Home » Kucing » 7 Cara Agar Kucing Tidak Kabur dari Rumah

7 Cara Agar Kucing Tidak Kabur dari Rumah

by Cori Calista

Mempunyai kucing di rumah bukan sekedar pengisi kekosongan saja, melainkan kucing juga siap menjadi sahabat dekat anda. Bagi sebagian orang mungkin ada yang merasa takut atau tidak suka dengan kucing. Akan tetapi tidak sedikit pula yang menyukai kucing sebagai hewan peliharaan sampai-sampai menyayangi lebih dari diri sendiri.

Pecinta kucing tentu saja tidak menginginkan kucing mereka tersakiti, terbiarkan begitu saja. Bahkan ketika kucing keluar rumah saja, perasaan sang majikan tak karuan selalu bimbang. Ada beberapa cara agar Kucing tidak Kabur dari Rumah yang di sampaikan.

Sebagai alternatif, ada baiknya anda membaca panduan yang telah di paparkan dalam kesempatan ini. Pada dasarnya kucing mudah kabur di karenakan belum terbiasa atau belum beradaptasi. Namun dalam beberapa kasus, terdapat penyebab lain yang menjadi masalah bagi kucing sehingga kabur dari rumah. Kucing sering kali disebut memiliki kesamaan dengan manusia, yakni tetap membutuhkan adaptasi pada tempat-tempat yang baru. Terlebih jika anda baru saja mengadopsinya, anda harus bisa membuat kucing tersebut mampu beradaptasi dengan Anda.

Mungkin dengan memasukkan kucing ke dalam kandang salah satu cara yang mudah untuk mengatasi kucing agar tidak kabur dari rumah. Sayangnya, jika kucing terus menerus di dalam kandang dengan jangka waktu yang panjang, tentunya akan berdampak buruk pada kesehatannya. Kucing yang terlalu lama di dalam kandang bisa mengalami stress atau depresi. (Baca Juga: Cara Merawat Kucing Umur 2 Minggu)

Sesekali cobalah untuk mengeluarkan kucing dari kandang agar kucing tidak bosan dan lebih atraktif karena dapat bermain dengan pemiliknya. Kendala jika kucing dibiarkan di luar kandang, karena sifatnya yang suka berjalan-jalan di lingkungan sekitar. Beberapa orang yang memiliki kucing di rumah, wajib mengetahui 7 cara agar Kucing tidak Kabur dari Rumah berikut:

  1. Sediakan Tempat yang Nyaman

Tempat yang nyaman untuk kucing yang dimaksudkan kali ini bukanlah kandang. Melainkan tempat yang ada di dalam rumah yang membuat kucing peliharaan anda betah dan dapat beradaptasi dengan lebih baik. Anda bisa menyediakan tempat seperti keranjang atau kardus, kemudian di dalamnya di berikan baju bekas atau kain agar lebih hangat. Hal ini dapat membuat kucing merasa nyaman dan betah di dalam rumah.

  1. Menjaga Kebersihan Tempat

Perlu diperhatikan, tak hanya tempat yang nyaman saja, Anda juga harus memperhatikan kebersihan tempat tersebut. Pada dasarnya, semua hewan peliharaan lebih suka dengan tempat yang bersih. Walaupun nantinya harus kotor lagi, akan tetapi Anda harus bisa membersihkannya secara rutin. (Baca Juga: Tips Agar Kandang Kucing Tidak Bau)

  1. Perhatian dan Kasih Sayang

Kucing bisa dikatakan salah satu hewan peliharaan yang manja terhadap majikannya. Jangan lupa untuk selalu memberikan perhatian dan kasih sayang terhadap hewan peliharaan anda, yaitu kucing. Jangan sampai anda membentak ataupun memarahinya. Jangan membuat kucing merasa terancam akan tetapi buat lah hewan kesayangan anda tersebut merasa anda sangat berguna untuknya.

  1. Perhatikan Porsi Makannya

Selain tempat dan kasih sayang, hal yang yang dilakukan agar kucing betah dirumah adalah memberi makan yang cukup. Cara ini dilakukan agar kucing kesayangan anda tidak jalan-jalan diluar rumah untuk mencari makan tambahan. (Baca Juga: Cara Membuat Kucing Sakit Mau Makan)

  1. Kotak Pasir Disekitar Kucing

Selain rasa lapar, biasanya kucing keluar rumah untuk membuang kotoran. Cara untuk mengatasi hal tersebut, dengan menaruh kotak pasir di dekat kucing. Hal ini dapat menangani agar kucing peliharaan anda tidak membuang kotoran di sembarang tempat disekitar rumah yang mengakibatkan bau tak sedap.

  1. Mengajaknya Bermain

Salah satu penyebab kucing tidak betah dirumah adalah rasa bosan. Untuk menghilangkan kejenuhan kucing, anda bisa mengajaknya bermain. Seperti menggunakan tali, bola, atau mainan khusus kucing. Anda bisa memanjakan kucing dengan mengelus-elus bulunya. Kucing adalah hewan peliharaan yang menyukai kegiatan bermain dan bergurau, kesempatan ini sekaligus untuk melatih kucing anda. (Baca Juga: Cara Membuat Kucing Nyaman di Kandang)

  1. Jauhkan dari Hewan Lain

Cara membuat kucing betah dan tidak kabur dari rumah adalah, jangan ada hewan peliharaan lain yang ditakuti kucing. Untuk di area rumah, usahakan anda jangan memelihara hewan yang ditakuti kucing. Seperti anjing dan hewan-hewan bertubuh besar lainnya.

Pasalnya kucing tidak menyukai tempat yang membuatnya tidak nyaman, apalagi untuk kucing liar yang baru di adopsi, kucing tersebut akan langsung pergi tanpa pernah kembali ke rumah anda. Kecuali kalau keduanya sudah disatukan sejak kecil sehingga bisa saling mengerti dan mengenali satu sama lain.

Kasih sayang juga sangat penting bagi kucing, kadangkala seseorang majikan yang terlalu sibuk dapat di rasakan oleh sang kucing. Hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab lain mengapa kucing kabur. Tidak ada salahnya jika anda memberikan waktu khusus bagi kucing atau bisa membagi waktu, alias tidak sepenuhnya mengabaikan si kucing. (Baca Juga: Cara Membuat Kucing Sayang Kepada Kita)

Jaga selalu kucing kesayangan anda, pastikan gizinya terjamin, kebutuhan lainnya ikut tercukupi dan yang terpenting adalah menerapkan cara agar kucing tidak kabur dari Rumah. Anda yang mengadopsi, anda pulalah yang bertanggung jawab atas kenyamanan dan kelangsungan hidupnya.

You may also like