Sponsors Link

13 Cara Memelihara Ikan Louhan Agar Cepat Jenong

Ikan Louhan atau Flowerhorn merupakan salah satu ikan yang dulu sempat menjadi buruan banyak orang. Diarena, jenis ikan hias ini memiliki penampilan unik.

Yaitu adanya jenong di bagian atas kepalanya. Bahkan mereka memiliki pola warna-warni di tubuhnya. Kedua ciri khas inilah yang menjadi acuan apakah ikan louhan tersebut sehat atau tidak.

Jika kalian ingin beternak ikan Louhan dengan kualitas bagus. Ini semua ditentukan oleh gen ikan Louhan sendiri. Jika kalian berhasil mendapatkan ikan louhan dengan gen yang tidak jenong. Walaupun kalian memelihara serta merawatnya dengan baik. Atau memberikan pakan serta obat buat menumbuhkan jenong pada kepalanya, ikan louhan tetap tidak bisa jenong.

Jadi kalau kalian menginginkan beternak jenis ikan Louhan yang memiliki jenong. Kalian harus memilih ikan louhan yang mempunyai jenong air atau bisa disebut juga dengan water head.

Ikan louhan sebenarnya merupakan jenis ikan hias dengan cikal bakal jenis ikan cicild. Sehingga bisa dikatakan jika ikan louhan berasal dari jenis ikan cichlid yang kemudian dikawin silangkan.

Hampir semua orang yang beternak louhan menginginkan ikan louhannya mempunyai jenong yang besar serta elastis. Bahkan banyak orang yang mengupayakan berbagai macam cara agar jenong pada lohannya semakin besar. Berikut 13 cara memelihara ikan louhan agar cepat jenong. baca juga tentang Budidaya Ikan Mas dalam Keramba

  1. Memperhatikan Aquarium

Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah ukuran aquarium louhan. Tempatkan louhan di aquarium dengan panjang 90 cm, lebar 40 cm, serta tinggi 50 cm. Aquarium semakin tinggi semakin baik. Selain itu pasangin filter samping pada aquarium. Lalu pakailah lampu yang berwarna pink  sert hidupkanlah selama 10 jam. Disarankan untuk menggunakan lampu jenis TFC.

  1. Memperhatikan Suhu Air

Perhatikan juga suhu air pada aquarium. Kalian bisa memasang pemanas agar suhu pada aquarium tetap terjaga diantara 29-30 derajat celcius. Usahakan untuk mengganti air aquarium 2 minggu sekali sebanyak seperempat dari seluruh air aquarium. Jangan melebihi dari ketcqsxqentuan ini dan jangan setiap hari mengganti air.

  1. Perhatikan PH Air

Jika kalian menginginkan louhan dengan jenong yang besar dengan memperhatikan PH air pada aquariumnya. Pastikan untuk menggunakan air dengan PH 7 – 8. Agar akurat, kalian bisa menggunakan alat pengukur PH air. baca juga tentang Cara Memelihara Ikan Koi di Kolam Rumah

  1. Jangan Pernah Memberikan Pakan Hidup

Selain itu perhatikan pakan yang kalian berikan untuk louhan. Jangan pernah memberikan pakan hidup kepada Louhan. Seperti udang, cacing tanah, dan ikan cere. Karena ikan bisa terinfeksi parasite hexamita. Jika kalian ingin memberi pakan hewani, lebih yang sudah dibekukan. Seperti memberikan cacing beku, udang beku, dll.

  1. Rutin Memberikan Pakan

Jangan lupa untuk memberi pakan dengan rutin, yaitu minimal 2x sehari. Berikan pakan pada pagi serta sore hari. Selain itu, tidak disarankan untuk memberi makan jangkrik secara berlebihan. Karena dapat membuat warna ikan louhan berubah jadi lebih gelap. Pastikan agar kaki dan kepalanya sudah dihilangkan.

  1. Mengajak Berinteraksi

Jangan lupa untuk rutin mengajak ikan louhan berinteraksi. Serta membuat louhan menjadi lebih agresif. Ini merupakan hal penting jika kalian ingin ikan louhan cepat jenong. Banyak caranya yang dapat kalian lakukan agar louhan mau berinteraksi dengan kalian atau lebih menjadi lebih agresif.

