Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Anjing Jantan Birahi

Sponsors Link

Pada dasarnya, anjing jantan memang memiliki birahi atau keinginan untuk kawin di masa masa tertentu terlebih jika anjing jantan tersebut sebelumnya sudah pernah kawin. Anjing jantan memiliki birahi yang meningkat ketika ia mencium bau darah loops anjing betina dalam radius 1 km, ia akan melakukan hal hal yang aneh dan kadang tidak dimengerti oleh pemiliknya.

ads

Sebab itu pemilik harus memahami gejala gejala yang menunjukkan tanda anjing jantan ingin kawin dan cara mengatasinya. Untuk lebih memahaminya, simak selengkapnya dalam artikel berikut, 10 cara mengatasi anjing jantan birahi.

1. Karakteristik

Ciri anjing jantan yang birahi ialah yang pernah kawin, jika ia sama sekali belum pernah kawin, ia tidak akan merasa birahi walaupun ia mencium bau darah anjing betina. Anjing jantan yang ingin kawin memiliki karakteristik mencari cari sumber dari bau tersebut pertanda bahwa ia ingin menemukan betina, jika ia berada di dalam kandang, ia akan gelisah dan selalu ingin keluar dari kandanganya. Namun jika anda tidak ingin mengkawinkannya maka biarkan anjing tersebut di dalam kandang dan cegah ia berkeliaran. (Baca juga mengenai cara merawat anjing hamil).

2. Alihkan Perhatian

Cara mengatasi anjing jantan birahi ialah dengan mengalihkan perhatiannya pada hal lain, misalnya mengajaknya jalan jalan di sekitar halaman rumah atau menyediakan mainan yang membuatnya sibuk. Umumnya anjing yang ingin kawin akan terus melolong mencari bau betina dan asal dari bau tersebut, sebab itu perlu untuk menenangkannya agar tidak mengganggu anda atau orang orang lain di sekitar rumah anda. (Baca juga mengenai cara grooming anjing sendiri).

3. Pastikan Tetap Mau Makan

Anjing jantan yang birahi akan fokus untuk mencari asal dari bau betina, ia akan lupa pada bau makanan sekalipun memberinya makanan yang ia suka, ia menjadi turun nafsu makannya dan terus menerus gelisah. Dalam kondisi demikian, cegah agar dia tidak terus menerus melolong hingga sakit, terlebih porsi makannya yang juga berkurang. (Baca juga mengenai cara menyembuhkan anjing epilepsi).

Tetap beri ia makan dan minum sesuai porsi hariannya dan jangan biarkan ia tidak mau makan, jika ia terus menerus fokus pada bau betina, bantu ia untuk makan dengan mengoleskan sedikit makanan ke hidungnya agar ia mengalihkan bau yang ia cium dan tertarik untuk makan, atau dengan menyuapinya dan memberinya minum dengan sendok.

4. Jangan Biarkan Keluar Rumah

Jangan biarkan anjing jantan birahi keluar rumah jika anda belum ingin mengkawinkannya, beri kandang yang luas yang membuatnya leluasa bergerak atau tempat khusus seperti halaman belakang rumah yang sepi agar ia hanya berputar putar di sekitar itu saja. Jangan letakkan di dalam rumah, sebab kadang bisa mengganggu anda dan keluarga. (Baca juga mengenai pengobatan impetigo pada anjing).

Sponsors Link

5. Ajak Bermain

Alihkan juga perhatiannya dengan mengajaknya bermain yang membuatnya lelah seperti bermain bola yang membuatnya berlarian kesana kemari atau permainan mengejar sesuatu, jika ia lelah, maka ia akan kembali lapar dan ingin istirahat, serta tidak terlalu fokus pada bau betina yang ia incar, lakukan terus menerus hingga masa birahinya selesai. (Baca juga mengenai cara membuat anjing berhenti menggonggong).

6. Cegah Stres

Anjing jantan yang birahi tidak akan berjalan terus menerus, hal itu hanya akan berlangsung selama masa birahi saja, tidak di sepanjang musim, sebab itu, anda hanya cukup mencegahnya dari stres di masa tersebut. Anjing yang sudah pernah kawin terkadang memang merasa tertekan dan ingin kawin ketika masa birahi, alihkan perhatiannya dan cegah stres dengan cara mengajaknya jalan jalan sekitar rumah dan bermain di dalam rumah.

ads

7. Pisahkan dengan Anjing Lain

Anjing jantan yang ingin kawin dan dekat dengan anjing jantan lainnya terkadang mereka berdekatan seolah ingin kawin, hal itu bukan berarti bahwa anjing tersebut homo, hal itu hanyalah insting alaminya yang ingin kawin. Sebab itu jauhkan ia dari anjing lain baik itu anjing jantan maupun dari anjing betina.

Jika anda memiliki anjing lebih dari satu di rumah dan keduanya sama sama dewasa namun belum ingin untuk dikawinkan, ada baiknya untuk memisahkan mereka dalam kandang yag berbeda, jika memiliki tempat yang sempit, tak apa meletakkannya di kandang yang terpisah dalam jarak atau ruangan yang sama, yang penting mereka tidak berada dalam satu tempat.

8. Beri Vitamin Nafsu Makan

Agar anjing jantan anda yang sedang birahi tidak terus menerus mencari sumber bau betina dan lupa akan makan, jangan lupa tambahkan makanannya dengan vitamin untuk meningkatkan nafsu makan agar ia sering merasa lapar dan tidak hanya fokus pada bau betina saja. Sekali waktu mandikan ia dan setelahnya jangan beri makan terlebih dahulu agar pikirannya beralih pada rasa laparnya.

9. Semprotkan Spray

Jika memang anda sudah berusaha mengalihkan perhatiannya namun anjing jantan anda yang birahi terus melolong minta kawin dan mencari sumber bau betina, cara mengatasi anjing jantan birahi tersebut dapat dilakukan dengan menyemprotkan spray pewangi ruangan di sekitar rumah anda dan di sekitar kandangnya untuk mengurangi bau betina.

Tentunya spray tersebut yang aman dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya jika terhirup oleh anjing, bau wangi dari spray pewangi ruangan akan sedikit menutupi bau betina walaupun nantinya ketika baunya perlahan hilang ia akan mencari kembali sumber bau betina, namun hal itu dapat mengalihkan perhatiannya dan mengurangi lolongannya yang mengganggu.

10. Berikan Pasangan Jika Ingin Dikawinkan

Jika memang anjing anda sudah masanya untuk kawin dan anda ingin mengembangbiakkannya, tak ada salahnya untuk mengkawinkannya dnegan anjing betina yang tepat, yang sehat dan memiliki umur yang siap pula untuk kawin. Jika memang belum, maka bersabarlah akan lolongannya dan hal itu akan berakhir dengan sendirinya seiring dengan berakhirnya masa birahi, sebab hanya terjadi dalam waktu yang berkala, tidak terjadi secara terus menerus.

Demikian artikel kali ini, semoga dapat dipahami dengan mudah oleh anda dan menjadi wawasan yang bermanfaat, jangan lupa selalu perbaruhi pengetahuan anda mengenai dunia hewan dengan membaca artikel artikel di website kami. Terima kasih sudah membaca. Salam hangat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Tuesday 15th, May 2018 / 09:57 Oleh :
Kategori : Anjing