Sponsors Link

13 Cara Menjinakan Cucak Ijo Muda Hutan

Sponsors Link

Untuk kalian yang ingin mencoba memelihara burung cucak ijo muda hutan, kalian jangan menganggapnya remeh. Karena burung cucak ijo ini termasuk salah satu burung unik.

ads

Bahkan burung ini menjadi salah satu jenis burung yang banyak dipiara karena kicauannya. Kemampuannya dalam berkicau, tidak bisa kalian anggap remeh. Burung ini juga mempunyai kicauan yang bervariasi.

Tidak heran jika jenis burung ini popular sebagai kelangenan ataupun burung lomba. Tidak jarang juga cucak ijo diminati oleh para pemula. Tapi pada saat memeliharanya, tidak sedikit pemula mengalami kesulitan. Apalagi membuat burung cucak ijo muda hutan sampai rajin bunyi atau gacor. Dikarenakan karakternya yang seringkali berubah-ubah.

Tapi tentu saja jika semua ini tergantung perawatan dan cara pemasterannya. Jadi kalian diharapkan ekstra pada saat perawatan serta pemasteran jika mengingin burung cucak ijo dapat tampil dengan maksimal. Apalagi kalau kalian ingin menyertakan mereka dalam kontes burung. Berikut beberapa cara menjinakan cucak ijo muda hutan yang bisa kalian terapkan agar semakin aktif dan rajin dalam berbunyi.

1. Pemberian Serangga

Kalian perlu tahu, pemberian serangga yanh rutin berpengaruh positif untuk burung cucak ijo. Karena ini akan membuat burung cucak ijo menjadi lebih aktif dam rajin berbunyi. Tidak cuma menjafi lebih rajin berbunyi, burung juga jadi lebih jinak. Kalian dapat melatih burung cucak pada saat kalian memberi mereka makan.

2. Memilih Bakalan Yang Masih Muda

Untuk menjinakan burung cucak ijo, kalian harus mencari bakalan burung yang masih sangat muda. Sehingga mempermudah kalian dalam proses penjinakan. Daripada burung cuvak ijo yang berumur lebih dewasa. Burung yang masih sangat muda akan lebih mudah untuk kalian jinakan serta lebih mudah untuk kalian latih.

3. Menggantan Burung

Jangan lupa untuk menggantang burung manyar dengan rendah. Bahkan serendah mungkin, kalian juga bisa menempatkan kandang di lingkungan yang ramai atau sering dilalui oleh orang-orang. Dengan begiti, burung akan terbiasa dan jinak jika bertemu dengan orang. Keramaian akan membuat burung manyar lebih mudah untuk beradaptasi.

Sponsors Link

4. Jangan Terlalu Sering Memandikannya

Usahakan agar tidak terlalu sering memandikam birung cucak ijo. Sehingga burung tidak akan terlalu agresif saat kalian memandikannya. Kalian dapat memandikan burung cucak ijo sebanyak 3 hari sekali. Atau memandikan mereka seminggu sekali. Hal ini sangat membantu proses penjinakan burung cucak ijo.

5. Memberikan Pakan Biji-bijian

Masalah pangan, kalian dapat memberikan mereka sedikit bijian saat menjelang malam.  Karena jika memberikannya pada saat menjelang pagi akan membuat mereka cepat lapar dan gelisah. Kalian dapat memberikan makan serangga seperti jangkrik sebanyak 1-3 ekor. Berikan secara rutin setiap harinya. Sehingga burung cucak lebih jinak saat berada ditempat keramaian.

6. Keluarkan Burung di Pagi Hari

Pada pagi hari kalian bisa mengeluarkan burung buat diembunkan. Kalian juga dapat memberikan sedikit kroto yang masih segar. Kalian juga dapat mencampurkannya dengan sedikit buah apel yang sudah diparut.