  1. Memberi Cermin

Salah satu cara agar ikan louhan cepat jenong kalian bisa memberikan cermin di aquariumnya. Biasanya dengan memberikan cermin, ikan akan menjadi agresif. Tapi ada juga yang memberikan makanan dengan menggerak-gerakannya di luar akuarium. Ada juga yang sengaja memberikan porsi makan yang sedikit kepada ikan louhan. Bahkan ada yang sengaja menaruh ikan louhan betina di akurium sebelahnya.

  1. Memilih Bibit Unggul

Berbagai macam hal bisa kalian lakukan buat memancing amarah dari ikan louhan. Kalian juga dapat berinovasi sendiri mana serta menggunakan cara yang terbaik dan cocok buat louhan peliharaan kalian. Baca juga tentang Cara Merawat Ikan Arwana Silver

Jika kalian ingin lebih cepat memperbesar jenong dan semakin elastis. Kalian harus memilih ikan louhan yang telah terbiasa dengan manusia. Kemudian pilihlah louhan dengan badan yang pendek serta kekar. Karena ikan louhan dengan ciri-ciri ini cenderung lebih agresif.

  1. Mengajak Bermain

Mengajak bermain ikan louhan atau berinteraksi, ini akan membuat louhan menjadi agresif. Serta sangat efektif membuat ikan menjadi marah. Dengan rutin mengajak ikan louhan, akan membuat ikan louhan menjadi cepat jenong.

  1. Memberikan Pakan yang Mengandung Lemak

Kandungan lemak dan protein ini harus ada dalam diet atau makanan louhan untuk merangsang pertubuhan jenongnya. Sumber terbaik untuk mendapatkan kandungan lemak dan protein tinggi adalah makanan dari kombinasi jantung hati sapi, cacing beku, cacing tanah, bayam, dan wortel. Semua bahan yang disebutkan tadi dicampur menjadi satu, lantas dibuat seperti pelet dengan bahan agar-agar sebagai perekat.

Makanan yang kalian buat sendiri bisa kalian berikan bergantian dengan pakan pabrik. Untuk pakan sendiri bisa kalian berikan 3-4 kali sehari.

  1. Memberikan Pelet

Kalian bisa memberikan pelet jika ingin jenong louhan cepat besar. Pakan buatan pabrik ini bisa kalian kombinasi dengan bahan alami untuk membuat jenong ikan louhan membesar dan elastis. Sebenarnya pelet biasanya merupakan kombinasi dari bahan bahan berkualitas dan sudah tergolong lengkap.

Jadi kalian cuma perlu membaca label untuk melihat kandungan yang ada. Kalian juga harus membaca cara pemakaiannya agar manfaatnya bisa kerasa. Baca juga tentang Budidaya Lobster Mutiara

  1. Makanan yang Mengandung Beta Carotene

Selain memperbesar jenongnya, kalian harus memperhatikan warna ikan louhan. Makanan yang bisa memunculkan warna bagus pada ikan louhan haruslah pakan yang ada beta-Carotene. Dengan memberikan makanan yang mengandung beta-Carotene, ternyata bisa membuat warna ikan louhan menjadi cerah. Untuk menemukan pakan ikan louhan dengan kandungan beta-Carotene bisa dari kalian tidak harus bust sendiri, kalian bisa membeli yang buatan pabrik.

  1. Memberikan Pakan Yang Mengandung Protein

Selain itu sangat pentinh untuk memberikan pakan yang mengandung protein kepada ikan louhan. Agar ikan louhan cepat membesar, kalian harus memberikan makanan yanh memiliki kadar protein 45-60 %. Serta mengandung 5-7 % lemak, vitamin dan mengandung mineral. Baca juga tentang Ternak Udang Galah dalam Aquarium

Hampir kalian serta orang yang beternak louhan menginginkan ikan louhannya besar, mempunyai jenong yang besar serta elastis dan juga memiliki warna yang cerah. Banyak orang yang mengupayakan berbagai macam cara agar keinginannya terpenuhi. Itulah 13 cara memelihara ikan louhan agar cepat jenong.

, , ,
Post Date: Thursday 08th, March 2018 / 09:28 Oleh :
Kategori : Ikan