Sponsors Link

13 Tips Agar Kucing Betah di Rumah

Sponsors Link

Kucing adalah satu hewan yang sangat cocok untuk dipelihara di rumah. Hewan dengan bulu yang halus ini memiliki karakter yang lucu dan menggemaskan. Sifat manjanya yang tampak imut ini telah berhasil membuat seseorang merasa betah berlama-lama bermain dengan kucing. Namun sayang, kucing cenderung memiliki sifat sensitif terhadap lingkungan yang baru.

ads

Untuk itu kita harus mempersiapkan segala hal yang dapat membuat kucing merasa betah dan tidak berusaha kabur dari rumah. Lalu apa saja cara yang dapat dilakukan agar kucing tak berusaha kabur dan nyaman di rumah?

Nah, mungkin pertanyaan ini yang sedang berada di pikiran Anda. Pada kesempatan kali ini ini, akan dibahas secara jelas dan tuntas mengenai 13 tips agar kucing betah di Rumah. Dengan mempraktikkan hal-hal pada laman ini, anda akan merasakan perbedaannya dan melihat kucing setiap hari dirumah lebih lama.

Tips Agar Kucing Betah di Rumah

  1. Mengenali Bahasa Tubuh Kucing

Dalam memelihara kucing, kita tentunya harus belajar dalam mengenal emosi kucing. Hal tersebut sangat berguna untuk menjalin ikatan dengan kucing. Misalkan, bahasa tubuh kucing yang percaya diri dapat dilihat dari matanya yang lebar, kepala ke depan, punggung sedikit melengkung dan ekor yang tegak. (Baca Juga: Cara Memelihara Anak Kucing dengan Baik)

  1. Mengenali Karakteristik Kucing

Karakter yang dimiliki oleh setiap kucing ini tentunya beragam, ada yang memang sangat pemberani akan tetapi sebagian kucing justru menjadi pemalu. Akan tetapi kalau kucing yang kita miliki berasal dari kucing liar, tentunya kita harus menjinakkannya terlebih dahulu.

  1. Mengenali Kebiasaan Kucing

Untuk mengenali kucing, tentunya kita harus rajin mengamati dan melakukan komunikasi dengan kucing yang kita miliki. Dari seringnya kita berkomunikasi dengan kucing, kita akan mengetahui kebiasaan apa yang sering dilakukan oleh kucing di setiap waktunya, baik kebiasaan baik maupun buruknya.

  1. Membiarkan Kucing Menjelajah

Kucing biasanya senang untuk pergi menjelajah ke tempat-tempat baru. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda tidak terlalu mengekang ruang gerak kucing untuk mengetahui tempat apa yang paling nyaman untuknya. Akan tetapi, Anda juga jangan terlalu membiarkan bebas begitu saja jika kucing tersebut masih dalam tahap pengenalan alias baru di tempat itu, alangkah lebih baik jika di dampingi terlebih dahulu agar tidak tersesat. (Baca Juga: Cara Merawat Kucing Campuran)

  1. Membiarkan Kucing Berkeliling Rumah

Membuat kucing betah di rumah tentunya kita harus mengenalkan lingkungan rumah kepada kucing. Jika kucing telah merasa aman dan nyaman setelah berkeliling rumah, maka besar kemungkinan kucing akan betah di rumah.

  1. Memberi Pakan Yang Teratur

Salah satu yang menyebabkan kucing sering kabur dari rumah yaitu karena kelaparan. Memberikan makanan yang teratur dengan porsi yang tepat tentunya akan meminimalisir kucing mengambil makanan di luar rumah.

  1. Menyediakan Ruang Vertikal

Ruang vertikal dapat dibuat berupa cat tree. Ruang ini dapat menjadi sarana kucing dalam beraktivitas. Bukan menjadi rahasia jika kadang kala kucing memiliki karakter yang lincah. Dengan menyediakan ruang vertikal, maka kita telah menyediakan ruang bermain kucing. Selain ruang vertikal, kita juga dapat menyediakan berbagai fasilitas permainan lain yang dapat digunakan oleh kucing untuk bermain. (Baca Juga: Cara Memelihara Anak Kucing dengan Baik)

Sponsors Link

  1. Menyediakan Litter Box

Tak hanya menyediakan litter box untuk kucing, kita juga harus memastikan litter box dalam kondisi yang bersih. Selain itu, peletakan litter box hendaknya di ruang yang jarang dilewati karena kucing juga membutuhkan privacy.

  1. Melindungi dari Hewan Pengganggu

Seringkali kucing mengalami ketakutan karena adanya hewan pengganggu. Jika anda memelihara hewan lain selain kucing, pastikan hewan tersebut tidak mengganggu kenyamanan kucing. Letakkan kucing pada tempat yang aman dari gangguan apapun. Kucing yang merasa resah dan takut akan sangat mudah kabur dari rumah karena merasa tidak nyaman. Namun akan lebih baik lagi jika berbagai jenis hewan yang berbeda ini saling di kenalkan satu sama lainnya.

  1. Menyediakan Tempat Bersembunyi

Seringkali kucing merasa cemas dan takut. Jika terjadi hal demikian, kucing akan berlari ke tempat yang tersembunyi. Oleh karena itu anda harus menyediakan ruangan tersembunyi jika terjadi hal seperti itu. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Stres Pada Kucing Anggora)

Sponsors Link

  1. Menyediakan Jendela Dengan Pemandangan

Kucing kadang kala juga senang melihat pemandangan luar rumah. Sering kali kucing duduk termenung menatap pemandangan melalui jendela. Memang sederhana saja, akan tetapi untuk tips satu ini bisa membuat kucing sangat bahagia jika apa yang dilihatnya juga menyenangkan.

  1. Bermain Dengan Kucing

Tak hanya memberikan fasilitas seperti permainan dan ruangan khusus. Kucing juga memerlukan kasih sayang dari pemiliknya. Ia sangat senang ketika diajak bermain. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda meluangkan waktu untuk bermain bersama kucing anda atau mengajak kucing jalan-jalan ke luar rumah untuk menghirup udara segar.

  1. Memberikan Kucing Teman Bermain

Sama seperti manusia, kucing adalah makhluk yang juga membutuhkan teman. Anda dapat memberikannya teman atau membiarkan ia bersosialisasi dengan kucing lainnya yang berada di sekitar. (Baca Juga: Cara Memelihara Kucing di Apartemen)

Menyayangi kucing begitu mudah, akan tetapi menjaga agar kucing merasa betah di rumah kita membutuhkan waktu dan perhatian. Maka ada baiknya jika tips agar Kucing betah di Rumah ini bisa menjadi panduan anda.

Karena menjinakkan kucing agar senantiasa dirumah susah-susah gampang, sehingga memerlukan beberapa tips dan trik yang sesuai. Demikian artikel tentang tips bagaimana membuat kucing makin betah dirumah. Semoga dapat membantu anda semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 13th, June 2018 / 02:22 Oleh :
Kategori : Kucing