Sponsors Link

10 Cara Mengobati Anjing Batuk Paling Mudah

Sponsors Link

Semua makhluk hidup di dunia ini memiliki resiko terkena penyakit. Termasuk hewan anjing. Penyakit yang umum atau biasa terjadi manusia adalah sakit batuk. Berbagai jenis anjing juga memiliki resiko yang sama termasuk anjing anda, kapan saja bisa terkena sakit batuk.

ads

Anjing dan manusia tentu tidak memahami bahasa satu sama lain, anda dapat melihat dari ciri nya yaitu anjing akan terlihat seperti tersedak atau ingin mengeluarkan sesuatu dalam tenggorokannya. Jangan terburu buru membawa nya ke dokter hewan, dapat anda perkirakan terlebih dulu penyebabnya, dari faktor makanan atau karena kondisi lingkungan sekitarnya. Sembuhkan dengan cara yang bisa anda lakukan sendiri terlebih dahulu.

Dalam artikel kali ini akan saya jelaskan cara mengobati anjing batuk sebagai ilmu pengetahuan untuk anda jika suatu hari hewan peliharaan anda mengalaminya, simak uraian berikut :

1. Periksa Kebersihan Kandang

Sakit batuk pada anjing dapat disebabkan oleh lingkungan yang kotor, kebersihan kandang memegang peranan penting dalam penyembuhannya. Kandang yang kotor dapat menyebabkan kuman berkembang dengan mudah.

Sebab itu cara mengobati anjing batuk awali dengan memeriksa kandang anjing anda, bersihkan kotoran, berikan tempat makan dan minum yang bersih, dan jaga agar tetap kering dengan menghindarkan dari kelembaban dan memastikan sirkulasi udara lancar.

Jangan lupa hindarkan kandang anjing anda dari debu, debu akan memperparah batuknya dan membuat nafasnya sesak. Pastikan kandang nya bersih dan nyaman ditempati, kandang yang kotor akan menyebabkan sakit batuk pada anjing anda semakin parah. (Baca juga mengenai cara menyembuhkan anjing sesak nafas)

2. Pisahkan dengan Anjing Lain

Sakit batuk pada anjing disebabkan oleh virus, dan mudah menular pada anjing lain. Jika anda memiliki anjing lebih dari satu sebaiknya pisahkan anjing anda dengan memindahkan di kandang yang berbeda agar anjing yang sehat tidak tertular.

Virus batuk mudah menyebar melalui udara, anda juga perlu melindungi diri agar tidak tertular misalnya dengan menggunakan masker dan cuci tangan sebelum serta sesudah berdekatan denganya. (Baca juga mengenai gejala dehidrasi pada anjing)

3. Uapi Anjing

Cara mengobati anjing batuk yang dapat anda lakukan sendiri di rumah ialah dengan menguapi anjing. Caranya ialah dengan meletakkan air panas atau menghidupkan kran air panas di ember. Tempatkan anjing anda di sekitar ember tersebut agar terkena uap dari air panas. Yang perlu diperhatikan adalah anjing tidak boleh terkena percikan air panas apalagi terkena secara langsung sebab dapat melukai kulitnya dan membuatnya lebih sakit.

Letakkan di sekitar uap tersebut sekitar 10 menit, jangan terlalu lama sebab dapat membuat bulunya terlalu lembab. Uap air panas tersebut akan membantu mencairkan lendir batuk di tenggorokannya sehingga membantu mengobati batuknya. (Baca juga mengenai tanda anjing keguguran)

4. Beri Waktu Untuk Istirahat

Sebagaimana manusia anjng juga butuh istirahat dan merasa lemas ketika sakit. Batuk kadang membuat anjing anda menjadi lemas dan mudah mengantuk. Jangan diajak bermain terlebih dahulu, biarkan ia beristirahat hingga batuknya mereda. Sakit batuk jika disertai dengan kondisi badan yang terus menerus lelah akan melambatkan kesembuhannya. (Baca juga mengenai gejala alergi pada anjing)

