Home » Anjing » 11 Gejala Alergi Pada Anjing Beserta Cara Menanganinya

11 Gejala Alergi Pada Anjing Beserta Cara Menanganinya

by Cori Calista

Sudah menjadi hal yang wajar kalau Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat digemari oleh sebagian besar kalangan, akan tetapi ada salah satu hewan peliharaan lainnya yang sangat populer juga namun terkadang suka bertengkar dengan Kucing yaitu Anjing.

Sebagai pecintanya, tentu Anda harus mengenali berbagai Gejala Alergi Pada Anjing kesayangan kita yang seringkali terjadi. Baca cara mengatasi anjing keracunan.

Tentu saja seseorang yang telah menyukai Anjing pastinya juga akan menjadikan hewan tersebut sebagai binatang kesayangannya. Selain itu, mereka akan senantiasa menjaga dan melindungi dari berbagai masalah atau hal lain yang terjadi. Bahkan, mereka yang merupakan para pecinta Anjing akan lebih peka terhadap kondisi piaraannya mulai dari keceriaan, kesedihan, sehat atau sakit. Hal ini dikarenakan sudah jelas bukan kalau Hewan itu tidak bisa berkomunikasi secara jelas dengan si pemilik sehingga kita sendiri yang harus mengetahui berbagai tingkah piaraannya.Baca cara mengatasi anjing demam.

Perlu kalian ketahui bahwa, alergi sendiri merupakan salah satu virus yang kerap kali menyerang pada hewan seperti Kucing atau Anjing. Nah, untuk menghindarkan peliharaan Anda dari virus dan bakteri yang menyerang seperti ini, tentu saja kalian harus mengetahui cara yang tepat untuk melakukan tindakan pencegahan. Akan tetapi, sebelum Anda mengetahui lebih lanjut mengenai cara pencegahan alergi pada Anjing kesayangan kalian, alangkah baiknya kalau kita kenali terlebih dahulu ciri-ciri yang di alami ketika Anjing telah mengalami gejala alergi. (Baca Juga: Cara Merawat Anjing Beagle)

Ciri-Ciri Alergi Pada Anjing

Gejala Alergi Pada Anjing ini sendiri sebenarnya sangat rentan untuk dikenali. Hal ini bisa diketahui dari kondisi fisik pada sang hewan tersebut. Secara umum, ada beberapa tanda yang sangat jelas terlihat ketika Hewan kesayangan kita yakni Anjing tengah diserang oleh Alergi, diantaranya yakni:

  1. Mengalami iritasi pada kulit sehingga Anjing sering menggaruk tubuhnya sendiri.
  2. Mengalami peradangan dan bercak-becak kemerahan di beberapa bagian tubuhnya.
  3. Mengalami bersin-bersin secara berkelanjutan.
  4. Anjing lebih sering merasa gelisah jika dibandingkan dalam keadaan yang sehat seperti biasa.
  5. Terdapat hotspot atau luka yang lembab pada daerah yang sedang terkena alergi.
  6. Secara fisik yang bisa diketahui secara jelas pada bagian tubuh anjing adalah terdapat benjolan benjolan atau yang biasa dikenal dengan pustula putih.
  7. Kalau dibandingkan dalam keadaan yang biasanya, anjing yang sedang mengalami alergi ini akan menunjukkan kelesuan secara umum.
  8. Pada area mata juga akan terlihat lebih memerah sampai dengan menangis.
  9. Mengalami iritasi di bawah leher, dagu, paha, di sekitar daerah Panggul, kaki, diantara jari kaki, bagian belakang kaki depan, dan juga biasanya terdapat pada daerah aksial ketiak.
  10. Nafsu makan semakin menurun hingga muntah-muntah dan diare.
  11. Lebih sering berguling-guling di lantai dengan tidak jelas.

Demikian daftar ciri-ciri gejala alergi yang tengah dialami pada anjing secara umum. Sebagai pemelihara yang baik tentunya Anda juga perlu mengetahui berbagai penyebab alergi tersebut dan mencari tahu cara pencegahan hingga pengobatannya agar Hewan peliaraan kesayangan kita bisa sehat kembali dan periang seperti biasanya dan bisa diajak bermain kembali.

Penyebab Alergi Pada Anjing

Biasanya alergi yang terjadi pada anjing ini dikarenakan oleh faktor genetik alias faktor keturunan yakni sistem imun yang bersifat menurun dari induknya. Dengan kata lain, kalau sang induknya telah memiliki alergi, maka keturunan alias anakannya juga akan mengalami Alergi tersebut.

Penyebab lain yang bisa menyebabkan Anjing kesayangan kita terkena Alergi ini yakni sering menerima antibiotik di awal masa hidupnya.

Gejala alergi biasanya juga bisa terjadi pada makanan Anjing yang memiliki kualitas rendah sehingga ada beberapa kutu di dalamnya. Dengan begini secara otomatis dan secara tidak sengaja, kutu tersebut akan termakan oleh Anjing. (Baca Juga: Tanda Anjing Alergi Makanan)

Tidak hanya itu saja karena Alergi yang terjadi pada Anjing juga bisa di sebabkan oleh beberapa faktor lainnya, salah satunya yakni jamur. Seringkali kemungkinan kita tidak mengamati makanan yang bakal diberikan pada sang Anjing. Dengan begini, jamur yang berada di dalam makanan tersebut akan membuat si Anjing mengalami alergi.

Lalu langkah apa yang harus kita lakukan jika menemui Anjing peliharaan kesayangan itu diketahui telah mengidap alergi? Berikut cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Alergi Pada Anjing yang Tepat

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan membawanya ke dokter hewan terdekat dan terpecaya. Hal ini di harapkan agar si Anjing segera mendapatkan perawatan atau tips yang di anjurkan oleh dokter.

Cara Kedua yang bisa kita lakukan untuk mengatasi Alergi Pada Anjing yakni dengan memberikan diet bersistem eliminasi pada Anjing. Bersama dokter, kalian juga harus konsultasikan hal ini agar bisa menemukan makanan yang menyebabkan Anjing menjadi alergi dan menentukan makanan yang tepat.

Dengan begini, paling tidak kedua cara tersebut sudah cukup membantu kalian untuk mengatasi kegelisahan saat sang piaraan telah terserang gelaja alergi.

Seperti itulah 11 Tips mengenali Gejala Alergi Pada Anjing beserta penyebab dan cara mengatasinya yang bisa Anda coba terapkan sendiri pada hewan peliharaan kesayangan kalian. So, berikan perawatan teratur pada Anjing di samping memberikan perhatian secara ekstra ya karena Ia juga merupakan Makhluk Hidup yang membutuhkan kasing sayang. Untuk itulah, jika kalian sangat menyayangi salah satu hewan mamalia ini, Anda harus mengetahui juga mengenai Tanda Anjing Depresi.

You may also like