Sponsors Link

10 Cara Membuat Burung Cipoh Agar Cepat Gacor

Sponsors Link

Cipoh atau sirtu adalah salah satu jenis burung kecil dengan suara yang khas. Banyak penggemar burung kicau tertarik untuk memeliharanya, dikarena rasa penasaran terhadap suaranya.

ads

Burung cipoh termasuk salah satu jenis burung yang suka berkoloni. Mereka senang. idup berkelompok dalam jumlah kecil atau besar. Bahkan kalian tidak kesulitan menemukan burung cipoh. Karena kalian bisa menemukannya didaerah perkotaan ataupun pedesaan.

Biasanya burung cipoh senang bersarang di atap atau didalam lubang-lubang di atap rumah untuk merrka yang tinggal didaerah perkotaaan. Suara burung cipoh seringkali membangkitkan kenangan para pecinta burung kicau terhadap kehidupan mereka di kampung halamannya. Karena burung ini lebih banyak ditemukan di daerah pedesaan, serta memiliki suara khas yang menggema.

Agar burung cipoh jadi lebih cepat berbunyi dan gacor. Kalian harus mengikuti pola yang sesuai, mulai dari termasuk kebutuhan pakannya, kandang, pemilihan master dan masih banyak lainnya. Berikut 10 cara burung cipoh cepat gacor.

  1. Pemilihan Master Burung Cipoh

Memelihara burung cipoh dari hasil tangkapan bukanlah hal mudah, karena burung cipoh seringkali takut saat melihat manusia karena mereka terbiasa hidup di alam liar. Agar bisa membuat burung cipoh jadi rajin berbunyi, terutama yang akan kalian jadikan masteran untuk burung kicau lainnya. Kalian akan membutuhkan proses penjinakan yang tidak sebentar.

Agar burung cipoh jadi jinak, hal pertama yang perlu kalian lakukan yaitu menggantung burung di tempat terbuka mengingat mereka terbiasa hidup di alam liar. Jika tidak, burung cipoh dalam sangkar akan merasa stress dan jadi tidak mau berbunyi. Kebanyakan yang seringkali dipelihara oleh kicaumania untuk pemasteran adalah burung cipoh jantan.

  1. Memperhatikan Pakan Burung

Jangan lupa untuk memperhatikan pakan untuk burung cipoh peliharaan. Kalian bisa memberikan mereka pakan berupa biji-bijian seperti milet merah atau putih, atau serangga seperti jangkrik, ulat hongkong, kroto. Kalian juga bisa memberikan mereka sayur dan buah-buahan.

Dalam keadaan terpaksa, tidak apa-apa jika kalian memberikan mereka biskuit atau roti. Hal ini menunjukkan burung cipoh mudah dalam pemeliharaannya, termasuk dalam hal pakan. Tapi agar lebih jinakan dan membuat mereka cepat gacor, disarankan untuk memberikan pakan kering seperti voer dan biji-bijian.

  1. Membersihkan Bulu Burung Gereja

Jika kalian menemukan burung cipoh di pasar burung, yang biasanya didapatkan pedagang dari pemikat. Ini biasanya akan membuat bulu burung berbau tak enak. Untuk itulah, jika burung kalian sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan baru, kalian harus memmandikannya terlebih dulu.

Kalian bisa memakai shampo bayi ataupun memakai air rebusan daun sirih. Caranya mudah, kalian hanya perlu membuat buku basah kuyup dengan shampo atau air sirih. Agar bau tak sedapnya hilang, kalian bisa mengangin-anginkannya, lalu menjemurnya. Pastikan burung cipoh tidak memiliki kutu ataupun tungau kulit.

Sponsors Link

Setelah menjemurnya, burung kemufian diangin-anginkan di teras, sambil kalian semprotkan dengan larutan freshaves. Larutan ini untuk membuat burung fresh dan terhindar dari kutu dan sejenisnya. Caranya adalah dengan menvampurkan freshaves dengan air dan masukkan kedalam botol sprayer, lalu semprotkanlah ke tubuh burung. Setelah burung bersih, selanjutnya adalah melakukan perawatan harian.

