Sponsors Link

8 Cara Agar Ikan Louhan Tidak Penakut

Ada banyak jenis ikan hias yang dapat di pelihara. Selain ikan discus, jenis lainnya adalah louhan. Anda sendiri tentunya sudah tidak asing lagi dengan ikan tersebut.

Louhan merupakan salah satu jenis ikan hias yang cukup populer dipelihara di dalam akuarium karena warna sisik mereka yang hidup serta adanya benjolan di kepala mereka yang berbentuk khas berjuluk “benjol kelam”.

Akan tetapi bukan berarti semua ikan louhan hanya bisa hidup di aquarium saja, di dalam kolam buatan pun tetap bisa. Namun hal itu memang lebih sulit di bandingkan di aquarium.

Kalaupun anda ingin memeliharanya di kolam, tentunya butuh waktu luang untuk sering memberikan perhatian padanya agar tidak mudah mati.

Habitat asli mereka yakni di Malaysia dan Taiwan, namun untuk saat ini banyak dipelihara oleh penggemar ikan di seluruh dunia termasuk di Indonesia sendiri. Banyak sekali mitos maupun fakta unik dari jenis spesies ini, bahwa ikan lohan dalam geomenasi dipercaya sebagai suatu tanda keberuntungan atau pembawa hoki.

Tak heran jika ikan hias louhan banyak digemari orang khususnya orang malaysia dan juga taiwan.

Mulanya, ikan ini juga mendapat julukan “kapal perang” yang hanya terdapat dua jenis saja yakni flowerhorn dan golden base. Berasal dari dua jenis inilah pada akhirnya bermunculan jenis-jenis yang lain dan lebih menarik.

Diantara jenis-jenis ikan louhan tersebut meliputi chinwa, free head, classic, cencu, golden best sampai dengan fly marking. Selain itu, masih ada varietas lain yang bermunculan juga. (Baca Juga: Cara Memelihara Ikan Louhan agar Cepat Jenong)

Sama seperti ikan lainnya, louhan juga mempunyai rasa takut terhadap manusia maupun teman se-air. Pada kesempatan kali ini anda akan di ajak untuk membaca tentang bagaimana cara agar Ikan Louhan tidak penakut.

Karena hal ini sangat penting sekali bagi anda yang ingin memelihara dan melihat ikan-ikannya damai.

Untuk membuat ikan tidak menjadi penakut ini tergantung dari diri anda sendiri bagaimana cara memperlakukannya. Meskipun ikan, namun louhan mengerti tentang tata cara manusia memperlakukannya.

Cara Agar Ikan Louhan Tidak Penakut

  1. Kebersihan Air

Jika louhan anda hidup di sebuah aquarium, jangan karena sudah terbuat dari kaca maka anda merasa sudah higienis, namun sebagaimana seperti yang anda tahu bahwa louhan pun juga bisa membuang kotoran.

Nah akibatnya air yang tidak sering di ganti akan menjadi keruh. Pengaruhnya pada ikan louhan adalah rasa tidak nyaman, sehingga ketika di dekati dengan manusia tak merasa tenang. (Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Kakap Putih di Tambak)

  1. Pemberian Pakan Rutin

Ikan juga harus di latih perlahan, dan untuk mendekatinya sangatlah mudah. Anda cukup hanya memberikan pakan. Tidak perlu banyak, sedikit asalkan sering akan membuat ikan mudah beradaptasi dengan anda.

Meskipun mungkin anda sendiri merasa bahwa itu adalah sesuatu yang aneh jika ikan mampu mengenali manusia layaknya peliharaan rumah seperti kucing misalnya. Namun itulah kenyataannya, jadi anda harus mencobanya.

  1. Kapasitas Air

Banyak dan sedikitnya air tentu tergantung dari besar dan banyaknya ikan anda di dalam aquarium. Semakin banyak tidaklah menjadi masalah, karena air adalah dunianya. Akan tetapi jika sedikit, inilah yang akan menyiksa louhan.

Kapasitas air ternyata mampu menjadi penyebab louhan merasa takut. Pasalnya sedikitnya air membuat mereka merasa bahwa manusia akan mudah menangkapnya. Sehingga yang di lakukan mereka kebingungan dan berlarian kemana-mana karena rasa takut.

Oleh karena itu pastikan kapasitas dala. Aquarium anda telah berisi cukup banyak. (Baca Juga: Jenis-jenis Ikan Ikan Hias Air Tawar)

  1. Pastikan Lingkungan Tenang

Untuk cara berikutnya yakni dengan memastikan kondisi lingkungannya tenang, tidak bising. Tempatkan aquarium anda pada ruangan yang umum, misalnya adalah ruang tamu.

Disana mungkin hanya terdengar suara biasa, tetapi jika anda menaruh pada kamar, biasanya kamar menjadi sarang tertawa dan bermain. Sebaiknya juga ketika anda ingin mendekati louhan tidak dengan suara lantang.

  1. Ketenangan Air

Air yang tenang akan membuat louhan rileks. Jika dengan keadaan tenang ikan mampu terlihat cantik, mengapa anda harus membuat airnya menjadi tidak tenang?

Sebaiknya jangan mengorek-ngorek air dengan tangan karena air yang bergelombang membuat louhan merasa takut. Sehingga mereka tidak tenang dan tidak terlihat cantik.

  1. Water Heater

Pasanglah water heater guna menjaga kestabilan suhu di dalam air akuarium tersebut. Adapun temperatur yang disarankan yakni berkisar 28-31 derajat celsius.

Umumnya dalam kondisi hangat, louhan akan bergerak lebih aktif dan nafsu makannya meningkat. Sehingga makin lincah si louhan makin berani. (Baca Juga: Cara Agar Warna Ikan Discus Keluar)

  1. Keasaman Air

Louhan penakut sebenarnya karena si Ikan merasa tidak nyaman. Adapun hal-hal yang menyebabkan mereka tidak nyaman juga dari tingkat keasaman air.

Pastikan bahwa pH air selalu di cek, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Anda bisa memberikan  air rendaman daun ketapang di dalam aquarium untuk menjaga agar ikan tidak stres dan takut.

  1. Berikan Miniatur

Adapun miniatur yang bisa di berikan berupa tanaman plastik, taman, dan aneka tumbuhan yang terbuat dari plastik seperti yang anda ketahui pada aquarium umumnya. Hal ini agar louhan merasa sedang benar-benar berada di laut. (Baca Juga: Cara Membuat Fermentasi Singkong untuk Pakan Ikan)

Inilah cara agar Ikan Louhan tidak penakut, untuk 8 cara tersebut bisa mulai Anda terapkan mulai dari sekarang. Ketika ikan tenang dan tidak takut, maka louhan bisa lebih dekat dengan manusia. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Saturday 25th, August 2018 / 02:48 Oleh :
Kategori : Ikan