Sponsors Link

13 Cara Memelihara Kucing di Apartemen

Sponsors Link

Kucing ialah hewan peliharaan yang bisa ditempatkan dimana saja asal memiliki lingkungan yang bersih, cukup sinar matahari, dan memiliki tempat bermain alami yang luas.

ads

Sebagai hewan yang aslinya memang berasal dari alam liar, kucing tentunya akan merasa stress ketika ia terus menerus ditempatkan di dalam rumah walaupun rumah tersebut penuh kenyamanan dan kemewahan.

Sekali waktu ia tetap menginginkan suasana alam dan melihat udara segar, lalu bagaimana jika ada pemilik kucing yang tinggal di area tertutup seperti di apartemen? Rumah bertingkat yang memang nyaman tersebut jika tidak disertai dengan suasana alami akan tetap membuat kucing merasa stres dan menjadi mudah sakit.

Sebab itu perlu diperhatikan 13 cara memelihara kucing di apartemen berikut yang bisa diterapkan dalam perawatan kucing sehari hari sehingga kucing tetap terpenuhi kebutuhannya akan alam dan terhindar dari stress. Berikut selengkapnya.

1. Lingkungan yang Kering

Untuk memberikan kenyamanan pada kucing yang dipelihara di apartemen, lingkungan tempat kucing itu tinggal tentunya harus berada dalam kondisi kering dan bersih agar kucing tidak mudah terkena jamur, letakkan kucing di area yang nyaman lengkap dengan tempat makan dan buang air, lindungi kucing dari tempat yang bisa dilompati seperti jendela yang terbuka agar keamanannya terjamin. (Baca juga mengenai cara mengobati penyakit kulit pada kucing anggora).

2. Sinar Matahari

Apartemen umumnya memiliki area yan memungkinkan pemiliknya bisa melihat pemandangan luar dengan bebas dan menjadi tempat cahaya matahari masuk. Kucing tetap membutuhkan sinar matahari sebagai vitamin alami untuk kesehatan bulunya. Sering sering tempatkan ia disana ketika pagi hari dan setidaknya seminggu dua kali ajak ia keluar apartemen untuk bertemu sinar matahari pagi langsung yang sehat. (Baca juga mengenai cara mengobati flu pada kucing anggora).

3. Area Bermain

Pastikan anda menyiapkan area bermain untuk kucing, kucing yang tinggal di apartemen tentunya mudah bosan sebab selalu berada di ruangan dan melihat hal yang sama sepanjang waktu, berikan ia mainan yang bervariasi agar ia tidak bosan dan bisa mengalihkan perhatian dengan mainannya ketika sedang bosan dengan sekitarnya. (Baca juga mengenai cara menghilangkan stres pada kucing anggora).

4. Waktu Penjemuran

Setidaknya perhatikan waktu untuk menjemur kucing secara langsung di sinar matahari pagi, jika memungkinkan jendela dibuka dan kucing masih bisa diawasi dan masih berada dalam kondisi aman, lakukan setiap pagi agar tubuhnya terasa bugar dan sehat, jika tidak memungkinkan, dapat dilakukan di luar apartemen sekaligus ketika mengajaknya jalan jalan. (Baca juga mengenai cara membuat kucing nafsu makan).

Sponsors Link

5. Teman

Jika memungkinkan, berikan kucing anda teman berupa kucing yang seumuran untuk temannya bermain dan melakukan berbagai aktifitas harian, terlebih jika anda termasuk pekerja sibuk yang sedikit sekali menghabiskan waktu di rumah, kucing membutuhkan teman untuk bermain, jika ia terus berada dalam kesendirian dan tidak memiliki teman bermain, ia akan mudah stress. (Baca juga mengenai cara mengatasi kucing rewel).

