu

Lobak sangat baik diberikan untuk mencukupi kebutuhan gizi anjing sekaligus meningkatkan nafsu makan. Sedangkan madu yang tinggi akan nutrisi juga sangat baik bekerja sebagai antiseptik untuk melawan berbagai kuman dalam pencernaan penyebab anjing tidak mau makan.

  1. Kefir

Selain yogurt, kefir juga sangat baik diberikan untuk mengatasi anjing dan juga kucing yang tidak nafsu makan sekaligus mengatasi gangguan pencernaan pada beberapa hewan peliharaan. kefir sendiri merupakan minuman susu fermentasi yang didalamnya mengandung probiotik bermanfaat seperti untuk mengatasi tanda anjing depresi.

Meski susu sapi umumnya sudah dipasteurisasi, namun untuk beberapa jenis anjing bisa menyebabkan iritasi saluran pencernaan. 1 sampai 2 sendok makan kefir bisa dicampur dalam makanan untuk anjing kecil sampai sedang. Sedangkan untuk anjing dewasa bisa diberikan 2 hingga 4 sendok dalam makanan mereka.

Beberapa obat alami untuk anjing yang tidak mau makan bisa diatasi dengan mudah seperti beberapa cara yang sudah kami rekomendasikan. Tidak hanya berguna untuk meningkatkan nafsu makan, namun beberapa bahan alami diatas juga sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi berbagai penyakit baik penyakit luar maupun penyakit dalam secara efektif.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 29th, June 2018 / 03:34 Oleh :
Kategori : Anjing