Sponsors Link

13 Cara Memelihara Anak Kucing dengan Baik

Sponsors Link

Memiliki anak kucing tentu sesuatu yang menyenangkan karena cenderung lebih lucu dan lebih manja, anak kucing lebih mudah diajarkan untuk jinak dan dekat dengan pemiliknya karena ia belum bisa melakukan banyak hal secara mandiri dan lebih banyak membutuhkan majikannya untuk melakukan berbagai aktifitas dan mencukupi kebutuhannya.

ads

Namun tentunya anak kucing harus dirawat dengan tindakan yang lebih ekstra dan lebih hati hati sebab jika salah memberikan gizi atau hal lain akan berpengaruh pada kesehatan dan pertumbuhannya, bagaimana kebiasaan atau karakter kucing tersebut juga merupakan hal yang awalnya dibiasakan sejak ia kecil.

Pada kesempatan kali ini penulis akan menguraikan secara lengkap mengenai 13 cara memelihara anak kucing dengan baik, agar tercapai pertumbuhan dan kesehatan yang terbaik serta mencegah anak kucing dari berbagai penyakit, yuk simak selengkapnya berikut.

1. Kandang yang Nyaman

Berikan kandang yang nyaman untuk kucing kecil yang anda pelihara, berikan kandang dengan alas yang empuk dan luas, letakkan di dalam kandang sekali waktu ketika tidak ada yang mengawasi, jangan terus menerus meletakkannya di kandang karena hal itu akan membuat anak kucing menjadi tidak aktif dan banyak berteriak meminta untuk didekati dan diperhatikan, tempatkan di waktu istirahatnya saja atau ketika sedang tidak ada yang mengawasi. (Baca juga mengenai cara mengobati penyakit kulit pada kucing anggora).

2. Kebersihan Tubuh

Jaga kebersihan tubuh anak kucing dengan rutin memandikannya sekaligus mengajarkannya terbiasa untuk dimandikan, mandikan anak kucing dnegan air hangat yang bersih dan jangan menggosok tubuhnya dengan keras, jika anak kucing belum memungkinkan untuk dimandikan, cukup berikan ia air hangat dan basuh dengan waslap yang bersih. (Baca juga mengenai cara mengobati flu pada kucing anggora).

3. Pemenuhan Gizi

Cukupi kebutuhan gizi anak kucing, anak kucing umumnya mendapatkan makanan yang lebih ringandan bertekstur lembut untuk memudahkannya menelan, berikan dengan porsi yang sesuai dengan umur dan kebutuhannya, jika anda melihatnya kesulitan menelan dapat membantunya dengan menyuapinya dan memberinya makan sedikit tapi sering. (Baca juga mengenai cara menghilangkan bau pada kucing anggora).

4. Susu Tambahan

Berikan susu khusus untuk anak kucing yang tidak mengandung glukosa atau tidak mengandung gula, anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko keperluan hewan, berikan air susu berdampingan dengan air putih secara bergantian agar ia terbiasa minum keduanya, jika ia kesulitan minum, berikan ia dot kecil khusus anak kucing yang kini juga sudah banyak tersedia di toko keperluan hewan. (Baca juga mengenai cara membuat kucing nafsu makan).

5. Perhatian

Anak kucing cenderung lebih aktif dan lebih senang dekat dengan manusia, terlebih jika ia jauh dari ibunya sejak kecil, berikan perhatian ekstra pada anak kucing dengan mengelus tubuhnya ketika ia mendekat dan memberinya respon ketika ia mengajak bermain, anak kucing yang kurang perhatian akan mudah stress dan mudah menjadi kucing yang agresif ketika ia dewasa nanti, biasakan ia dengan kasih sayang sejak kecil. (Baca juga mengenai cara menjinakkan kucing penakut).

Sponsors Link

6. Permainan

Sediakan permainan yang baik untuk perkembangannya seperti permainan yang mengejar bola atau menggigit sesuatu yang ringan, berikan mainan yang aman yang tidak menyakitinya dan tidak terlalu berat untuknya. Sediakan mainan tersebut di dekat kandangnya atau di tempat yang ia bisa jangkau sewaktu waktu.

7. Ajarkan Cara Buang Air

Ajarkan anak kucing untuk bisa buang air dengan cara meletakkannya di kotak pasir yang tersedia setiap kali selesai makan atau di jam jam ia biasa buang air, dengan demikian ia akan paham apa yang harus ia lakukan dan kemana ia harus menuju ketika ia ingin buang air, jangan lupa jaga kebersihan dengan rutin mengganti kotak pasir.

ads

8. Vitamin

Vitamin yang penting untuk anak kucing ialah vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan bulu dan menambah nafsu makan, umumnya vitamin tersebut sudah memiliki kandungan pula sebagai peningkat daya tahan tubuh, berikan vitamin yang tepat sesuai dengan konsultasi atau anjuran dokter hewan, baik itu vitamin kemasan atau vitamin dari bahan alami.

9. Vaksin

Perhatikan kebutuhan vaksin apa saja yang harus dijangkau dan dimiliki oleh anak kucing, vaksin penting untuk pencegahan penyakit dan penting untuk kesehatannya di masa ia dewasa, konsultasikan dengan dokter hewan mengenai vaksin apa saja yang terbaik untuknya dan sudah masanya ia dapatkan, berikan dengan lengkap.

10. Sinar Matahari

Sinar matahari memiliki manfaat yang amat baik untuk kebugaran tubuh dan kesehatan bulu kucing, sinar matahari yang baik ialah sinar matahari pagi yang masih hangat dan belum terik. Dekatkan anak kucing dengan sinar matahari pagi yang sehat secara rutin agar ia mendapatkan kebugaran dan kesegaran tubuh. Lakukan sambil mengajak anak kucing bermain atau lakukan setelah membersihkan tubuhnya dengan air hangat.

11. Jam Tidur

Anak kucing memiliki kebutuhan tidur yang lebih banyak daripada kucing dewasa, namun ketika ia merasa kesepian atau kelaparan ia menjadi lebih susah tidur dan ingin mendapat perhatian, pastikan anak kucing tercukupi segala kebutuhannya agar ia bisa tidur dengan nyenyak dan bisa mendapatkan waktu istirahat yang mencukupi.

12. Batasi Pergaulan

Jangan biarkan anak kucing bermain ke luar rumah sendirian terlalu jauh atau berdekatan dengan hewan lain yang lebih dewasa, ia menjadi mudah ketakutan atau mudah disakiti oleh hewan lain, awasi ketika ia bermain di luar dan pastikan ia bermain di tempat yang bersih, jangan biarkan ia berlari di sembarang tempat terutama di air yang kotor atau di tempat yang dekat dengan sampah.

13. Teman Bermain

Anak kucing akan jauh lebih senang jika ia memiliki teman seumuran untuk bermain, jika memungkinkan, anda bisa memelihara lebih dari satu kucing yang seumuran agar mereka bisa bermain bersama dan meminimalisir rasa bosan. Ketika anda berada dalam kesibukan lain pun anak kucing tetap bisa bermain dan mendapat hiburan karena ia memiliki teman, anda tidak meninggalkannya dalam kesepian sehingga anak kucing akan lebih aktif dan lebih sehat.

Demikian artikel kali ini, semoga mudah dipahami dan dapat diterapkan dalam perawatan hewan kesayangan anda sehari hari, jangan lupa selalu perbarui informasi anda mengenai dunia hewan dan perawatannya dengan membaca artikel artikel terbaru di website  kami. Terima kasih sudah membaca, salam hangat dari penulis.

 

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 11th, June 2018 / 13:01 Oleh :
Kategori : Kucing