Sponsors Link

Ciri – ciri Kucing Sakit Mata

Sponsors Link

Kucing salah satu hewan peliharaan yang memiliki bentuk bagus dan dapat mendukung wajah lucunya semakin imut dan mengemaskan. Dalam masa kehidupannya, kucing memiliki resiko mengalami sakit mata tertentu yang dipicu oleh beberapa kondisi, salah satunya proses perawatan yang tidak dilakukan dengan baik dan benar.

ads

Kondisi kucing yang sakit mata tentu dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan dan menjadikan berbagai macam gejala yang berhubungan dengan mata maupun pengliharan dapat muncul. Berikut ini beberapa ciri kucing sakit mata yang harus segera disadari pemiliknya untuk mengupayakan pengobatan yang lebih cepat dan tepat.

Penyakit Mata Pada Kucing

Sebelum memahami lebih jauh mengenai ciri kucing sakit pada matanya maka sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu beberapa penyakit yang dapat menyerang mata kucing.

Beberapa penyakit yang dapat menyerang mata kucing tersebut diantaranya seperti  radang konjungtiva pada mata kucing, painful eye atau mata kucing yang berair keruk, cacing mata pada kucing, feline herpesvirus, nasolacrimal occlusion, mata kecil sebelah, dan lain sebagainya.

Kondisi sakit mata pada kucing dapat ditunjukan dengan tanda atau ciri berikut ini. (Baca juga : dampak kucing tidak divaksin)

  1. Adanya kotoran pada mata kucing

Kucing yang menderita sakit mata dapat terlihat dari kondisi matanya yang mengeluarkan kotoran. Kotoran yang muncul pada mata kucing tersebut biasanya akan banyak terlihat terutama di pagi hari setelah kucing terbangun dari tidur.

Parahnya kotoran yang muncul pada mata kucing tersebut menunjukan tingkat keparahan sakit mata yang di derita oleh kucing.

  1. Keluarnya air dari mata kucing

Selain kotoran yang berwarna hitam, mata kucing yang sakit juga akan mengeluarkan banyak cairan berwarna putih. Kondisi mata yang mengeluarkan cairan tersebut menjadikan bulu disekitar daerah mata akan terlihat tampak basah. (Baca juga : proses pertumbuhan pada kucing)

  1. Kehilangan penglihatan

Kondisi lain yang juga dapat dijadikan ciri kucing sakit mata adalah keadaan dimana kucing akan kehilangan penglihatan.

Kondisi kucing yang kehilangan penglihatan tersebut dilihat dari tingkah kucing yang banyak menabrak benda ketika berjalan. Kehilangan penglihatan tersebut tentu menimbulkan efek buruk pada kucing secara langsung.  (Baca juga : cara mengatasi luka bakar pada kucing)

  1. Mata kucing berwarna merah

Ciri kucing sakit mata lain yang juga dapat muncul adalah kondisi dimana mata kucing akan terlihat berwarna merah. Warna merah pada mata kucing biasanya juga akan diikuti oleh tanda tanda lain yang dijelaskan dalam uraian sebelumnya diatas. (Baca juga : cara menghilangkan stes pada kucing anggora)

  1. Terdapat bintik pada mata

Ciri ciri lain yang juga dapat menunjukan bahwa kucing memiliki masalah kesehatan pada mata adalah terdapatnya bintik di daerah mata kucing tersebut. Selain munculnya bintik pada mata, daerah sekitar mata terkadang juga akan mengalami peradangan.

Itulah beberapa ciri kucing sakit mata secara umum yang perlu diperhatikan setiap pemiliki kucing. Jika kucing terlihat mengalami gejala atau ciri yang disebutkan diatas maka sebaiknya pemilik kucing segera memeriksakan kucing ke dokter hewan agar cepat mendapatkan diagnosis serta tindakan medis untuk mengatasi kondisi tersebut dan mencegah efek buruk dari sakit mata pada kucing. Salah satu efek buruk sakit mata pada kucing yang tidak teratasi dengan baik adalah kebutaan.  (Baca juga : Penyebab kucing tidak mau makan)

 

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 09th, October 2018 / 10:11 Oleh :
Kategori : Kucing