Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Kucing Rewel Agar Lebih Tenang

Sponsors Link

Dear sobat pembaca yang saya cintai.. pernahkan anda merasakan atau menemui kucing yang tiba tiba mengeong secara berlebihan atau rewel karena hal hal tertentu, seperti ingin diperhatikan atau merasakan sesuatu yang tidak nyaman? Hal tersebut merupakan cara mereka untuk berkomunikasi dengan manusia yang menjadi pemiliknya, namun terkadang hal tersebut membuat kita menjadi merasa terganggu.

ads

Tentu hal tersebut membuat anda merasa heran dan takut jika terjadi sesuatu pada kucing anda. nah sobat, jika hal tersebut terjadi pada kucing anda, jangan khawatir, ada cara cara untuk mengatasinya yang akan penulis jelaskan pada artikel kali ini, yaitu mengenai 13 cara mengatasi kucing rewel agar lebih tenang, yuk simak uraian lengkapnya.

1. Pahami Penyebabnya

Kucing yang rewel atau mengeong secara berlebihan umumnya karena ia ingin diperhatikan, anda wajib memahami terlebih dulu dengan memperhatikan sika yang ditimbulkannya. Misalnya ialah ketika ia rewel saat akan berpisah dengan anda, artinya ia ingin lebih lama bersama anda, ingin diperhatikan, dan ingin bermain bersama lebih banyak lagi. (Baca juga mengenai cara menjinakkan kucing penakut).

Jika ia mengeong dan terus memandang tempat makannya mungkin ia merasa lapar dan ingin anda memberinya makan dan minum. Jika ia mengeong sambil mengusapkan kepalanya atau kakinya di tubuh anda artinya ia ingin diajak bermain dan ingin dimanja oleh anda, pahami terlebih dahulu penyebabnya.

2. Jangan Membentaknya

Jika kucing anda rewel dan terus mengikuti anda, maka yang harus anda perhatikan ialah anda tidak boleh membuatnya merasa takut dengan membentaknya, hal itu tidak akan menyelesaikan masalah, hanya akan membuatnya menjadi penakut. Atau bisa juga kucing menganggap bahwa bentakan anda adalah tanda bahwa anda setuju sehingga ia akan terus mengeong dan rewel. (Baca juga mengenai cara mengatasi kucing suka menggigit).

3. Periksa Kesehatan

Periksa kondisi kesehatannya, mungkin ia menjadi rewel karena merasa sesuatu yang tidak nyaman terjadi pada tubuhnya. coba angkat dan perhatikan seluruh tubuhnya, usapkan seluruh tubuhnya secara lembut, jika ada bagian yang ia merasa tidak nyaman atau menghindar ketika disentuh tandanya ia merasa sakit di bagian tersebut.  (Baca juga mengenai cara memanjangkan bulu kucing secara alami).

4. Pastikan Kucing Tidak Stres

Periksa juga apakah kucing tersebut merasa stres, jika ia mengeong dalam waktu tertentu dan terkadang ia menghindar dan tidak mau bermain atau nafsu makannya berkurang, kemungkinan ia rewel karena stres. Anda sebagai pemilknya wajib memberikan perhatian dan kasih sayang yang lebih untuknya. (Baca juga mengenai vitamin untuk kucing sakit).

Sponsors Link

5. Ajak Jalan Jalan

Coba hentikan kebiasaan rewelnya dengan mengajaknya jalan jalan di sekitar rumah, kucing bisa menjadi rewel ketika ia dalam kondisi bosan dan jenuh. Ia menjadi lebih aktif karena ingin diperhatikan dan ingin melakukan hal yang baru. Terlebih jika kucing anda selalu berada di dalam rumah, tentu ia akan merasa bosan dan ingin keluar rumah. (Baca juga mengenai vitamin bulu kucing).

