Sponsors Link

12 Cara Merawat Burung Anis Kembang

Sponsors Link

Pembudidaya burung hias pastinya mengetahui tentang burung cara merawat burung anis kembang. Anis kembang jantan serta betina merupakan salah satu jenis burung yang memiliki kicau merdu nan populer, tidak heran jika banyak yang memelihara serta dijadikan sebagai burung aduan.

ads

Merawat burung anis kembang bukan hanya memiliki kicau yang merdu, namun postur serta warnanya pun sangat menarik bagi dijadikan sebagai burung hias di rumah. Merawat burung anis kembang pastinya membutuhkan teknik khusus sehingga dapat mengeluarkan suara yang merdu.

Bahkan pola perawatan harian cara merawat burung anis kembang akan mempengaruhi karakternya. Semahal berapapun burung anis kembang j jika tidak dipelihara dengan baik, maka tidak akan mengeluarkan bakatnya dengan baik. Bahkan jika Sobat membeli jantan sekalipun, (Baca juga mengenai cara ternak burung anis binbin)

namun tidak dilakukan pola perawatan yang benar, maka akan dapat merusak burung yang sudah jadi tersebut. Intinya dalam cara merawat burung anis kembang perlu dilakukan dengan cara yang benar. Lalu bagaimana cara merawat burung anis kembang? Berikut penjelasannya. 12 Cara Merawat Burung Anis Kembang.  (Baca juga mengenai cara ternak anis kembang di rumah)

1. Kandang Burung Anis Kembang

Bagi seekor burung peliharaan, kandang merupakan rumah baginya. Dengan demikian, maka kandang sebaiknya sangat diperhatikan dalam segi keamanan serta kenyamanan burung. Apalagi cara merawat burung anis kembang, pastinya menghasilkan kicauan yang merdu,

suasana kandang sebaiknya nyaman baginya. Kandang yang dapat Sobat buat bagi burung anis kembang yakni kandang dengan ukuran 40x40x60, dapat dengan bentuk kotidak maupun bulat.  (Baca juga mengenai cara beternak burung anis kembang)

2. Mengangin Anginkan di Pagi Hari

Pada pagi hari kira kira jam 07.00, Sobat sebaiknya mengangin anginkan kandang burung anis kembang di depan rumah Sobat. Selagi sedang diangin anginkan, pun membersihkan kandangnya. Pembersihan yang dilakukan yakni dengan  (Baca juga mengenai cara ternak burung anis cendana)

membersihkan kotoran burung anis kembang dari kandang, mengganti atau menambahkan voer, mengganti air minum serta memberi pakan burung anis kembang. Pakan bagi burung anis kembang yakni buah yang masih segar, seperti pepaya apel serta pisang.  (Baca juga mengenai cara penangkaran anis merah di rumah)

3. Memandikan Burung Anis Kembang

Selanjutnya setelah jam 07.30 waktunya burung anis kembang dimandikan. Cara memandikan burung anis kembang yakni dengan mandi di keramba mandi, atau pun dapat dengan di spray. Jika di rasa cara angin angin sudah cukup, maka selanjutnya adalah memandikan burung anis kembang. Bagi cara ini sendiri sebenarnya dapat dipastikan bagaimana selera

Sponsors Link

Sobat serta sifat dari burung Sobat. Disarankan bagi melatih disiplin burung anis kembang bagi mandi sendiri. Di samping dapat meningkatkan kemampuan berpikir, cara ini terbilang mampu membuat mental burung lebih kuat. Sobat dapat memandikannya dengan cara disemprot atau dengan memakai tangan.

4. Menjemur Anis Kembang

Setelah dimandikan hal yang dilakukan selanjutnya pastinya menjemur cara merawat burung anis kembang. Waktu penjemuran yakni kira kira jam 08.00 sampai 11.00. Ingat, ketika Sobat menjemurnya, pastikan menghidarkan dari burung yang sejenis.