Sponsors Link

5. Jangan Diajak Jalan Jalan

Jika anda sering mengajaknya jalan jalan ke luar rumah di pagi atau sore hari, untuk sementara hentikan terlebih dahulu jika anjng anda sakit, udara luar berisi berbagai macam bakteri yang kemungkinan dapat menambah sakit batuknya, juga beresiko anjing anda akan merasa kelelahan, serta beresiko untuk anjing lain jika tertular. (Baca juga mengenai tanda anjing alergi makanan)

6. Beri Madu dan Lemon

Madu dan lemon dapat digunakan sebagai salah satu dari cara mengobati anjing batuk. Madu dan lemon baik untuk meredakan rasa gatal di tenggorokannya sebab bersifat melawan bakteri dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga membantu penyembuhan dan membuatnya lebih nyaman. Caranya dengan mencampurkan madu dan perasan lemon sebanyak satu sendok makan dan suapi kepada anjing anda secara langsung.

7. Beri Sup Ayam

Hewan termasuk karnivora yang menyukai daging ayam. Sup ayam adalah salah satu makanan bergizi untuk anjing yang juga baik untuk memulihkan dan menyembuhkan anjing batuk. Sup ayam mengandung antioksidan dan berbagai vitamin alamai untuk melawan virus penyebab batuk dan mencegah infeksi saluran pernafasan sehingga mempercepat kesembuhan pada anjing anda.

Perlu diketahui bahwa anjing batuk harus tetap mendapatkan asupan gizi, jika ia kesulitan makan maka anda harus membantu dengan cara menyuapinya.

8. Beri Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak yang bersifat membunuh virus, minyak kelapa dapat diberikan pada anjing sebagai cara untuk mengobati anjing batuk.

Sponsors Link

Anda dapat memberikan minyak kelapa murni atau mengolahnya sendiri dari kelapa yang diambil dagingnya dan direbus hingga mendidih dan keluar minyaknya yang berwarna kecoklatan.

9. Hindarkan dari Udara yang Terlalu Dingin

Udara dingin akan menyulitkan pernafasannya dan beresiko menimbulkan lendir lebih banyak sehingga membuat tenggorokan anjing anda terasa semakin gatal dan beresiko iritasi atau muntah.

Letakkan di tempat yang hangat dan kering, jauhkan dari udara dingin seperti angin dari luar secara langsung dan angin dari kipas angin atau AC.

10. Bawa ke Dokter

Jika anjing anda tak ada perubahan hingga 1 x 24 jam bahkan terlihat semakin lemas dan tidak mau makan atau muntah setiap kali makan, cara mengobati anjing batuk yang terakhir adalah anda dapat membawanya segera ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Konsultasikan kondisi anjing anda sejak memiliki gejala sakit batuk hingga pertolongan apa yang sudah anda berikan padanya. Agar dokter hewan tersebut dapat mendiagnosa dan memberi obat yang tepat.

Jangan lupa lakukan pula tambahan 5 cara berikut yang dapat anda lakukan melalui konsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu :

  • Berikan Obat Batuk untuk Mengeluarkan Lendir
  • Beri Pelega Tenggorokan untuk Meredakan Gatal dan Mencegah Iritasi
  • Berikan Antibiotik untuk Membunuh Virus
  • Beri Vitamin untuk Sistem Imun Anjing
  • Cegah Infeksi dengan Vaksinasi

Demikian cara mengobati anjing batuk, jangan lupa jaga kesehatan anda sebagai pemiliknya sebab batuk disebabkan oleh virus, jika anda terkena batuk, bukan tidak mungkin akan menular ke anjing peliharaan anda juga. Semoga bermanfaat dan memberi ilmu tambahan untuk menjaga anjing anda tetap sehat. Terima kasih.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 05th, March 2018 / 06:01 Oleh :
Kategori : Anjing