Sponsors Link

13 Cara Ternak Burung Jalak Kapas

Sponsors Link

Beternak burung jalak sudah menjadi rahasia umum semua komunitas pecinta kicau. Selain di jadikan ajang hobi, ternyata beternak adalah langkah bisnis yang bisa mengembangkan potensi penghasilan. Burung jalak sendiri merupakan spesies burung yang banyak penggemarnya, seperti Jalak Kapas. Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama burung Jalak Kapas tersebut. Tetapi sebenarnya burung jalak kapas ini bukanlah burung endemik Indonesia, melainkan  datang dari luar negeri.

ads

Pada umumnya jalak kapas bermigrasi ke Indonesia dan China guna mendapatkan suhu udara yang cukup hangat. Burung ini sering dikenal dengan sebutan Burung Jalak Cina dan mempunyai nama Latin Sturnus Sturninus.

Cara Ternak Burung Jalak Kapas menjadi bulan-bulanan banyak orang, dan gampang sekali di jumpai pada pasar burung di waktu-waktu tertentu. Biasanya bulan yang seringkali di banyaki jalak kapas adalah Oktober sampai dengan Maret.

Tak jauh berbeda dengan burung anis siberia, jalak kapas tersebut juga mempunyai habitat asli di kawasan siberia, china dan di kaki pegunungan himalaya. Nah, untuk melakukan ternak terhadap burung ini sehingga jumlahnya banyak maka Anda bisa simak langkah-langkah selengkapnya berikut ini:

Cara Ternak Burung Jalak Kapas

  1. Persiapan Kandang

Pastikan apakah anda sudah mempunyai cukup banyak kandang untuk beberapa spesies yang akan di ternak. Jika belum, sudah pasti menjadi kewajiban anda untuk mempersiapkannya terlebih dahulu. Daripada mesti membuat sendiri yang sangat merepotkan, sebaiknya beli saja dengan harga tidak sangat mahal. Untuk modelnya, variatif atau tidaknya menyesuaikan harga per sangkar. (Baca Juga: Cara Penangkaran Burung Gelatik Wingko)

  1. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit sudah menjadi komponen dalam beternak apa saja, termasuk jalak kapas. Pastikan kondisi fisik sang burung oke, alias tidak ada kecacatan. Jalak kapas yang sehat senantiasa terlihat lincah dan bersuara nyaring. Jangan lupa untuk memperhatikan apakah si burung mempunyai nafsu makan cukup baik.

  1. Membedakan Jenis Kelamin

Bukan tanpa alasan yang jelas, membedakan jenis kelamin sangat penting bagi peternak semua. Akan sangat mustahil jika ada seorang konsumen yang membeli burung jalak kapas namun anda tidak tau mana yang jantan dan mana yang betina. (Baca Juga: Cara Budidaya Burung Ciblek Kristal)

Perbedaan jalak kapas jantan dan betina diantaranya sebagai berikut:

  • Jalak Kapas jantan mempunyai warna punggung lebih kehitaman. Sedangkan betina lebih ke abu-abuan.
  • Warna di bagian sayap juga kehitaman dan sedikit hijau.
  • Kepala sang jantan cenderung berwarna abu-abu.
  1. Pemberian Pakan

Makanan utama jalak kapas yakni voer, yang bisa anda berikan setiap hari namun di imbangi juga dengan beberapa makanan lain. Voer sudah menjadi makanan untuk kebanyakan jenis burung, terutama jalak kapas ini. Adapun asupan sampingan untuk jalak kapas adalah kroto atau jangkrik, anda bisa memberikan 5 ekor ef jangkrik setiap harinya sebagai sumber nutrisi dan energi jalak.

  1. Pemberian Buah

Sama halnya beberapa jenis burung, jalak kapas menyukai buah dengan tekstur lembut. Akan tetapi akan lebih menyukai yakni pisang kepok. Dengan rutin memberikan setiap hari sebagai sampingan makanan, jalak kapas bisa gacor lebih jreng.(Baca Juga: Cara Memelihara Burung Pentet Agar Gacor)

Sponsors Link

  1. Pemberian Minum Terkontrol

Pastikan suplai air jalak selalu terpenuhi. Ganti air minimal satu hari satu kali pada setiap pagi, kondisikan wadah minum juga senantiasa bersih. Sehingga tidak menyebabkan pengendapan kotoran yang akhirnya terkontaminasi dengan air yang di minum jalak. Akibatnya sang burung bisa mudah sakit.

  1. Menjaga Kebersihan Kandang

Menjaga kandang selalu terjaga bersih menjadi poin penting dalam beternak. Keadaan kandang yang kumuh dan kumel menyebabkan burung tidak mampu merasakan kenyamanan. Hal itu bisa membuat jalak kapas mudah stress dan nafsu makan berkurang.

  1. Rajin Mengembunkan di Pagi Hari

Bawa burung jalak anda di teras dan gantangkan di atas. Lakukan pagi hari jam 7 – 8 hanya di pagi hari dan sore hari di jam 4 – 5. Setelah itu bawa kembali jalak masuk kerumah. Tujuan ini agar si burung mendapatkan udara luar yang lebih segar, tidak terpenjara dalam sangkar yang terlilit rumah. (Baca Juga: Cara Ternak Lovebird Koloni)

  1. Memandikan Jalak

Memandikan jalak kapas dilakukan pada pagi hari saat di gantang. Caranya hanya dengan menyemprotkan air menggunakan botol sprai alias semprot sampai terlihat basah. Selain sebagai tanda bentuk kebersihan, jalak juga merasa lebih segar.

Sponsors Link

  1. Menjemur

Penjemuran di lakukan waktu pagi, antara pukul 7 – 8 di bawah matahari pagi. Hanya dengan langkah ini jalak kapas bisa memperoleh sumber vitamin D yang lebih alami. Jangan sampai berlebihan di jam yang telah di tentukan.

  1. Mengawinkan

Jodohkan kedua jalak, jantan dan betina. Karantina dalam satu kandang yang sebelumnya sudah anda temukan adanya kecocokan. Saat malam tiba, lapisi sangkar dengan tirai dan biarkan kedua jalak bercengkerama dengan sendirinya. (Baca Juga: Cara Menurunkan Birahi Burung Kenari)

  1. Pemberian Suplemen

Nutrisikan suplemen pada tubuh jalak, anda bisa membeli di kios pakan burung dengan harga terjangkau. Dengan begini kondisi burung peliharaan Anda akan lebih terjaga dari segala macam penyakit.

  1. Pembuatan Sarang

Sarang di butuhkan untuk pasangan jalak yang ada di dalam satu sangkar. Sediakan bahan-bahan yang di perlukan, biasanya jalak akan merakitnya sendiri atau anda lebih siap menatanya tidak masalah.

Setelah mengikuti cara ternak burung Jalak Kapas secara serius maka dengan otomatis akan memberikan peluang bagus untuk tambahan penghasilan juga pastinya jika Anda juga memiliki jiwa berniaga.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 13th, June 2018 / 02:45 Oleh :
Kategori : Burung