  1. Memberikan Pakan Tambahan

Selanjutnya adalah pemberian pakan tambahan seperti ekstra foding. Kalian bisa memberikan ulat hongkong, jangkrik, atau kroto. Ekstra foding ini bisa membantu burung cipoh kalian jadi cepat gacor. Untuk pemberian pakan tambahan kalian dapat memberikannya dua kali dalam seminggu.

  1. Melakukan Penjemuran

Selanjutnya kalian juga harus memperhatikan masalah penjemuran. Kalian bisa melakukannya selama 2 jam saja, mengingat burung cipoh merupakan burung yang biasa tinggal di alam. Sedangkan masalah mandi kalian bisa mengajari burung untuk mandi sendiri. Caranya adalah dengan menyediakan cepuk agar mereka bisa mandi sendiri. Jika tidak kalian untuk bisa menyemprotkan burung cipoh terlebih dahulu.

  1. Melatih dengan Burung Yang Sudah Pintar Berbunyi

Sedangkan jika ingin memancing suara burung cipoh. Kalian bisa menyandingkannya dengan burung master atau burung lainnya yang telah rajin berbunyi. Dengan begini dalam waktu dekat burung cipoh kaliananda bisa ikut terpancing bersuara bahkan bisa gacor.

  1. Memelihara Lebih Dari Satu Burung

Tidak masalah jika kalian memelihara burung cipoh lebih dari satu. Ini berguna untuk memancing burung cipoh saling bersautan agar lebih cepat gacor. Karena sudah menjadi kebiasaan mereka saat berada di alam liar. Tapi pastikan diantara burung cipoh tidak saling kelihatan. Ini untuk membuat gacor burung cipoh bertahan cukup lama.

  1. Pemilihan Waktu Yang Tepat

Selanjutnya adalah pemilihan waktu yang tepat untuk melatih burung cipoh cepat gacor. Disarankan kalian membuat jadwal latihan di pagi hari sebelum pukul 11.00. Serta membuat jadwal latihan di sore sebelum pukul 17.00. Kalian juga dapat melatih mereka dengan memberikan pakan voer atau buah-buah saat mengeluarkannya dari sangkar. Akan lebih baik lagi jika kalian mengkerodong sangkar sehingga burung cipoh jadi fokus.

Sponsors Link

  1. Membuat Jadwal Latihan

Saat membuat jadwal latihan untuk burung cipoh perhatikan durasinya. Kalian dapat memberikan jadwal latihan di pagi hari dengan lama durasi 30 hingga 60 menit. Pastikan untuk rutin melakukann latihan setiap harinya. Kalian bisa membuka kerodong selesai sesi latihan. Kalian juga dapat memberikan mereka pakan seperti serangga favorit mereka atau buah kesukaannya.

Jika kalian ingin mengulangi pelatihan, kalian perlu mengkerodong sangkarnya kembali. Lalu lakukan pelatihan dengan memutarkan suara selama 20 hingga 30 menit. Jika kalian menerapkan latihan ini dengan rutin, terutama pada anak burung cipoh. Dalam waktu seminggu bisa dipastikan jika burung cipoh kalian sudah menghafal sebagian suara dari pelatihan.

  1. Menjaga Kebersihan Kandang

Kebersihan sangkar adalah salah satu hal yang sangat penting bahkan mempengaruhi keberhasilan pelatihan. Agar burung cipoh tidak mudah stres saat didalam sangkar kalian harus rutin membersihkannya. Mengingat burung cipoh meruoakan burung yabg terbiasa hidup di alam bebas.

Sehingga keadaan kandang yang kotor akibat pakan sisa atau tumpukan kotoran akan membuat burung cipoh menjadi sangat stress. Jika jarang kalian bersihkan, ini juga bisa membuat burung bisa terserang virus atau bakteri berbahaya.

Itulah 13 cara membuat burung cipoh agar cepat gacor. Kalian juga bisa mencoba merawat burung jenis lainnya dan mengikuti Cara Memelihara Burung MuraiCara Memelihara Burung Walet, serta Cara Memelihara Burung Kakatua.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 16th, May 2018 / 11:58 Oleh :
Kategori : Burung