Ketika menjemur cara merawat burung anis kembang,  Sobat pun dapat dengan memberi Extra Fooding atau EF yang berupa 2-3 ekor jangkrik. Hal ini memang jangkrik merupakan pakanan burung anis yang akan menunjang perkembangannya.

ads

Sehingga burung anis kembang tidak manja, maka taruh jangkrik di cepuk saja. Jika sudah mandi, saatnya menjemur cara merawat burung anis kembang. Cara ini sendiri ada baiknya dilakukan selama 1-2 jam saja serta jangan dilakukan pada jam 11 siang ke atas. Menjemur yang terlalu lama di terik matahari yang menyengat dapat sangat fatal bagi kesehatan burung.

Penjemuran sangat bermanfaat. Selain membantu membuat bulu kering serta halus, penjemuran pun berfungsi dalam menghilangkan kutu kutu pada burung anis kembang. Pada saat penjemuran jangan dekatkan burung anis kembang Sobat pada burung lain atau sejenisnya.

5. Melakukan Masteran

Ketika sedang dikerodong, Sobat pun dapat melakukan masteran anis kembang. Sobat dapat memilih suara masteran yang tepat bagi cara merawat burung anis kembang yang Sobat miliki.

6. Membuka Kerondong Serta Mengangin Anginkan

Setelah jam 15.30, keluarkan kembali burung anis kembang serta angin anginkan di depan rumah. Ketika cuaca sedang cerah, Sobat pun dapat memandikannya kembali. Dalam cara mengangin anginkan ini, Sobat pun dapat memberikan kembali jangkrik sejumlah 1 ekor saja.

7. Memasukan Kembali

Setelah melakukan berbagai perawatan harian ini, maka jam 08.00 saatnya burung anis kembang istirahat total. Yakni  kembali memasukan burung anis kembang dikerondong sampai pagi.

8. Pembersihan Kandang

Sangkar bersih sangat disukai oleh burung, pastinya pun bagi cara merawat burung anis kembang. Jangan sampai kotoran berjamur bersarang di sangkar atau kandang. Bersihkanlah memakai air mengalir sehingga lebih maksimal. Tidak hanya sangkar atau kandang, Sobat pun wajib memeriksa kebersihan tempat pakan, keramba mandi, tempat minum, serta tempat tempat penting lainnya yang sering ditempati burung Sobat.

9. Pemberian Pakanan serta Minuman

Berikan voer yang berkualitas serta selalu cek persedian airnya. Saat sesudah penjemuran, berikan EF berupa jangkrik sebanyak 2 ekor dicapuknya. Setelah pakan, angin anginkan dapat di depan teras Sobat atau di mana saja. Setelah diangin anginkan serta dimandikan,

maka selanjutnya sarapan pagi. Mulailah bagi memberikan burung dengan EF seperti jangrik 2-3 ekor serta kroto sebanyak 1 sendok teh. Selain itu Exstra fooding yang bagus bagi burung anis kembang yakni cacing, jangkrik, ulat hongkong, klabang serta kroto.

10. Pemberian Multivitamin

Vitamin sangat penting bagi kesehatan tubuh burung anis kembang. Vitamin pun dapat membuat cara burung anis kembang gacor serta mengatasi jika burung terkena penyakit.

11. Hindari Faktor Pengganggu

Hindari ada faktor pengganggu yang akan menggangu ketenangan burung cara merawat burung anis kembang sobat. Faktor pengganggu dapat menyebabkan cara merawat burung anis kembang menjadi stres. Contohnya saja anjing.

Sponsors Link

12. Pemahami Karakter

Faktor burung anis kembang mau tampil maksimal di lapangan atau perlombaan yakni pembudidaya tahu akan karakter burung tersebut. Itu dia cara merawat cara merawat burung anis kembang harian yang dapat Sobat terapkan dengan mudah. Metode di atas pastinya saja dapat Sobat rubah sedikit serta sesuaikan dengan sifat cara merawat burung anis kembang Sobat, beda burung beda sifat pastinya.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya ya sobat, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 20th, September 2018 / 12:04 Oleh :
Kategori : Burung