Sponsors Link

8 Cara untuk Mengetahui Umur Kucing

Menyukai kucing bukan berarti atau tidak selalu paham akan semua hal tentangnya. Mereka yang menyukai kucing sekedarnya hanya memberikan perawatan, tanpa mengetahui kapan dulunya sang kucing lahir dan berusia berapa.

Disini, cara untuk mengetahui umur Kucing akan menjadi topik penting yang tak boleh anda lewatkan. Hal ini tentu mengingat bahwa banyak pemelihara yang sekedar merawat, namun tidak mengetahui usianya. Cukup penting bagi anda yang memelihara kucing untuk tahu berapa usianya.

Apalagi jika suatu waktu anda sebagai pemilik bermaksud ingin memperbolehkan seseorang lain mengadopsi kucing yang telah anda rawat. Sehingga anda dengan mudah bisa menjawab usia kucing yang sebenarnya.

Tapi ada hal yang tak kalah penting dengan mengetahui usia sang kucing, yakni cara perawatan setiap usia tidaklah sama. Terutama dalam hal pemberian pakan, tidak semua usia bisa mengkonsumsi makanan dan minuman yang sama karena semua ada aturan dan prosedur masing-masing untuk menunjang kesehatannya.

Kucing yang masih dalam usia kecil tidak bisa di berikan sembarang makanan seperti kucing dewasa pada umumnya. Di khawatirkan perut serta ususnya yang belum kuat hingga menyebabkan mudah sakit dan mati. Tidak ingin semua ini terjadi kan? Oleh karena itu, ketahui beberapa cara untuk mengenali umur kucing:

8 Cara untuk Mengetahui Umur Kucing

  1. Dilihat dari Jumlah Gigi

Cara mengenali umur yang pertama adalah dengan menghitung jumlah giginya, karena kondisi gigi kucing tentu akan berubah ketika usianya mulai bertambah. Gigi yang pertama tumbuh pada anak kucing yakni gigi seri untuk usia sekitar 2-4 minggu dan gigi taring untuk usia 3-4 minggu, lalu dilanjutkan dengan geraham pada usia 4-6 minggu.

Sedangkan pada kucing yang umurnya belum empat bulan tidak mempunyai gigi geraham. Kucing yang sudah menginjak usia enam bulan sampai satu tahun akan mempunyai semua gigi dewasa. Pada masa inilah semua gigi kucing tersebut akan berwarna putih dan juga tidak ada keusangan. (Baca Juga: Cara Merawat Kucing Umur 1 Bulan Tanpa Induk)

  1. Warna Gigi

Cara untuk mengetahui berapa usia kucing juga termasuk dengan memperhatikan perubahan warnanya. Perhatikan gigi kucing yang mulai menguning, ini menjadi salah satu cirinya. Gigi kucing akan memperlihatkan perubahan seperti tanda penuaan seiring pertambahan usianya. Gigi-gigi yang berubah warna menjadi kuning menandakan bahwa kucing tersebut sudah dewasa dan tua. Untuk tingkat penguningan gigi sendiri bisa menentukan usia kucing anda nantinya.

Kucing yang sudah berusia dua tahun mulai terlihat sedikit menguning. Sedangkan kucing yang sudah berusia lima tahun akan bertambah kuning. Antara usia lima sampai dengan sepuluh tahun, warna gigi pada pada kucing akan makin menguning. Lalu pada waktu kucing telah menginjak usia 10 tahun atau lebih, semua giginya akan tampak kuning.

  1. Pemeriksaan Gigi Kucing

Periksalah kondisi gigi-gigi kucing anda, salah satu adanya indikasi penuaan kucing yakni dari keusangan pada giginya. Dengan memeriksakan kondisi gigi-gigi kucing sudah menjadi langkah untuk menilai keusangan dan menentukan usia kucing tersebut. Gigi kucing yang telah usang akan kehilangan ketajamannya hingga membuatnya lebih tumpul dibandingkan kucing yang berusia masih muda.

Kondisi lain sebagai tanda bertambahnya usia adalah beberapa gigi ujung yang  mungkin tumpul atau bahkan patah. Namun secara umum gigi kucing akan mulai menumpul di usianya yang sudah lima tahun. (Baca Juga: Cara Membuat Kucing Tidak Agresif)

  1. Dilihat dari Teksturnya

Selain dari jumlah gigi, warna atau tiga poin di atas, cara untuk mengetahui usia pada kucing lain adalah dengan merasakan tekstur pada bulu. Tentu saja semakin bertambahnya usia, bulu kucing anda akan terasa berbeda. Adapun yang bisa di ketahui adalah, kucing muda lebih dominan memiliki bulu yang lebih halus dan penuh. Sedangkan kucing yang sudah tua akan cenderung mempunyai bulu lebih kasar.

  1. Merasakan Tekstur Bulu

Setelah anda melihat bagaimana dan seperti apa bulu pada kucing, selanjutnya adalah dengan merasakan sendiri. Caranya dengan menyentuh dan memegangi, karena makin bertambahnya usia bulu tentu akan berubah. Hal ini akan diketahui usia kucing lantaran ketika bulu terasa lebih banyak (tebal) dan kasar bisa di katakan kalau usianya lebih tua, di banding dengan kucing yang masih muda akan mempunyai bulu dengan tekstur lembut tetapi terlihat sedikit (tipis). (Baca Juga: Tips Agar Kucing Tidak Kabur dari Rumah)

  1. Tipe Tubuh

Perhatikan pula seperti apa tipe tubuh pada kucing anda, mengingat bahwa seiring bertambahnya usia maka tingkat aktivitas kucing juga berubah. Selain itu bentuk tubuhnya juga semakin berbeda dibandingkan dengan usia yang masih amat muda. Pada kucing yang masih muda, mereka akan cenderung lebih ramping dan berotot lantaran sering beraktivitas. Berbeda halnya dengan kucing yang masih  berusia pertengahan, biasanya lebih berisi dan bulat.

  1. Suasana Hati

Suasana hati kucing memang berbeda setiap ekor, namun hal itu bukan saja karena ras yang berbeda. Akan tetapi bertambahnya usia juga turut menjadikan kucing mempunyai suasana hati berbeda. Suasana hati kucing yang sudah tua cenderung mempunyai penglihatan dan juga pendengaran yang kurang baik serta sering kesakitan akibat terjadinya encok. Beberapa kondisi ini juga akan mempengaruhi suasana hati mereka (kucing). Jika anda melihat keadaan kucing yang tampak terlihat gejala-gejala ini, kucing tersebut mungkin sakit, berusia lanjut atau keduanya. (Baca Juga: Tips Agar Kucing Tidak Stres)

  1. Pola Tidur

Lihatlah cara atau pola tidur pada kucing, sehingga anda bisa menyimpulkan usianya. Kebanyakan kucing pada waktu tidur, dengan seiring bertambahnya usia akan mempunyai posisi berbeda dari usia yang masih muda. Kucing yang masih berusia dua minggu sampai dengan  enam minggu akan lebih normal dan biasa saja. Namun jika kucing telah berusia antara satu tahun hingga lebih, biasanya akan mempunyai posisi lebih lucu dengan banyak gaya.

Demikianlah cara untuk mengetahui umur Kucing, dengan begini Anda sudah bisa memberikan makanan hingga perhatian dengan porsi yang tepat untuk kucing kesayangan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan berikan perhatian penuh pada kucing anda.

, , , ,
Post Date: Friday 31st, August 2018 / 02:07 Oleh :
Kategori : Kucing