Sponsors Link

15 Cara Memelihara Anjing di Apartemen

Sponsors Link

Memiliki hewan peliharaan memang menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Hewan peliharaan seperti anjing atau kucing tidak hanya bisa menjadi teman atau keluarga, namun juga menjadi penghilang stress terbaik hanya dengan merawat dan bermain dengan mereka sekaligus juga menyalurkan hobi untuk memelihara hewan.

ads

Akan tetapi, ada tantangan berbeda yang harus siap anda hadapi jika anda kebetulan tinggal di apartemen dengan binatang peliharaan seperti anjing.

Anda tidak hanya harus memenuhi segala kebutuhan anjing sehari hari baik dari makanan atau perawatan, namun juga harus menyadari jika anda sudah memasuki sebuah kontrak sosial dengan pemilik apartemen dan juga penghuni apartemen yang mungkin juga memiliki hewan peliharaan lain. Agar anda bisa memberikan perawatan terbaik untuk anjing, berikut ini kami memiliki beberapa cara memelihara anjing di apartemen yang bisa diterapkan.

  1. Sesuaikan Jenis Anjing Dengan Apartemen

Untuk cara pertama jika anda ingin memelihara anjing dalam apartemen, maka harus disesuaikan dengan kondisi apartemen yang memang biasanya berukuran tidak terlalu luas dan tidak memiliki halaman seperti layaknya rumah pribadi.

Pilih jenis anjing yang tidak memiliki energi terlalu banyak dan ukurannya juga tidak terlalu besar seperti english bulldog, chihuahua, shih Tzu, maltese, pug dan beberapa anjing ras kecil lainnya. Memilih jenis anjing yang tidak terlalu besar nantinya juga akan menghindari anjing dari stress dan gejala dehidrasi pada anjing karena tidak merasa bebas pada ruangan yang kecil.

  1. Siapkan Biaya Tambahan

Anda juga harus mempersiapkan uang tambahan yang memang biasanya akan dikenakan bagi penghuni apartemen yang ingin memelihara hewan peliharaan seperti salah satunya anjing.

Banyak pemilik apartemen yang akan meminta biaya tambahan untuk pemilik hewan peliharaan dengan harga bervariasi tergantung dari ukuran, ras dan juga jenis binatang yang dipelihara. Sedangkan untuk kisaran harga yang akan diminta biasanya sekitar 50 hingga 100 ribu per ekor hewan yang dipelihara. Selain itu, biaya awal binatang peliharaan juga biasanya sangat tinggi meski hanya dibayar di muka saja. Sedangkan deposito keamanan tersebut kemungkinan bisa diambil kembali ataupun tidak tergantung kebijakan pemilik apartemen.

  1. Sterilkan Anjing Anda

Dengan melakukan sterilisasi pada anjing, maka akan banyak masalah yang bisa dihindari khususnya berhubungan dengan kepemilikan hewan peliharaan tidak hanya bisa dilakukan sebagai cara untuk menggemukan anjing.

Secara umum, pemilik hewan peliharaan seperti anjing memang disarankan untuk mensterilkan anjing mereka untuk menghindari beberapa masalah seperti menurunkan masalah terkait birahi anjing, mengurangi sikap agresif dan destruktif anjing jantan dan menghindari anjing kencing sembarangan yang dilakukan untuk menandai wilayah mereka.

  1. Bersihkan Kotoran Anjing Dengan Teratur

Perhatikan juga masalah kotoran anjing anda dengan cara menyiapkan kantong kotoran  dan juga selalu membersihkan kotoran tersebut secepatnya. Semua ini harus dilakukan karena berbagai hal seperti:

  • Untuk menghormati tetangga dan menjaga kebersihan lingkungan apartemen.
  • Menghormati para pekerja perawat lingkungan sehingga tidak harus menginjak kotoran anjing anda.
  • Menghindari denda jika sewaktu waktu anda lalai untuk membersihkan kotoran tersebut.
  1. Hindari Anjing Berkeliaran Sendiri

Dalam sebuah gedung apartemen, tentunya anda akan tinggal bersama dengan banyak orang sebagai tetangga. Untuk itu, jangan biarkan anjing anda berjalan jalan sembarangan tanpa ditemani. Anda bisa mengikat atau membiarkan anjing anda tetap dalam ruangan.

Hal ini harus dilakukan karena beberapa alasan seperti kewajiban dari lingkungan apartemen, menghindari hewan yang terkena parasit atau penyakit lain karena dibiarkan berkeliaran sendiri, mengganggu aktivitas orang lain dan berbagai hal lainnya dan jika memang dibutuhkan maka gunakan cara menjinakkan anjing galak agar tidak mengganggu orang lain.

Sponsors Link

  1. Sosialisasikan Anjing Anda

Beberapa jenis anjing ada yang memiliki sifat pemalu dan gugup ketika bertemu dengan orang lain. Untuk itu, pastikan anjing anda tidak menyerang atau bersikap terlalu agresif pada tetangga atau para pekerja perawat lingkungan dan kebersihan.

Untuk mengatasi anjing yang terlalu pemalu dan gugup dengan orang lain, anda bisa mengikutsertakan anjing dalam pelatihan kepatuhan anjing dan ajari anjing anda agar tidak menyerang atau cara membuat anjing berhenti menggonggong pada orang lain ketika di jalan.

