Sponsors Link

8 Fungsi Ekor Pada Kucing

Sponsors Link

Apa yang anda fikirkan tentang kucing, inilah jawaban diri anda sendiri terhadap hewan lucu yang satu ini. Tidak semua orang menyukai kucing, namun tak sedikit pula yang menyukainya. Kucing adalah hewan lucu yang pantas menjadi sahabat dirumah. Asalkan anda bisa memberikan perhatian dan perawatan penuh, maka kucing perlahan akan luluh dan mampu mengikuti apa perintah majikan.

ads

Ada banyak bagian dari kucing yang membuatnya tampak lucu dan di gemasi banyak orang. Misalnya adalah kumis, seperti yang pernah di sampaikan dalam artikel Fungsi Kumis Pada Kucing, disana telah di paparkan apa saja fungsi yang perlu anda ketahui. Nah, untuk kali ini adalah mengetahui seperti apa fungsi Ekor pada Kucing. Ekor adalah bagian organ kucing yang mempunyai bentuk memanjang. Jika kucing menggerak-gerakkan semakin lucu.

Meskipun mungkin anda sering menjumpai kucing, namun tidak selalu anda paham dengan fungsi ekornya. Nah, dalam pembahasan kali ini anda harus memahami dan mengetahui fungsi dari ekor pada kucing itu sendiri, sehingga tidak ada lagi rasa penasaran di benak yang selama ini terfikirkan. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari ekor kucing yang sangat penting sekali. (Baca Juga: Cara Merawat Kucing Lokal agar Bagus)

8 Fungsi Ekor Pada Kucing

  1. Sebagai Komunikasi

Bagaimana bisa ekor kucing berfungsi sebagai komunikasi, sementara kucing mempunyai mulut dan tidak bisa bicara. Nah, komunikasi inilah yang di maksud sebagai isyarat komunikasi. Artinya tidak harus dengan suara atau mulut, tetapi hanya dengan ekor saja sang kucing telah memberikan tanda-tanda tertentu.

Misalnya adalah ketika anda sedang memanggil namanya ketika sedang tidur, maka ekornya akan bergerak. Ini tandanya bahwa kucing tersebut merespon panggilan anda. Akan tetapi sang kucing masih ingin menikmati tidurnya sehingga tidak mau mengangkat kepalanya untuk melihat kepada Anda.

  1. Sebagai Penghangat

Fungsi lain dari ekor kucing adalah untuk menghangatkan tubuhnya. Ketika keadaan dingin, lihatlah bahwa kucing lebih sering berposisi melingkar dengan ekornya. Semua itu karena ekor kucing sangat berpengaruh pada dirinya di kala dingin. (Baca Juga: Cara Merawat Kucing Liar agar Nurut)

  1. Sebagai Tanda Emosi

Ekor kucing berfungsi juga sebagai tanda bentuk emosi diri. Misalnya yang sering di jumpai adalah, ketika bertemu dengan musuhnya maka ekor kucing akan bergerak dan terlihat mengembang. Ini tandanya bahwa kucing tersebut sangat geram dan ingin bertarung atau bisa juga disebut sebagai tantangan.

  1. Bentuk Rasa Takut

Selain sebagai bentuk tanda emosi, ternyata fungsi dari ekor kucing lainnya adalah untuk menandakan bahwa dirinya takut pada sesuatu. Sehingga pada akhirnya kucing menjadi lebih agresif bila merasa takut terus saja di dekati. (Baca Juga: Cara Mengatasi Gatal Pada Kucing)

  1. Sebagai Pelindung Anus

Ekor kucing cukup panjang, dan fungsinya untuk melindungi anus kucing. Pasalnya hewan bukan mempunyai tubuh selayaknya manusia yang berdiri. Akan tetapi hewan, khususnya berkaki empat selalu berjalan dengan semua kakinya. Intinya yakni anus kucing akan terlihat begitu saja jika tanpa adanya ekor. Lalu, dengan tidak adanya ekor maka kucing akan lebih sering terluka. Karena tanpa ekor maka anus tersebut terus tergesek di tanah. Padahal kucing selalu mengguling-gulingkan tubuhnya di tanah.

  1. Sebagai Tanda Sayang

Kucing ternyata mempunyai sifat penuh kasih, apalagi jika sudah mengenal majikannya secara dalam. Jika sang majikan penuh perhatian dan kasih sayang, maka sebaliknya kucing akan melakukan hal yang sama. Misalnya ketika tidur, kucing selalu membangunkan  sang majikan dengan ekornya tersebut. Nah inilah fungsi lain dari ekornya, caranya dengan mengusapkan ekor pada tubuh atau wajah sang majikan. (Baca Juga: Cara Agar Kucing Tidak  Kabur dari Rumah)

Sponsors Link

  1. Sebagai Penyeimbang

Ekor pada kucing berfungsi juga sebagai penyeimbang, sama seperti fungsi ekor hewan yang lainnya berkaki empat. Ekor penyeimbang pada saat kucing akan memanjat pohon, memanjat di atas lemari, kursi, atau tempat di mana saja yang mana kucing ingin berpindah tempat. Oleh sebab itu, ekor sangat penting untuk kucing, terutama kucing liar untuk berpetualang di alam yang bebas.

  1. Sebagai Pertahanan Diri

Ekor kucing pada dasarnya yang paling menonjol adalah melindungi diri. Pertahanan diri bagi kucing menggunakan ekor ketika berhadapan dengan musuhnya. Entah bagaimana caranya, ekor akan tetap berguna bagi kucing. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Minyak Pada Bulu Kucing)

Memang variatif sekali fungsi dan peran ekor yang di miliki oleh kucing. Ekor adalah bagian yang banyak menimbulkan tanda tanya besar perihal fungsinya. Kucing memang bisa menciptakan suasana panas menjadi lebih dingin. Apalagi saat kucing telah di latih menjadi hewan yang pandai. Tidak sedikit orang sengaja merawat kucing agar bisa cerdas dari yang di bayangkan saja.

Faktanya memang bukan langkah mudah agar kucing bisa benar-benar bisa mematuhi perintah yang majikan berikan. Namun yang pasti ketika kucing telah lama hidup dengan anda, secara jelas atau hanya tersirat sudah dapat di rasakan oleh sang majikan bahwa peliharannya sangat penurut.

Inilah 8 Fungsi Ekor Pada Kucing yang dapat Anda kenali sehingga bisa disebut sebagai pecinta kucing atau pemilik yang baik sebab mengenali setiap tanda maupun bagian tubuh dari Kucing. Bagi anda yang ingin memelihara kucing, pastikan kesehatannya juga mulai dari ujung kepala hingga ekornya. Demikian yang bisa di sampaikan, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 08th, October 2018 / 11:32 Oleh :
Kategori : Kucing