Selain untuk diembunkan ini juga berguna menjemur burung. Kalian bisa menjemur sebentar saat matahari terbit, jangan pernah menjemurnya setelah jam 12. Ingat agar burung cucak ijo tidak terkena langsung sinar matahari, karena sinar matahari bisa saja mendadak bersinar terik.

Sehingga dapat berakibat fatal bahkan menyebabkab kematian pada burung akibat serangan heat stroke. Jika penjemuran burung dilakukan di waktu yang tepat, akan banyak sekali manfaatnya buat burung cucak ijo muda hutan.

7. Rutin Membersihkan Kandang

Jangan lupa agar rutin membersihkan kandang. Sehingga burung cucak ijo akan terhindar dari penyakit. Karena kebersihan kandang merupakan hal penting dari salah satu 13 cara menjinakan burung cucak ijo muda hutan.

Pastikan untuk membuang kotoran burung cucak ijo setiap harinya. Pastikan agar wadah air minum serta wadah biji dalam kondisi bersih terutama pada saat musim hujan.

Sponsors Link

8. Mengganti Air Minum

Rutin mengganti air minum juga mempengaruhi proses penjinakan burung cucak. Sehingga burung manyar tidak akan sakit dikarenakan minuman yang terkontaminasi. Air minum dapat berakibat fatal, kalau kalian tidak memperhatikan kondisi airnya. Kalian juga harus memberikan air bersih pada burung cucak air, setelah membuang air yang sisa.

Karena air minum yang sudah lama tidak kalian ganti bisa terkontaminasi. Kalian juga disarankan untuk tidak memberikan air minum yang berasal dari keran ataupun ledeng. Karena kandungan kaporit didalam air tidak baik buat kesehatan burung.

Sangat disarankan untuk memberikan air mineral akan lebih baik lagi jika yang bermerek. Tapi untuk menghemat kalian juga bisa memberikannya air isi ulang. Karena sudah melewati proses penyaringan, air isi ulang lebih aman dibandingkan air kran atau ledeng.

9. Memperhatikan Cuaca

Pada saat cuaca terlihat mendung serta akan hujan. Pastikan kandang berada di tempat yang aman. Karena cuaca dingin dan lembab dapat membuat burung sakit. Jika burung merasakan kasih sayang kalian kepada mereka. Mereka akan lebih cepat berubah menjadi jinak. Pastikan sangkar burung cucak tidak terkena angin dan hujan secara langsung. Kalian dapat meletakan sangkar di tempat teduh ataupun diteras yang beratap. Pastikan kalian meletakan sangkar ditempat kering dan teduh dan kering, terutama saat musim penghujan.

10. Menyemprotkan Air ke Burung

Agar burung cucak ijo tidak stres, kalian dapat sesekali menyemprotkan badannya dengan semprotan burung yang telah berisi air. Menyemprotkan burung cucak dengan air tidak perlu kalian lakukan setiap hari, kalian bisa melakukannya semingu sekali. Setelah itu kalian bisa melatihnya di luar sambil menjemur sehingga bulu-bulunya menjadi kering.

11. Melihat Kalian Tidur

Trik utama dalam menjinakkan burung cucak adalah dengan membuat mereka melihat pada saat kalian tertidur. Ini akan membuat psikologis burung cucak lebih percaya kepada kalian jika kalian tidak akan pernah menyakitinya.

12. Memberi Jangkrik di Tangan

Selain itu, kalian juga bisa  melatih burung cucak ijo dengan memberikan jangkrik di tangan. Saat memberikannya, pastikan kalian menatap mata burung. Kalian dapat memberikannya dengan melatih serta mengajak mereka mengobrol sampai mereka terbiasa dan tidak ketakutan.

Itulah 13 cara menjinakan burung cucak ijo muda hutan. Selain itu kalian juga dapat merawat beberapa jenis burung lainnya dan wajib mengetahui Cara Memelihara Burung MuraiCara Memelihara Burung Walet, juga Cara Memelihara Burung Kakatua.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Thursday 26th, April 2018 / 05:50 Oleh :
Kategori : Burung