Sponsors Link

10 Cara Mengobati Anjing Kencing Darah

Sponsors Link

Bukan hal yang biasa jika terdapat jejak darah dalam urin atau kencing anjing, hal itu menjadi sesuatu yang amat dikhawatirkan dan membuat pemiliknya kebingungan karena khawatir terjadi sesuatu yang berbahaya atau mengancam kesehatan anjing yang dipelihara. Sebab itu wajib untuk diketahui darimana darah itu berasal dan segera dilakukan penanganan.

ads

Dalam kesempatan kali ini penulis akan memberikan informasi mengenai penyakit ini dan bagaimana cara pemberian pertolongan pertamanya serta cara mengobatinya. Untuk memahami secara lebih lengkapnya, simak uraian lengkapnya dalam artikel berikut, 10 cara mengobati anjing kencing darah.

1. Pastikan Anjing Dipelihara dengan Baik

Cara mengobati anjing kencing darah ialah dengan mempertahankan kebersihan tubuhnya, yakni dengan memelihara area belakang tubuh anjing agar tetap bersih. Pangkas bulu di sekitar alat kelamin dan di sekitar pantat anjing, apabila anjing anda kotor, mandikan dan pastikan anda membersihkan bulunya hingga di area kelaminnya. (Baca juga mengenai cara mengobati anjing rabies).

2. Pastikan Anjing Rutin Buang Air

Jika urin semakin menumpuk di kandung kemih, semakin mudah bakteri berkembang biak. Buang air kecil secara teratur akan mengeluarkan bakteri dari kandung kemih serta mengurangi infeksi terjadi lebih lanjut. Idealnya, anjing harus buang air setiap 4 jam sekali. Pastikan anjing anda melakukannya termasuk di malam hari, jangan biarkan ia menahannya agar rasa sakit yang dirasakannya berkurang. (Baca juga mengenai cara mengobati anjing batuk).

3. Beri Banyak Air Minum

Bakteri penyebab kencing darah yang menyebabkan racun pada tubuh anjing dapat menyebabkan infeksi lebih lanjut. Berikan anjing air minum yang besar, dalam, dan bersih, pastikan airnya selalu penuh, jangan biarkan kosong dan selalu ganti airnya agar tetap bersih. Cukup berikan air putih, jangan berikan air jeruk atau air yang asam, sebab asam yang terlalu tinggi justru dapat menyebabkan penyakit kencing batu. (Baca juga mengenai cara mengobati jamuran pada anjing).

4. Pola Makan Khusus

Berikan makanan basah yang mengandung lebih banyak air daripada makanan yang kering sehingga memberi anjing kecukupan cairan dan mencegah dehidrasi. Makanan basah seringkali menyebabkan menghasilkan kotoran yang lebih bau ketika anjing buang air besar, namun hal itu akan mampu mengeluarkan racun dan bakteri yang ada di tubuhnya. (Baca juga mengenai cara menyembuhkan anjing epilepsi).

5. Sample Urin

Untuk mengetahuinya lebih lanjut mengenai penyebab kencing darah yang diderita anjing anda, ambil urinnya sedikit dan lakukan tes dengan membawanya ke dokter hewan untuk mempercepat diagnosa serta memperkirakan perawatan medis apa yang diperlukan. Lakukan dengan tetap menjada kebersihan, jangan sampai tangan anda terkena urin tersebut. (Baca juga mengenai cara merawat anjing hamil).

Sponsors Link

6. Cegah Infeksi Berulang

Jika anda terus melakukan tindakan pengobatan serta memberikan perawatan yang terbaik namun infeksi tetap terjadi secara berulang dan anjing terus menerus mengeluarkan kencing darah, berikan ia multivitamin dan antibiotik dengan rekomendasi dokter hewan untuk mencegah kegawatdaruratan atau penyakit menjadi lebih parah.

