Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Rumah

Sponsors Link

Bagi manusia, pindah  ke tempat atau rumah baru mungkin adalah hal yang biasa dan bukan menjadi masalah yang besar. Namun bagaimana dengan kucing kesayangan kita yang ikut kita bawa pindah ke rumah baru?. Tidak sedikit kucing yang sulit beradaptasi dengan lingkungan yang baru sehingga rentan membuat mereka stres dan berkurang selera makannya.

ads

Sebab itu kita wajib memahami bagaimana cara mengatasinya agar tidak berpengaruh pada kesehatannya. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengurangi stres dan membantunya beradaptasi, simak uraian lengkapnya dalam artikel berikut, 13 cara mengatasi kucing stres karena pindah rumah.

1. Jangan Mengurung di Dalam Kandang

Ketika baru saja pindah ke tempat baru, kucing butuh waktu untuk mengenal lingkungan sekitar dari segi wilayah dan bau di sekitarnya. Biarkan ia lepas dari kandang namun tetap berada di dalam rumah agar ia bisa melihat keadaan sekitar dan beradaptasi, jika ia berada di dalam kandang dalam ruangan yang ia belum kenal sepenuhnya ia akan merasa seperti dikurung dan menjadi ketakutan. (Baca juga mengenai tanda kucing depresi)

2. Sempatkan Waktu Untuk Menemaninya

Jangan terlalu lama membiarkannya sendirian, sempatkan waktu anda untuk menemaninya agar ia tidak merasa kesepian dan tidak merasa asing ketika berada di tempat yang baru tersebut. menemaninya akan membuat ia merasa aman karena berada di tempat yang baru bersama orang yang ia kenal, sehingga ia terhindar dari ketakutan. (Baca juga mengenai cara agar kucing mau makan).

3. Gunakan Perlengkapan Seperti di Rumah Lama

Gunakan berbagai perlengkapan seperti tempat tidur, mainan, dan semua yang ia gunakan di tempat lama ke rumah yang baru. Dengan demikian ia akan sedikit tenang karena masih ada lingkungan yang sama seperti lingkungan lama, tidak semuanya berubah dengan tiba tiba. Dekatkan ia dengan barang barangnya yang lama.  (Baca juga mengenai cara mengobati kucing terkilir).

4. Kenalkan dengan Tempat yang Baru

Ajak ia berkeliling dengan berjalan jalan di rumah yang baru, diawali dari area dalam rumah terlebih dahulu, mulai dari kamar kamar hingga bagian belakang seperti dapur dan kamar mandi. Berikan pula informasi dan latih untuk melakukan aktifitas di rumah yang baru, seperti tempat untuk makan, buang kotoran, dan bermain. (Baca juga mengenai cara mengatasi wasir pada kucing).

5. Ajak Jalan Jalan di Sekitar Rumah

Kenalkan juga ia dengan lingkungan di sekitar rumah, ajak ia jalan jalan di halaman rumah dan sekitarnya agar ia memahami arah jalan dan mengetahui gambaran luar dan dalam dari rumah baru yang ditempatinya, sehingga ketika nantinya ia berjalan jalan di luar rumah ia tidak kebingungan dan bisa kembali dengan mudah. (Baca juga mengenai cara mengatasi kucing suka menggigit).

Sponsors Link

6. Jangan Biarkan di Luar Rumah Sendirian

Di tempat yang baru, tentu kucing belum mengenal lingkungan sekitarnya, jangan biarkan ia berada di luar rumah sendirian yang dapat membuatnya bepergian jauh dan bingung akan jalan pulang. Kondisi kebingungan akan membuat ia stres, jika membiarkannya bermain di luar rumah, tetap lakukan pengawasan dan awasi agar ia tidak lepas secara bebas.

7. Berikan Perawatan yang Nyaman

Berikan segala yang dibutuhkannya dengan nyaman dan sesuai dengan yang disukainya, mulai dari runagan untuk tidur, teman bermain, mainan, makanan, dan semua keperluan hariannya. Perawatan yang nyaman akan membuatnya tenang dan jauh dari stres. Jangan biarkan ia mendapat sesuatu yang ia tidak suka, sebab hal tersebut akan membuatnya menjadi stres dan berkurang nafsu makannya.

ads

8. Lindungi dari Bising

Tinggal di lingkungan yang baru tentu membutuhkan suasana yang tenang, cara mengatasi kucing stres karena pindah rumah ialah dengan cara melindungi dari segala penyebab bising yang bisa membuatnya bingung dan tegang. Letakkan ia di dalam rumah yang jauh dari suasana bising serta memiliki ruangan yang sejuk, sehingga ia bebas dari cuaca panas yang juga bisa membuatnya stres dan rontok bulunya.

9. Jauhkan dari Kucing Liar

Kucing memiliki aluri alami sebagai pelawan satu sama lain, kucing yang tidak saling mengenal umumnya akan bertengkar setiap kali bertemu, untuk sementara waktu hingga ia mampu beradaptasi. Sebab di tempat yang baru ketika ia masih stres dan belum sepenuhnya beradaptasi, ia memiliki rasa percaya diri yang kurang dan ketika ia bertemu kucing yang sudah lama tinggal di wilayah tersebut terlebih kucing liar, ia akan merasa tegang dan ketakutan.

10. Jaga Kesehatan

Pastikan ia memiliki kesehatan yang memadai dan terlindung dari penyakit, hal itu dapat diakukan dengan cara memberinya perawatan terbaik seperti memandikan hingga bersih dan memberi gizi serta mainan yang menyenangkan untuknya. Kondisi stres ditambah dengan kesehatan yang buruk tentu akan membuatnya semakin stres dan sulit bebradaptasi, sebab jamin agar ia mendapat kesehatan yang terbaik.

11. Ajak Bermain

Hilangkan rasa stres yang dirasakan oleh kucing anda dengan mengajaknya bermain, ajak ia bermain agar ia menjadi kucing yang kembali aktif dan riang seperti ketika berada di rumah yang lama. Bermain membuat kucing merasa nyaman dan membuat ia lupa akan stres yang dialaminya karena merasa memiliki rutinitas yang sama seperti sebelumnya ketika berada di rumah yang lama.

12. Dekatkan dengan Keluarga

Dekatkan kucing dengan aktifitas keluarga agar ia tidak merasa kesepian dan tidak merasa ketakutan atau asing terus menerus dengan lingkungan sekitar. Dengan berada di sekitar manusia yang ia kenal, ia akan merasa tenang dan berkurang rasa stresnya. Lama kelamaan ia akan terbiasa dan bisa hidup sebagaimana di lingkungan yang lama.

13. Cegah dari Rasa Takut

Hindarkan kucing dari rasa takut, jika ia terus menerus mengikuti anda atau keluarga anda dan terlihat tidak nyaman atau sering mengenong ketika ditinggalkan sendirian, artinya ia masih takut dan asing dengan keadaan sekitarnya. Sebab itu temani ia terlebih dahulu dan biarkan ia berkeliling rumah hingga ia merasa tenang dan berani ditinggal sendirian. Lakukan seluruh langkah yang telah dijelaskan dengan bertahap agar ia bebas stres dan segera beradaptasi di tempat yang baru.

Demikian artikel kali ini.  Semoga bermanfaat untuk sobat semua yang sudah membaca. Jangan lupa selalu baca artikel di website kami agar sobat selalu memiliki ilmu dan pengetahuan yang luas mengenai dunia hewan ternak dan hewan peliharaan. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya. Salam hangat ^^

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Tuesday 08th, May 2018 / 15:10 Oleh :
Kategori : Kucing