Sponsors Link

6 Cara Pembuatan Pakan Ikan Sidat

Sponsors Link

Makanan merupakan salah satu faktor yang menjadi penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan ikan dalam proses budidayanya.

ads

Kondisi pakan yang berkualitas tersebut perlu dalam setiap proses budidaya ikan termasuk dalam cara budidaya ikan sidat.

Ikan sidat membutuhkan pakan dengan kualitas nutrisi tinggi untuk dapat berkembang biak dan tumbuh dengan baik.

Salah satu cara mendapatkan makanan yang bergizi dan berkualitas untuk ikan sidat tersebut adalah dengan membuatnya sendiri.

Berikut ini beberapa cara pembuatan pakan ikan sidat yang dapat dilakukan dan dipraktekkan oleh setiap peternak ikan tersebut.

  1. Sesuaikan Jenis pakan untuk ikan sidat

Pakan yang diberikan untuk ikan sidat ada berbagai jenis dengan fungsi serta kelebihan yang berbeda satu sama lainya. Beberapa jenis pakan yang dapat diberikan kepada ikan sidat diantaranya seperti pakan alami, pellet, pakan buatan, dan pakan yang memiliki bentuk seperti pasta.  (Baca juga : Cara membuat pakan lele dari ampas tahu)

  1. Cara membuat pakan ikan sidat alami

Pakan ikan sidat alami dapat dibuat dengan bahan dasar cacing sebagai salah satu jenis makanan yang palign banyak diberikan kepada ikan.

Untuk jenis ikan sidat, cacing yang digunakan bukanlah cacing tanah melainkan cacing sutra atau yang sering disebut sebagai tubifex. Sebelum menjadi pakan, cacing sutra harus dibersikan terlebih dahulu dan sebaiknya menggunakan cacing sutra yang masih baru. (Baca juga : Cara membuat pakan ternak sapi fermentasi)

  1. Cara membuat pakan buatan ikan sidat

Cara membuat pakan ikan sidat yang lain adalah dengan memanfaatkan beberapa proses pembuatan ikan buatan yang tidak berasal dari bahan bahan alamiah.

Pakan buatan ini dapat berasalah dari beberapa jenis tepung tepungan yang diolah dengan penambahan campuran vitamin maupun protein dan gizi lainnya. (Baca juga : Cara membuat pakan lele dari dedek)

  1. Cara membuat pakan pasta untuk ikan sidat

Pakan pasta ikan sidat sebenarnya merupakan salah satu jenis pakan buatan yang dibuat khusus untuk ikan sidat. Pasta dibuat dengan bahan dasar tepung ikan serta tepung tapioka yang dicampur menjadi satu lalu ditambahkan CMC sebagai pembuat pastanya.

Campuran yang sudah merata kemudian ditambahkan bahan lain seperti mineral mix dan vitamin mix. Pasta yang sudah terbentuk harus disimpan dalam lemari pendingin untuk menghindari ketengikan atau busuk dikarenakan bentukannya yang semi padat dan tidak dikeringkan.

  1. Cara membuat pakan dari tumbuhan untuk ikan sidat

Cara membuat pakan ikan sidat lainnya dapat mencontoh salah satu hasil penemuan yang memanfaatkan beberapa tumbuhan sebagai pakan ikan sidat tersebut.

Bahan bahan pembuatan pakan ikan dari tumbuhan dan buah tersebut diantaranya pepaya, kedelai, waluh, tepung maizena, tepung udang yang diproses untuk menghasilkan pellet ikan sidat.  (Baca juga : Cara membuat pakan buatan untuk ikan nila)

  1. Pellet untuk ikan sidat

Jenis makanan atau pakan ikan sidat lainnya yang dapat digunakan dan lebih praktis adalah dengan memanfaatkan pellet ikan yang sudah tersedia dipasaran.

Namun untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kondisi dari ikan sidat itu sendiri maka dapa ditambahkan beberapa bahan pelengkap mulai vitamin, mineral, hingga air untuk memperoleh bentuk maupun konsistensi tertentu.  (Baca juga : Cara membuat pakan ternak ayam organik )

Beberapa cara pembuatan dan jenis pakan yang disebukan diatas dapat menjadi alternatif pilihan sesuai dengan kondisi ikan sidat yang dibudidayakan.

Beberapa proses dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada pada aktivitas budidaya ikan sidat tersebut dan pastikan bahwa bahan yang digunakan serta harganya sesuai namun tetap berkualitas.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Saturday 25th, August 2018 / 02:29 Oleh :
Kategori : Ikan