Kencing darah seringkali menyebabkan sistem daya tahan tubuh menjadi lemah dan anjing menjadi lemas tubuhnya serta nafsu makannya berkurang drastis, segera tanyakan penyebabnya pada dokter hewan setelah dilakukan pemeriksaan urin dan minta rekomendasi mengenai perawatan yang bisa dilakukan di rumah.

ads

7. Pemeriksaan USG

Bawa anjing ke dokter hewan untuk dilakukan pemeriksaan USG sehingga mengetahui lebih detail mengenai penyebab sakitnya, ketika anjing mengeluarkan kencing darah, ada berbagai kemungkinan penyakit yang mungkin diderita seperti ginjal atau infeksi di saluran kemih, semuanya dapat diketahui dengan jelas jika dilakukan pemeriksaan dengan USG sebab USG dapat melihat kondisi organ anjing hingga jaringan di dalamnya.

8. Kecukupan Gizi

Pastikan anjing memiliki gizi yang cukup di masa sakitnya, kencing darah mudah membuat daya tahan tubuhnya menurun sehingga ia harus memiliki gizi yang cukup untuk membantunya bertahan dan mencegah penyakit yang lebih parah. Anda wajib memberinya makanan yang sehat dan bersih dengan menu yang bervariasi serta memberinya vitamin sesuai anjuran dokter.

Anda dapat memberikan menu makanan yang dibuat sendiri misalnya ialah makanan yang berasal dari daging ayam atau daging sapi yang dibersihkan dan direbus hingga matang, lalu berikan kepada anjing anda secara langsung agar makanan yang didapatnya terjamin kebersihan dan kesehatannya. Jika anjing anda merasa kesulitan untuk memakannya maka anda bisa menghaluskan daging tersebut dan dicampur dengan sedikit air agar ia tidak kesulitan ketika menelannya dan bisa memudahkannya untuk memakannya.

9. Kebersihan Tubuh dan Lingkungan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kebersihan tubuh dan lingkungan anjing sangat perlu untuk dijaga termasuk area atau daerah kelaminnya dengan menyingkirkan bulu bulu di sekitar area tersebut sebab itu ketika memandikan anjing harus dilakukan secara menyeluruh, jangan sampai ada bagian yang terlewat. Pastikan anjing buang air di tempat yang aman agar air kencing darahnya tidak mengotori tubuh atau bulunya dan tidak mengotori lingkungan sekitar sehingga tidak beresiko mengotori atau membahayakan hewan lain atau manusia di sekitarnya.

Jaga pula kebersihan lingkungan dengan menjaga kebersihan kandangnya, ketika memandikan anjing dan ia terlihat lemah anda bisa memandikannya dengan cara menyeka tubuhnya dengan air hangat, memberinya sabun, dan menyeka kembali hingga dikeringkan seperti biasanya. Sebab dalam kondisi lemah ia mungkin akan memberontak atau menolak ketika dimandikan secara langsung.

10. Rawat Inap

Jika anjing anda lebih sering mengeluarkan air kencing seakan selalu dalam keadaan darurat, mungkin anjing anda mengalami kencing darah karena adanya infeksi di saluran kemih, gejala tersebut juga disertai dengan kegiatan sering jongkok seperti ingin buang air kecil namun tertahan atau air kencing tidak keluar, yakni anjing merasa ingin buang air kecil namun tidak bisa mengeluarkannya.

Jika darah terus menerus keluar bersama dengan air kencing, anjing harus segera dibawa untuk rawat inap ke dokter hewan, anjing akan menjalani tes beragam, kencing darah pada anjing tidak boleh diobati oleh manusia tanpa adanya resep dari dokter, sebab jika memberikan obat yang salah dapat beresiko menjadikan penyakit menjadi lebih parah.

Demikian artikel kali ini, semoga dapat dipahami dengan mudah oleh anda dan menjadi wawasan yang bermanfaat, jangan lupa selalu perbaruhi pengetahuan anda mengenai dunia hewan dengan membaca artikel artikel di website kami. Terima kasih sudah membaca. Salam hangat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 16th, May 2018 / 00:24 Oleh :
Kategori : Anjing