  1. Tentukan Jadwal Buang Air

Salah satu tantangan lain ketika memelihara anjing dalam apartemen adalah kesulitan saat anjing akan buang air besar atau kecil. Untuk itu, anda harus membuat jadwal kapan waktu pasti anjing anda untuk buang air. Beberapa pertimbangan yang harus anda pikirkan diantaranya adalah:

  • Anjing harus buang air setidaknya 3 kali sehari.
  • Anda bisa menitipkan anjing pada orang lain ketika akan pergi bekerja khususnya supaya anjing anda tetap bisa buang air sesudah makan siang.
  • Hal ini harus dilakukan sebab kesehatan anjing akan terganggu ketika harus sering menahan buang air dalam waktu lama.
  1. Buat Area Khusus

Sediakan juga area khusus dalam apartemen anda untuk digunakan anjing bermain lengkap dengan mainan, tempat makanan dan minuman serta kasur untuk tidur anjing anda yang juga harus diterapkan sebagai cara menjinakkan anak anjing. Hal ini juga tidak kalah penting sebab dalam apartemen anjing anda akan selalu berada di area kecil sehingga lingkungan harus dibuat senyaman mungkin agar bisa menstimulasi anjing anda.

  1. Jadwalkan Waktu Berolahraga

Semua binatang termasuk binatang yang memiliki energi rendah tetap membutuhkan olahraga. Meski anda sudah meluangkan waktu untuk bermain dengan anjing dalam apartemen, namun anjing tetap membutuhkan aktivitas khusus yang dilakukan di luar ruangan beberapa kali setiap minggu yang juga penting untuk cara mengatasi anjing susah makan. Anda bisa merencanakan waktu berjalan jalan dengan anjing setidaknya tiga kali dalam sehari sekitar 30 menit sampai 1 jam untuk berjalan jalan di sekeliling apartemen anda.

  1. Cari Taman Terdekat

Carilah juga taman terdekat khususnya taman yang memang diperuntukkan bagi anjing agar bisa dilepas dari ikatan dan bisa bermain dengan anjing lainnya yang tentu tetap harus diperhatikan dengan baik agar anjing anda tidak berkelahi dengan anjing lainnya. Ini sangat penting dilakukan untuk melepaskan kebosanan anjing karena berada dalam lingkungan tertutup yang terlalu lama.

Sponsors Link

  1. Pastikan Pasir Kotoran Selalu Bersih

Untuk anjing yang baru dipelihara, umumnya akan buang air sembarangan jika tidak terdapat wadah pasir untuk membuang kotoran dan area tersebut tidak dijaga kebersihannya yang sekaligus juga harus dilakukan untuk menghindari ciri ciri anjing sakit.

Tempat kotoran anjing yang diisi dengan pasir dan tidak dijaga kebersihannya akan membuat anjing anda buang kotoran di area lain sehingga bisa mengotori apartemen dan bau yang dihasilkan bisa mengganggu tetangga dan lingkungan sekitar apartemen. Pastikan anda memiliki kotak pasir dengan ukuran tepat sesuai dengan anjing anda dan pastikan untuk membeli pasir kotoran yang sesuai dengan jenis anjing peliharaan anda.

  1. Biasakan Anjing Dalam Apartemen

Untuk membiasakan anjing dalam apartemen, anda bisa membeli sebuah kandang  dan ajari anjing anda agar terbiasa dengan kondisi apartemen tersebut yang harus diajarkan secara teratur agar tidak timbul tanda anjing depresi. Hal ini harus dilakukan sampai anjing anda benar benar terbiasa dengan lingkungan apartemen dan baru bisa dikeluarkan dari kandang namun tetap awasi anjing anda dengan baik.

Jaga anjing anda agar selalu berada di dekat anda dan pastikan semua pintu dan jendela dalam keadaan tertutup untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi khususnya jika anda tidak tinggal di lantai dasar. Anda juga bisa menyediakan alas untuk pipis jika anjing anda kesulitan untuk menahan buang air kecil dan jangan bentak atau marahi anjing anda ketika buang air sembarangan namun tumbuhkan kepercayaan dengan cara yang positif.

  1. Sisir Bulu Dengan Teratur

Ketika ada di luar apartemen seperti sedang berjalan jalan, maka luangkan waktu anda untuk menyisir bulu anjing sehingga bulu yang memang sudah rapuh bisa rontok, melepaskan kulit mati sekaligus membuat bulu anjing anda tetap sehat sekaligus mencegah bulu rontok di apartemen dan membuat bau badan anjing menjadi lebih baik.

  1. Sediakan Mainan

Supaya anjing anda tetap sehat meski dipelihara dalam apartemen, maka sediakan mainan untuk anjing anda dalam jumlah banyak. Mainan tersebut akan membuat anjing anda tetap terhibur disaat anda sedang sibuk atau berada di luar apartemen sekaligus sebagai cara mengatasi anjing depresi. Aktivitas menggigit mainan juga akan melepaskan stress anjing sekaligus menjaga kesehatan gigi anjing anda.

  1. Hindari Memberikan Makanan Manusia

Jangan berikan makanan yang biasa anda makan pada anjing karena itu sama saja anda mengajarkan anjing anda untuk meminta makanan dan membuat perilaku anjing menjadi buruk dan menjadi salah satu penyebab anjing tidak mau makan makanan anjing yang sudah disiapkan. Selain itu, kebiasaan memberikan makanan manusia pada anjing juga akan membuat kondisi rumah terlihat semakin berantakan khususnya pada saat anda tinggal sendirian di apartemen.

Tidak seperti memelihara anjing di rumah pribadi, cara memelihara anjing di apartemen membutuhkan beberapa tips khusus mengingat anda tidak tinggal sendirian di apartemen namun akan banyak tetangga dan petugas lingkungan serta kebersihan. Memelihara anjing tidak hanya harus dipastikan tidak mengganggu orang lain namun juga harus diperhatikan dari segi kesehatan dan kenyamanan anjing mengingat area lingkungan mereka terbilang cukup kecil dan terbatas.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 13th, June 2018 / 02:40 Oleh :
Kategori : Anjing