Sponsors Link

13 Cara Mengobati Anjing Cacingan

Sponsors Link

Cacingan merupakan masalah yang biasa dialami oleh anjing. Cacingan dapat disebabkan banyak jenis cacing salah satunya adalah cacing tambang, cacing cambuk, atau cacing jantung.

ads

Banyak orang yang khawatir dengan obat pembasmi cacing, lebih banyak orang yang memilih bahan alami buat mengatasi masalah cacingan pada anjing.

Selain terbukti ampuh, cara ini juga tergolong lebih sehat. Berikut 13 cara mengobati anjing cacingan.

1. Kamomil atau Pineapple Weed

Kedua rempah ini ternyata ampuh buat mencegah dan membasmi cacing cambuk serta cacing gelang. Kedua rempah ini ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya seperti untuk menenangkan. Untuk anjing yang memiliki berat badan 13 kg, kalian bisa memberikan ¼ sendok teh tingtur setiap beberapa jam.

Jika kalian ingin bikin teh sendiri, kalian bisa menggunakan 1T dalam setiap beberapa jam. Jika kalian membuat teh sendiri, kalian bisa menggunakan 4 kantong teh celup setara dengan 2T bunga. Yang dicampur dengan setiap 240 ml air yang sudah kalian masak sampai mendidih. Kamomil sangat aman untuk diberikan pada anjing tanpa takut adanya efek sampingnya.

2. Gunakan kunyit

Salah satu mengatasi cacingan adalah dengan menggunakan kunyit, karena bahan ini membuat lingkungan yang tidak kondusif untuk cacing. Bagi anjing dengab berat 4,5 kg, berikan 1/8 hingga ¼ sendok teh kunyit secara rutin. Pastikan anjing meminum banyak air selama mengonsumsi ramuan ini agar tidak menderita konstipasi.

Berikan ramuan kunyit sekali sehari, berikan setelah makan. Untuk anjing yang berukuran besar, kalian bisa memberikan ramuan kunyit setiap hari selama 2 bulan.

3. Gunakan cengkih

Kalian juga bisa menggunakan cangkih setiap harinya setelah makan untuk mencegah dan membasmi cacing. Untuk anjing dengan berat badan kecil, kalian bisa memberikan ¼ cengkih yang sudah ditumbuk. Lalu bisa kalian campurkan dengan makanan selama satu minggu. Kemudian berikan ramuan ini dengan dosis yang sama saat minggu ketiga.

4. Kenari hitam 

Kalian bisa menggunakan kenari hitam untuk mengatasi cacingan pada anjing. Ramuan ini terbuat dari kulit biji kenari hitam, untuk membasmi cacing di usus. Meskipun bahan alami ini lebih aman dari obat cacing komersial. Kalian harus tetap menggunakannya secara hati-hati.

Mengingat kenari hitam dapat beracun jika dosisnya berlebihan. Kenari hitam adalah salah satu pilihan terakhir pengobatan herbal. Untuk lebih pasti kalisn bisa berkonsultasi lebih dulu dengan dokter hewan agar bisa memberikan dengan dosis yang tepat.

Sponsors Link

5. Gunakan wormwood 

Beberapa orang yang berpengalaman dengan anjing cacingan, merekomendasikan rempah ini. Tapi kalian harus berhati-hati saat memakainya. Wormwood cuma boleh dipakai dalam pengawasan dokter hewan. Mengingat ramuan ini mempunyai dampak yang cukup negatif pada sistem saraf, ginjal, dan lever.

6. Buat dan berikan air peterseli

Air peterseli ternyata akan membantu mengatasi cacingan dan membuat sistem pencernaan anjing sehat. Air peterseli sendiri memiliki banyak nutrisi serta berfungsi sebagai zat diretik yang akan membantu membasmi bahkan mengeluarkan cacing yang sulit sekali dihilangkan.

