Sponsors Link

13 Cara Merawat Anjing Sakit

Sponsors Link

ads

Melihat anjing anda sakit tentu sebuah hal yang tidak menyenangkan, ia menjadi lesu dan enggan ketika diajak bermain, bahkan tidak jarang nafsu makannya menjadi turun drastis. Apapun sakit yang dialami oleh anjing anda sebaiknya anda memang mengetahuinya dari gejala serta dari kondisi fisiknya sehingga bisa memberikan pengobatan dan perawatan yang terbaik.

Dalam kesempatan kali ini penulis akan memberikan wawasan mengenai 13 cara merawat anjing sakit, untuk membantunya lebih nyaman dan mengurangi rasa sakit serta stresnya akibat penyakit yang dideritanya. Dengan mendapatkan kenyamanan, maka kesembuhan anjing anda akan mampu lebih cepat dan mampu mencegah sakit yang lebih parah. Simak selengkapnya dalam artikel berikut.

1. Kenali Gejala Sakitnya

Catat apa saja yang dilakukan oleh anjing anda dan bagaimana kondisi fisiknya, hal ini penting untuk nantinya dibawa ke dokter hewan sebagai bahan pertimbangan dan cara memberikan obat yang terbaik. Tanyakan dan kenali segala jenis penyakit yang anjing anda alami. Jika penyakitnya tidak terlalu parah, anda bisa merawatnya sendiri di rumah sambil berkonsultasi dengan dokter hewan. (Baca juga mengenai cara mengobati anjing kencing darah).

2. Waspada Kondisi Tertentu

Anda wajib berkonsultasi pada dokter jika anjing mengalami gejala sakit yang tak biasa seperti pingsan, ada oerdarahan, terus menerus muntah dan diare, sakit yang berhubungan dengan patah tulang, sulit bernafas atau kejang, atau terjadi pembengkakan di dalam satu bagian tubuhnya. Segera cari saran dan hubungi dokter hewan. (Baca juga mengenai cara mengatasi anjing jantan birahi).

3. Kurangi Porsi Makan

Jika muntah atau diare terjadi pada anjing anda, sebaiknya kurangi porsi makannya sekitar 20% dari porsi biasa, sebab kondisi tersebut membuat perutnya terasa tidak nyaman, jika ia terlalu banyak menelan makanan, akan membuat perutnya semakin terasa sakit dan begah serta membuat muntah dan diarenya tak kunjung sembuh. (Baca juga mengenai cara merawat anjing hamil).

4. Sediakan Air Minum

Dalam kondisi sakit, anjing harus terhindar dari dehidrasi, pastikan untuk selalu menyediakan air minum untuknya di sekitar kandang atau tempat tidur yang dapat dijangkaunya. Dehidrasi membuat kesembuhan semakin lama dan menyebabkan tubuhnya semakin lemas. Sediakan air yang matang dan bersih, baik air itu sendiri maupun tempatnya. (Baca juga mengenai cara menyembuhkan anjing epilepsi).

5. Makanan Tawar

Keju atau ayam tanpa kulit dan lemak, beras putih tanpa perasa tambahan baik untuk cara merawat anjing yang sakit sebab mengandung sedikit sekali bahan bahan yang mengandung lemak tinggi yang berbahaya untuk penyakit penyakit tertentu. Berikan secara bervariasi dengan tetap mencukupi kebutuhan akan daging dan obat yang diperlukan untuk penyembuhan sakitnya. (Baca juga mengenai gejala demodex pada anjing).

6. Batasi Pergerakan

Jangan biarkan anjing terlalu banyak bergerak atau bermain ketika ia berada dalam kondisi sakit meskipun ia merasa sudah sedikit sembuh. Beri ia waktu untuk istirahat dengan mengawasinya, jika ia ingin bergerak biarkan ia bergerak di dalam rumah, hindarkan untuk bergerak di luar rumah sebab beresiko membuatnya sakitnya kembali atau tertular kuman penyakit dari luar.

