Sponsors Link

10 Cara Ternak Burung Anis Binbin

Sponsors Link

Burung anis binbin ialah burung yang biasa hidup di alam liar yang memiliki ciri corak berwarna warni dan tubuh kecil yang lucu, ia memiliki suara yang merdu dan indah, namun, kini burung anis binbin amat sulit ditemukan di alam bebas karena kondisi alam yang telah banyak dirusak manusia serta banyak manusia yang menangkap burung tersebut untuk keperluan pribadi tanpa disertai dengan cara budidaya yang baik.

ads

Jika anda berminat untuk membudidayakan burung yang hampir langka ini, tentunya anda harus memahami cara budidaya yang benar sehingga burung anis binbin dapat terus bertambah populasinya dan terhindar dari punah, berikut 10 cara ternak burung anis binbin secara lengkap.

1. Indukan yang Berkualitas

Cara ternak burung anis binbin pertama kali wajib menyiapkan indukan yang berkualitas, baik itu indukan jantan maupun indukan betinanya, ciri indukan yang baik ialah ia memiliki anggota tubuh yang lengkap atau tanpa cacat, memiliki nafsu makan yang baik, tidak memiliki riwayat penyakit, dan memiliki umur yang sesuai untuk berkawin. (Baca juga mengenai cara ternak burung cililin).

2. Syarat Kandang

Berikan kandang yang hampir mirip dengan alam aslinya yakni area yang uas, sedikit lembab, dan cenderung agak gelap. Kandang yang dibuat harus bisa menampung dan membuat tubuhnya leluasa bergerak serta cukup untuk tempat pakan dan tempat minum burung anis binbin, sehingga ia tidak mengalami kesulitan apapun ketika beraktifitas dan berkembang biak. (Baca juga mengenai cara ternak burung jalak kapas).

3. Cara Penjodohan

Lakukan penjodohan burung anis binbin jantan dan betina dengan mendekat keduanya terlebih dahulu, letakkan dalam sangkar yang berbeda dan letakkan sangkarnya berdekatan atau letakkan dalam satu tempat yang dipisahkan oleh sekat tipis hingga keduanya tetap bisa berdekatan, burung anis binbin berjodoh bila mereka saling mendekat satu sama lain dan tidak bertengkar. (Baca juga mengenai cara ternak burung kolibri wulung).

Selanjutnya ketika burung anis binbin sudah terlihat mendekat satu sama lain, cukup letakkan mereka pada satu kandang yang luas dan mereka akan berkawin dengan sendirinya, pastikan kandang memiliki fasilitas yang lengkap seperti tempat pakan dan minum dan memiliki area yang luas untuk mereka bergerak dan berkawin. (Baca juga mengenai cara budidaya burung merpati kipas).

4. Jenis Pakan

Berikan pakan yang bergizi dengan menu yang bervariasi seperti jangkrik, ulat hongkong, kroto, biji bijian, dan belalang untuk nutrisi yang terbaik. Berikan dengan porsi sesuai umur burung anis binbin dan berikan pakan secara rutin 3 kali sehari agar ia memiliki jam makan yang disiplin dan terbiasa makan tepat pada waktunya. (Baca juga mengenai cara merawat burung gelatik bakalan).

5. Sinar Matahari

Pastikan burung anis binbin memiliki tubuh yang bugar dan sehat dengan rutin menjemurnya secara rutin setiap hari di sinar matahari pagi yang teduh dan hangat yakni sinar matahari sebelum jam 9 sehingga panas matahari belum terik dan tidak membuat tubuh burung binbin kepanasan, lakukan secara rutin terutama setelah memandikan di pagi hari.

Sponsors Link

6. Perlengkapan Sarang

Siapkan sarang untuk proses burung binbin bertelur dan mengerami dengan cara menyiapkan kotak dari bahan yang baik seperti genteng dan mengisinya dengan jerami atau serabut kelapa, siapkan dengan jerami yang banyak, nantinya di masa ia bertelur dan mengerami ia akan dengan sendirinya menata tempatnya dan sarangnya dengan memindahkan jerami jerami sesuai kenyamanannya.

Berikan ia sarang dari bahan yang baik dan bersih agar ia benar benar bisa menggunakannya dengan nyaman sehingga ia benar benar mampu menggunakannya untuk berkembang biak serta bisa menggunakannya dalam jangka waktu lama mulai dari bertelur hingga mengerami dan merawat anaknya.

ads

7. Perlindungan dari Predator

Lindungi burung anis binbin dari predator dan hewan hewan yang mengganggu seperti semut, kucing, anjing, dan tikus, burung anis binbin akan merasa terganggu jika berada dekat dengan hewan hewan yang mengganggunya dan lingkungan yang terlalu ramai, pastikan kandang diletakkan di tempat yang aman dan bebas dari pengganggu.

8. Pengeraman Telur

Cara ternak burung anis binbin yang selanjutnya ialah menyiapkan masa masa untuk pengeraman telur, pada masa setelah kawin, segera burung anis binbin akan bertelur dan mengeraminya, pada masa ini tempat yang nyaman dan gizi yang mencukupi harus benar benar dijamin untuknya sehingga ia mampu mengerami dengan baik dan menelurkan anakan yang berkualitas.

Tetap berikan pakan yang bergizi dengan porsi yang lebih karena ia membutuhkan gizi yang lebih banyak, pastikan ia tetap mau makan dengan menyediakan makanan di tempat yang bisa dijangkaunya, dekatkan juga ia dengan minuman yang berasal dari air bersih dan air yang matang agar air benar benar bersih dan sehat.

9. Kebersihan

Jaga selalu kebersihan burung anis binbin dengan rutin memandikannya sehingga tubuhnya terasa nyaman dan jauh dari penyakit, mandikan burung anis binbin dengan cara menyemprotkan air dan sabun ke tubuhnya hingga seluruh tubuhnya terjangkau, yakni ke seluruh bulunya hingga di sela sela kulitnya agar tubuhnya benar benar bersih.

Pastikan kebersihan lingkungan dan kandangnya juga terjaga sehingga ia benar benar merasa nyaman dan mampu berkembang serta tumbuh dengan baik, lakukan pembersihan kandang secara berkala secara total dengan membersihkannya dengan cairan antiseptik sehingga kandangnya benar benar bersih dan bebas dari kuman.

10. Pencegahan Hama dan Penyakit

Pastikan burung anis binbin tidak terserang penyakit dengan cara menjaga kesehatan dan memberinya gizi yang benar benar sehat, berikan ia vitamin untuk menjaga daya tahan tubuhnya serta berikan ia pemeriksaan secara khusus secara berkala di seluruh tubuhnya seperti ketika memandikan, sambil periksa seluruh tubuh dan kulitnya jika mungkin terdapat kuman atau masalah.

Bagaimana sobat, memelihara burung anis binbin tentunya bukan hal yang sulit untuk dilakukan, yang terpenting adalah memberikan segala perawatan yang terbaik dan memberikan kecukupan dalam hal pangan serta menjauhkan burung anis binbin dari stres sehingga ia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sampai disini dulu artikel mengenai 10 cara ternak burung anis binbin, semoga bisa menjadi panduan dan wawasan yang bermanfaat bagi anda, terima kasih sudah membaca, jangan lupa selalu perbarui wawasan anda mengenai hewan ternak dan hewan peliharaan dengan sering membaca artikel di website arenahewan ini, salam hangat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 25th, June 2018 / 04:42 Oleh :
Kategori : Burung