Sponsors Link

13 Cara Menyembuhkan Anjing Sesak Nafas yang Cepat dan Tepat

Sponsors Link

Ada banyak Cara Menyembuhkan Anjing Sesak Nafas yang bisa Anda gunakan sebagai langkah tepat. Sesak nafas atau asma merupakan salah satu kondisi yang mempersulitkan Makhluk Hidup untuk bernafas.

ads

Bukan hanya manusia saja yang banyak mengalami jenis penyakit ini. Akan tetapi asma juga bisa saja menyerang pada hewan peliharaan, salah satunya adalah anjing yang mana tidak sedikit Hewan kesayangan satu ini mengalami gejala sesak nafas. Baca cara merawat kucing tanpa kandang.

Jika Anda adalah seorang pecinta hewan, tentunya sangat tidak menginginkan untuk melihat keadaan hewan yang kurang sehat bukan? Atau barangkali Anda justru sedang memelihara anjing dirumah. Pernah atau enggak, asma atau sesak nafas juga menyerang pada anjing kesayangan Anda itu, Pastinya Ia terlihat sangat kesakitan bukan?

Tidak menutup kemungkinan anjing peliharaan kita tersebut telah mengalami sesak nafas yang mana di akibatkan oleh beberapa faktor. Misalnya saja seperti alergi bronkitis yang telah lama di derita namun tidak kunjung kita disadari. Hal inilah salah satu pemicu timbulnya keadaan dimana anjing susah bernafas. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan kerusakan yang berkaitan dengan bronkitis lebih permanen.Baca cara merawat burung hantu celepuk.

Cara Menyembuhkan Anjing Sesak Nafas cukup banyak. Untuk mengetahuinya, yuk langsung saja kita simak ulasannya mengenai 13 cara penyembuhan asma yang terjadi pada anjing berikut ini.

Cara Menyembuhkan Anjing Sesak Nafas

  1. Mendekati Anjing dengan Lembut

Salah satu cara untuk mengatasi anjing yang tengah menderita sesak nafas adalah dengan mendekatinya dan mengenali seperti apa atau bagaimana kondisi si anjing tersebut. Berikan perlakuan lembut dan berikan sedikit pemijatan pada tubuh anjing agar terasa lebih rilex dan nyaman.

  1. Menggunakan Masker

Saat anjing Anda sulit untuk bernafas, Anda harus memperhatikan lingkungan sekitar agar penyakit yang diderita oleh Anjing tidak menyebar. Caranya dengan menggunakan masker dan jauhkan anjing lainnya dengan anjing yang tengah mengalami sesak nafas. Hal ini ditujukan untuk menjaga agar anjing yang lainnya tidak tertular.

  1. Mengatasi Sesak Nafas Pada Anjing

Jika Anda sudah mengetahui penyebab anjing Anda sesak nafas atau biasa disebut dengan asma, silahkan berikan obat sedasi Agar Anjing merasa bisa lebih tenang. Pilihan obat yang di sarankan adalah golongan Acepromazine atau Diazepam. Berikan pada si anjing untuk meringankan sesaknya.

  1. Berikan Tempat Nyaman

Pindahkan atau ganti tempat tidur anjing yang lebih nyaman untuk di pakai. Misalnya Anda bisa memberikan alas di kandang anjing agar lebih hangat, hal ini dikarenakan sesak juga bisa jadi disebabkan dengan suhu yang selalu dingin membuat tubuh anjing makin lama makin tidak kuat.Baca cara budidaya lobster.

  1. Letakkan Anjing di Lingkungan Bersih

Salah satu kejadian yang paling dominan kenapa anjing bisa mengalami sakit seperti sesak nafas yaitu karena faktor lingkungan. Jika lingkungan yang Anda berikan cukup bersih, maka anjing juga bakal jauh dari berbagai virus negatif.

Sponsors Link

  1. Pasang Oksigen

Sesak nafas atau asma sudah pasti berkaitan dengan sulitnya berkontraksi dengan udara atau angin alias sulit bernafas. Pemberian oksigen pada anjing adalah salah satu cara yang paling tepat sekali untuk memberikan rangsangan pada nafas di anjing, silahkan Anda pasangkan oksigen pada hidungnya.

  1. Memberikan Obat-obatan

Sambil melihat anjing sedikit tenang dengan bantuan oksigen, Anda juga harus menyiapkan obat-obatan sebagai cadangan kala anjing mulai kambuh sesak. Obat-obat yang dimaksudkan adalah Aminophylline / Theophylline sebagai obat khusus bronkodilatornya. Obat lainnya adalah Prednisone sebagai anti inflamasi pada anjing dan Antibiotika untuk mengatasi infeksi bakteri.

  1. Ajak Jalan-jalan di Pagi Hari

Saat anjing mulai sedikit tenang, luangkan waktu disetiap pagi untuk membawanya pergi jalan-jalan menghirup udara segar. Dinginnya angin pagi dengan dinginnya suhu karena musim sangat berbeda.

Dinginnya pagi mampu memberikan kesegaran pada tubuh anjing, sehingga kesayangan Anda bisa sedikit membaik dan jauh dari serangan virus. Ada baiknya Anda membawanya pergi setiap pagi di jam 6 pagi sampai dengan 8 pagi.

  1. Berikan Asupan Gizi yang Rutin

Makanan juga berpengaruh pada kesehatan anjing. Tanpa disadari makanan yang itu dan itu saja tidak akan mengimbangi nutrisi pada tubuh anjing.

Sponsors Link

Jika Anda ingin anjing Anda tetap sehat maka berikan makanan sehat dan tambahkan suplemen untuk menjaga kebugarannya.Baca cara budidaya bebek bali.

  1. Rajin Memberikan Susu

Jika kondisi anjing mulai membaik, berikanlah mineral yang cukup seperti susu. Kandungan di dalam susu mempunyai banyak manfaat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Dengan rutin memberikan susu, maka otomatis tubuh anjing akan selalu terjaga sehat. Susu juga mampu menetralisir sesak nafas.

  1. Jauhkan Dari Jangkauan Anjing Sakit

Cara mengatasi anjing yang sesak nafas adalah dengan menghindarkan anjing Anda dari anjing-anjing yang mungkin di temui gejala sakit. Anda harus pandai mengenali jenis anjing yang sakit. Hal itu patut Anda curigai untuk menjaga si anjing jauh dari penularan penyakit.

  1. Rutin Membawa ke Dokter

Idealnya bawa anjing ke dokter hewan dua kali dalam seminggu sudah cukup. Langkah ini untuk terus mengontrol kondisi anjing agar tetap terjaga sehat.

  1. Rajin Memandikan

Rajin memandikan anjing untuk membersihkan tubuh dari kotoran adalah cara yang wajib.

Demikian 13 Cara Menyembuhkan Anjing Sesak Nafas yang bisa Anda terapkan sendiri dengan mudah dan tentunya Peliharaan Anda bisa lebih nyaman dan cepat sembuh.Baca jugacara merawat anjing beagle.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 02nd, March 2018 / 03:26 Oleh :
Kategori : Anjing