Sponsors Link

7. Perhatikan Kotoran dan Urin

Setiap kali anjing anda sakit, perhatikan kotoran dan urinnya, kotoran dan urin menjadi salah satu indikasi penyakit atau gejala tambahan dari penyait tertentu seperti pada penyakit diare atau cacingan. Perhatikan jika ada perubahan atau keanehan dan laporkan pada dokter hewan sebagai bahan pertimbangan untuk pengobatan.

8. Masukkan ke Dalam Rumah

Cara merawat anjing sakit ialah dengan meletakkannya di dalam rumah dan memastikan ia berakifitas di dalam, di luar rumah membuat anjing mudah terpapar lingkungan yang kurang bersih atau kuman penyakit di sekitarnya. Jika anda merasa kesuitan karena khawatir akan mengganggu anda atau keluarga, berikan ia tempat di luar rumah yang tertutup atau tidak terlalu dekat dengan bahan penyakit dan sesuatu yang membuatnya tidak nyaman seperti debu dan udara panas.

ads

9. Tempat Tidur yang Nyaman

Anjing yang sakit butuh tempat untuk istirahat dengan nyaman, anda wajib memberikan untuknya tempat tidur yang nyaman, tempat tidur tersebut tidak harus tempat tidur seperti yang digunakan manusia, cukup menggunakan dus yang diberi kain kain empuk di dalamnya sehingga nyaman untuk dijadikan tempat istirahat dan tempat tidur. Jangan lupa untuk menggantinya secara rutin agar jauh dari kotoran.

10. Hindarkan dari Keramaian

Siapapun yang sedang sakit tentu tidak menyukai situasi yang bising dan terlalu ramai, begitu pula dengan anjing, cara merawat anjing sakit wajib untuk memperhatikan lingkungan sekitarnya agar ia tidak stres. Berikan ia lingkungan yang tenang dan sepi, yang jauh dari aktifitas manusia dan bebas dari bising luar seperti bising kendaraan atau hewan lain. Dengan demikian ia akan tenang dan istirahatnya tidak terganggu oleh siapapun.

11. Pisahkan dari Anjing Lain

Cara merawat anjing sakit yang juga sebagai upaya pencegahan ialah dengan memisahkan anjing tersebut dengan anjing atau hewan lain yang sehat, selain untuk meminimalisir penularan penyakit, juga untuk mencegah anjing yang sakit dilukai atau terlalu berlebihan untuk diajak bermain. Berikan anjing tempat yang khusus yang jauh dari hewan lain.

12. Jangan Berikan Obat Manusia

Anjing memang bisa memiliki penyakit yang hampir sama dengan penyakit yang dimiliki oleh manusia, seperti penyakit flu, batuk, diare, cacingan, dan sebagainya yang juga bisa diderita oleh manusia. Namun bukan berarti karena kesamaan tersebut membuat anda menjadi mudah mengobatinya dengan memberikan obat manusia kepada anjing. Hindari hal tersebut sebab tidak semua obat manusia bisa digunakan dan cocok untuk anjing. Sebaiknya berikan obat dengan konsultasi pada dokter hewan terlebih dahulu.

13. Kebersihan Tubuh

Salah satu media penularan kuman dan bakteri ialah lingkungan yang kotor, cara merawat anjing sakit ialah dengan menjamin kebersihan tubuh dan juga kebersihan lingkungannya. Tetap mandikan anjing dengan air hangat ketika ia sakit atau bisa memandikan dengan cara disibin menggunakan kain bersih dan air hangat sehingga anjing menjadi lebih nyaman dan membantu kesembuhan sakitnya.

Demikian artikel kali ini, semoga dapat dipahami dengan mudah oleh anda dan menjadi wawasan yang bermanfaat, jangan lupa selalu perbaruhi pengetahuan anda mengenai dunia hewan dengan membaca artikel artikel di website kami. Terima kasih sudah membaca. Salam hangat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 16th, May 2018 / 01:38 Oleh :
Kategori : Anjing