6. Rutin Menemani

Jauhkan kucing dari rasa kesendirian yang bisa membuatnya stres dan rewel, berikan waktu lebih banyak untuk menemaninya atau memberikan teman kucing lain yang semumuran dengannya untuk bisa menjadi teman mainnya dan teman dalam rutinitas sehari harinya, umumnya kucing yang memiliki teman akan jauh dari rewel dan lebih menyenangkan karena ia jauh dari stres dan kesepian.

ads

7. Berikan Mainan

Jika ia terus menerus rewel dan mengikuti anda, alihkan dengan memberikan mainan agar ia menjadi sibuk dan mengubah perhatian kepada mainan tersebut. ajak juga ia bermain dengan mainan yang anda berikan agar ia merasa diperhatikan dan mengurangi rewelnya, lakukan terus hingga ia senang dan istirahat karena ia lelah bermain,

8. Jamin Kebutuhan Nutrisi dan Cairannya

Kucing yang rewel terkadang memang terjadi karena ia lapar, ia menjadi lebih aktif dan terus mengikuti manusia. perut lapar tentunya akan menjadi kondisi yang tidak nyaman untuknya sebab ia menjadi susah tidur dan tidak punya energi untuk bermain, beri kecukupan kebutuhan akan nutrisi dan cairannya agar ia tenang dan tidak rewel.

9. Abaikan Sekali Waktu

Jika segala kebutuhan telah anda penuhi namun ia tetap saja rewel, maka sekali waktu acuhkan saja teriakannya agar ia tidak menjadi kucing yang manja dan terlalu berlebihan diperhatikan pemiliknya. Abaikan ia dan biarkan ia bermain sendiri, sehingga lama kelamaan ia akan sadar bahwa ia tidak harus bersama anda atau tidak harus diperhatikan terus menerus oleh anda.

10. Beri Perawatan yang Nyaman

Berikan segala perawatan yang ternyaman untuknya, mulai dari memandikannya dengan shampo yang paling cocok untuknya, menu makanan yang bervariasi, serta ruangan yang nyaman. Terkadang kucing rewel karena merasa tidak nyaman dengan fasilitas yang diberikan padanya sehingga membuatnya rewel dan ingin mendapatka perawatan yang lain yang lebih disukainya.

11. Lindungi dari Rasa Takut

Kucing peliharaan terlebih yang masih kecil memang memiliki rasa takut yang lebih besar terlebih jika sejak kecil ia tidak bersama induknya, ia menganggap bahwa pemiliknya adalah induknya dan ia rewel sebagaimana anak kecil yang rewel pada ibunya. Atasi dengan cara melindunginya dari kucing kucing yang lebih besar dan membuatnya takut atau dari lingkungan luar yang masih asing untuknya.

12. Dekatkan dengan Keluarga

Dekatkan kucing anda yang rewel dengan aktifitas keluarga  agar ia merasa tenang dan memiliki banyak teman, hal tersebut juga akan membiasakannya untuk mandiri karena melihat secara langsung bahwa manusia memiliki aktifitas masing masing namun tetap memberikan waktu untuknya dan tetap memberikan perawatan yang terbaik.

13. Tempatkan di Lingkungan yang Sejuk

Lingkungan yang panas dapat membuat kucing merasa gerah dan stres hingga ia rewel dan merasa stres. Berikan ia lingkungan yang tenang dan suhu yang sejuk agar ia terhindari dari panas dan terhindar dari stres akibat lingkungan yang tidak nyaman. Jangan lupa untuk menemaninya dan mengajaknya bermain agar ia tenang dan jauh dari rewel.

Demikian artikel kali ini.  Semoga bermanfaat untuk sobat semua yang sudah membaca. Jangan lupa selalu baca artikel di website kami agar sobat selalu memiliki ilmu dan pengetahuan yang luas mengenai dunia hewan ternak dan hewan peliharaan. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya. Salam hangat ^^

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Tuesday 08th, May 2018 / 16:11 Oleh :
Kategori : Kucing