Sponsors Link

8 Cara Merawat Kucing Umur 2 Minggu

Kucing menjadi salah satu binatang yang paling lucu, banyak orang yang telah menjadikan peliharaan. Berbagai negara di dunia ini mempunyai jenis ras yang berbeda-beda. Namun untuk di Indonesia sendiri, kucing jenis lokal berkeliaran dimana-mana.

Entah mengapa tidak semua orang menyukainya, dan mungkin hanya beberapa orang yang benar-benar pecinta kucing menyukai semua jenisnya.

Mereka yang hanya ingin sekedar memelihara seringkali memilih ras bulu tebal seperti anggora yang berasal dari negara Angkara. Sedang jenis lainnya yakni seperti persia dari negara Persia sendiri.

Kucing adalah binatang yang amat lucu, patut untuk di jaga dan di lindungi. Tidak butuh apa-apa, kucing hanya perlu makan dan minum saja. Tetapi adakalanya seseorang tega menelantarkan kucing dengan semena-mena.

Khususnya kucing yang masih kecil, terkadang indukan sudah tak mau lagi merawat tanpa alasan jelas. Hal ini sudah biasa terlihat dimanapun, kucing induk membiarkan anaknya terlantar. Bisa saja karena sang induk telah lupa menaruh anaknya. Faktor lain adalah karena mungkin saja ada seseorang yang telah mengadopsi dari orang lain hanya anakan umur 2 minggu tanpa indukan.

Jika di biarkan, tentu akan sangat malang lantaran anakan kucing umur 2 minggu bisa mati. Di usianya yang masih kecil tak butuh hanya tempat tinggal saja, namun juga makanan dan minuman. Lalu bagaimana cara merawat Kucing umur 2 Minggu? (Baca Juga: Cara Merawat Kucing Umur 1 Bulan Tanpa Induk)

8 Cara Merawat Kucing Umur 2 Minggu

  1. Tempat Tinggal

Jika anda hendak mengadopsi kucing berumur 2 minggu, atau misalnya saja menemukan anakan kucing tanpa induk sebaiknya perlakukan sebaik mungkin. Salah satu yang pasti berikan tempat tinggal nyaman, entah di dalam sebuah kardus atau kandang kucing. Pastikan tempatnya cukup hangat. Kucing usia 2 minggu masih butuh kehangatan dari induknya, jika tidak akan mudah mati. Kardus menjadi tempat cukup hangat untuknya. Bila di tempatkan di kandang lain, berikan kain sebagai alasnya. Satu hal lagi jangan di taruh di luar rumah, karena udaranya sangat dingin untuk usia 2 minggu.

  1. Pemberian Susu

Biasanya kucing yang masih berumur 2 minggu belum saatnya makan pakan kucing. Umumnya mereka masih minum susu dari induknya. Sebagai gantinya, berikan kucing susu yang bisa di beli dari Pet Shop. Sayangnya saat usia masih 2 minggu, kucing belum sepenuhnya bisa minum sendiri, namun Kucing sangat membutuhkan susu untuk menunjang pertumbuhannya yang baik. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan plastik dan bolong bagian sudutnya secara kecil, lalu pelan-pelan bantulah susu tersebut masuk dalam mulut kucing. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kucing yang Ketakutan)

  1. Memberikan Pakan

Sebenarnya di usia yang masih 2 minggu memang belum bisa kucing makan sendiri. Selain masih cukup kecil, pakan kucing sendiri cukup keras. Tetapi tidak masalah jika anda melatihnya makan sedikit-sedikit. Namun berikanlah pakan dengan air, artinya untuk melumatkan pakan tersebut dan biarkan kucing mengendus dan menjilat. Jika memang anda sendiri kurang lega, bantu kucing untuk makan sedikit saja, tidak usah banyak. Selain itu jangan terlalu sering dulu memberikan pakan. Cukup satu kali dalam sehari, mengingat usianya masih 2 minggu.

  1. Memandikan

Bersihkan tubuhnya agar tidak ada kotoran yang menempel. Mandikan kucing minimal seminggu tiga kali di pagi hari. Namun gunakanlah air hangat dan waslap, karena kucing umur 2 minggu belum cukup kuat untuk mandi dengan air yang banyak. Cukup usapi tubuhnya saja, dan memandikan yang tepat adalah di jam 8 pagi. (Baca Juga: Tips Agar Kucing Betah di Rumah)

  1. Menjemur

Berikan kucing vitamin D alami untuk membuat kucing tetap sehat dan kuat. Caranya adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Memandikan kucing yang tepat adalah di jam 8 pagi, setelah itu berikanlah handuk terlebih dahulu untuk meresapkan air di tubuhnya.

Nah, jika sudah lakukan penjemuran pada kucing di bawah sinar matahari selama 10 – 15 menit saja. Jangan lebih, karena akan kasihan. Selain itu jamnya juga jangan terlalu siang yakni yang bagus adalah di jam 8 pagi dan maksimal siang di jam 8.30 pagi.

  1. Pemberian Vitamin

Vitamin di berikan kepada kucing untuk membentuk gizi seimbang. Vitamin ini bisa di beli di Pet Shop, entah yang di campurkan ke dalam susu atau di teteskan pada tubuhnya. Hal ini tergantung pada Anda sendiri bagaimana mudahnya untuk memberikan kepada kucing, sebenarnya ketika dimasukkan ke dalam susu akan lebih efektif, namun biasanya kucing sudah tidak mau meminum susu yang sudah tercampur dengan vitamin. Akan tetapi tidak semua kucing seperti itu sehingga Anda hanya perlu menyesuaikannya saja. (Baca Juga: Cara Menumbuhkan Bulu Kucing yang Botak)

  1. Vaksinasi

Lakukan vaksin minimal satu bulan sekali, yakni di lakukan penyuntikan untuk kekebalan tubuhnya. Tujuannya agar kucing tak mudah terserang penyakit. Terlebih untuk umur kucing masih 2 minggu sehingga sangat rentan terserang berbagai macam penyakit yang bisa membahayakan keselamatannya.

  1. Perlakuan Baik

Untuk 7 poin sebelumnya memang masing-masing pemelihara bisa menerapkan hal yang sama, akan tetapi untuk yang terakhir kali ini bisa saja berbeda karena perasaan setiap orang terhadap kucing juga tidak sama. Meski begitu, untuk perlakukan kasih sayang yang sering diberikan yakni menggendong dan mengelus kucing kesayangan, berikan kehangatan dengan menempatkan kucing tersebut bisa nyenyak di pangkuan sang majikan. (Baca Juga: Cara Kucing Mengenali Majikannya)

Seperti itulah cara merawat Kucing umur 2 Minggu yang bisa Anda terapkan dengan seksama. Pada intinya adalah penuh kasih sayang di setiap hal, dengan begitu kucing bisa tumbuh dengan sehat. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Friday 31st, August 2018 / 01:56 Oleh :
Kategori : Kucing