6. Suasana Alam

Secara berkala dekatkan kucing dengan suasana alam yang memiliki pepohonan dan rindang agar ia bisa melepas stress dan bisa menikmati alam yang indah, jangan letakkan ia terus menerus di dalam apartemen tanpa mengajaknya jalan jalan ke alam, hal itu akan meningkatkan rasa bosan dan memudahkan stress datang menghampirinya.

ads

7. Perhatian

Berikan perhatian dengan mengajaknya bermain bersama kapan saja anda memiliki waktu agar kucing anda tidak jenuh, ajak bermain dengan cara yang ringan seperti bermain bola atau menggelitiki tubuhnya, jangan lupa rangsang keaktifannya dengan memberinya permainan yang membuatnya banyak bergerak atau melompat.

8. Kecukupan Gizi

Apartemen umumnya memiliki cuaca yang dingin, kucing akan cenderung mudah dingin dan merasa lebih sering lapar, pastikan makanan dan minumannya selalu tersedia sehingga ia tidak mencari cari makan ketika sedang kelaparan. Sediakan di tempat yang bersih yang bisa dijangkau dan pastikan air yang diberikan adalah air yang matang.

9. Suasana Hangat

Dekatkan kucing dengan suasana keluarga, misalnya di malam hari ketika anda berkumpul bersama keluarga ajak dia untuk turut bersama agar ia bisa bermain dan merasa memiliki banyak teman, dengan demikian kucing akan merasa lebih senang dan tidak merasa kesepian, hal itu juga akan membuat kucing menjadi lebih jinak.

10. Jam Tidur

Perhatikan jam tidur kucing, pastikan bahwa ia memiliki waktu yang seimbang antara tidur dan bermain,umumnya di suasana dingin kucing akan menjadi malas bergerak dan menjadi lebih banyak tidur, hal itu dapat membuat tubuhnya obesitas dan kesehatannya terganggu serta keaktifannya berkurang, ajak dia untuk tetap mau bergerak.

11. Kebersihan Tubuh

Berada di apartemen yang bersih bukan berarti mengabaikan kebersihan tubuhnya, kucing harus tetap dimandikan untuk mengangkat kotoran di kulit dan sela sela bulunya, mandikan kucing secara langsung atau di salon khusus secara rutin dan tetap sisir bulunya setiap hari agar bulunya tetap bagus dan tidak menggumpal, kucing yang jarang disisr walaupun berada di tempat bersih akan membuat bulunya menjadi mudah rontok dan mudah lembab.

12. Waktu Jalan Jalan

Setidaknya seminggu sekali ajak kucing untuk jalan jalan ke luar apartemen, jika lokasi sekitar apartemen terdapat area taman untuk bersantai, ajak kucing untuk menuju kesana dan bermain, lakukan di pagi hari ketika suasana matahari masih hangat, kucing akan merasa senang dan terhibur karena disana ia bisa melihat dunia luar dan bermain di alam luar dengan bebas, juga terhibur ketika bertemu dengan kucing atau hewan lain yang juga jalan jalan.

13. Perhatikan Keinginan

Perhatikan keinginan kucing yang berhubungan dengan kebutuhan alaminya, misalnya ialah di saat musim kawin berikan ia pemenuhan untuk berkawin agar ia tidak stress dan bisa mendapat kebutuhan alaminya, cara itu bisa diterapkan dengan memberinya teman sekaligus mengembang biakkannya atau dnegan mengkawinkan dengan kucing lain. Perhatikan tanda tanda tersebut, selain itu juga perhatikan jika kucing memiliki tanda tanda sakit atau stress, segera berikan dan atasi sesuai apa yang dibutuhkan.

Demikian artikel kali ini, semoga mudah dipahami dan dapat diterapkan dalam perawatan hewan kesayangan anda sehari hari, jangan lupa selalu perbarui informasi anda mengenai dunia hewan dan perawatannya dengan membaca artikel artikel terbaru di website  kami. Terima kasih sudah membaca, salam hangat dari penulis.

 

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 11th, June 2018 / 13:11 Oleh :
Kategori : Kucing