7. Menggunakan biji labu

Ternyata biji labu bisa membantu membasmi serta mengeluarkan cacing dari sistem pencernaan anjing. Biji labu terbukti ampuh untuk melumpuhkan cacing khususnya jenis cacing tambang dan cacing pita. Caranya adalah dengan menggiling biji labu sampai halus. Lali berikan satu sendok teh setiap harinya sesendok serbuk biji labu. Untuk anjing dengan berat badan diantara 4,5 hingga 6,8 kg kalian cukup memberikannya selama dua minggu.

8. Gunakan biji jeruk bali

Biji jeruk bali ternyata sangat sehat ini dan mampu mengatasi cacingan pada anjing. Ramuan ini terbukti ampuh melawan 800 virus dan bakteri. Bahkan biji jeruk bali bisa memperkuat sistem imun, membantu melawan kanker, serta melumpuhkan dan mengeluarkan parasit dari tubuh.

9. Tumbuklah biji pepaya

Kalian juga bisa menggunakan biji pepaya yang kaya akan papain. Enzim inilah yang menyebabkan cacing menjadi lemah serta keluar dari sistem pencernaan. Biji pepaya juga akan membantu memperkuat pencernaan anjing peliharaan kalian.

Cara membuatnya adalah dengan menumbuk biji pepaya sampai halus. Buat anjing dengab berat badan kecil, kalian cukup menaburkan 8 mg serbuk ke dalam makanan. Tidak ada batas pemakaiannya karena ramuan ini sangat aman.

10. Menggunakan pepaya

Jika anjing kalian mau memakan pepaya, kalian bisa memberikan pepaya yang ksya banyak papain untuk mengatasi cacingan pada anjing. Agar ldbih ampuh kalian bisa memberikan biji pepaya. Tapi ingat untuk tidak memberikan buah pepaya dan biji pepaya secara berlebih agar hasilnya lebih efektif.

Pastika jika kalian memberikan buah pepaya segar, tapi tidak masalah jkka inhin memberi pepaya yang kering. Tapi usahakan memberikan pepaya organik karea sangat kaya akan papain.

Sponsors Link

11. Buah ara kering

Karena buah ara kering kaya akan enzim fisin, dengan mengonsumsi buah ara ternyata akan menghancurkan lapisan tubuh dan melemahkan cacing serta membuatnya keluar dari usus. Tapi jangan memberikan dosis berlebihan karena bisa membahayakan anjing. Kalian dapat memberikan 1 atau 2 buah ara setelah makan.

12. Gunakan bawang putih parut

Bawang putih untuk mengatasi cacingan pada anjing masih sangat kontroversial. Bahkan beberapa peneliti memaparkan risikonya, karena bisa merusak sel-sel darah merah pada anjing.

Pastikan untuk tidak berlebihan dalam memberikannya. Walaupun bawang putih sangat baik untuk sistem imun manusia, tapi bawang putih cukup beresiko diberikan kepada anjing jika dosisnya berlebih. Tapi selain membasmi cacing, bawang putih juga akan menjaga sistem imun anjing dengan keseluruhan. Bawang putih cukup kalian parut dan dicampur dengan adas.

13. Berikan tanah diatom/ DTE

DTE yang aman ternyata bisa mengatasi cacingan pada anjing. DTE yang aman dikonsumsi merupakan serbuk dari fosil fitoplankton laut. Ujung-ujung mikroskopisnyalah yang akan membasmi parasit dan cacing. Dengan cara memotong, mengikis, serta membuat cacing mengalami dehidrasi.

Untuk anjing dengan berat badan kecil, kalian cukup menaburkan 1T tanah diatom didalam makanan anjing sekali setiap hari. Jika anjing kalian memiliki berat badan lebih dari 25 kg. Kalian cukup menaburkan 1T tanah diatom juga sekali setiap hari. Pastikan kalian mencampurkannya secara merata karena bisa mengganggu sistem pernapasan jika sampai terhirup anjing.

Itulah 13 cara mengobati anjing cacingsn di rumah. Kalian juga bisa mencoba untuk merawat hewan jenis lainnya seperti butung dengan mengikuti Cara Memelihara Burung MuraiCara Memelihara Burung Walet, serta Cara Memelihara Burung Kakatua.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 16th, May 2018 / 11:22 Oleh :
Kategori : Anjing