Sponsors Link

10 Cara Merawat Kucing Campuran

Sponsors Link

Memiliki kucing dengan tipe campuran yakni perpaduan antara kucing ras tertentu dengan kucing ras lain seperti kucing kampung atau khas Jawa adalah sesuatu yang unik, ia memiliki tubuh yang lucu dan tingkah yang juga berpadu antara sifat kucing ras tertentu dengan sifat kucing jawa yang cenderung lebih aktif.

ads

Umumnya sistem perkawinan akan lebih diperketat agar tidak menghilangkan ciri khusus dari ras pendampingnya, sedangkan untuk merawat kucing campuran tentunya diperlukan ketelatenan dan perhatian agar memiliki bulu yang indah dan tubuh yang gemuk, caranya yakni sebagai berikut, 10 cara merawat kucing campuran.

1. Kebersihan Tubuh

Kucing campuran memiliki bulu yang indah dan unik yang merupakan perpaduan antara 2 ras, kebersihan tubuh kucing perlu dijaga agar keindahannya terjaga. Jaga kebersihan tubuh kucing campuran dengan memandikannya secara rutin setidaknya 2 minggu sekali dengan air hangat dan sabun khusus kucing.

Jangan lupa untuk mengeringkan bulunya secara total agar bersih maksimal dan tidak dihinggapi jamur dan terhindar dari penyakit. Penjemuran langsung dengan sinar matahari juga baik untuk kesehatan bulu dan kebudaran tubuhnya. (Baca juga mengenai cara mengobati penyakit kulit pada kucing anggora).

2. Perawatan Kesehatan

Lakukan pemeriksaan kesehatan di dokter hewan setidaknya setiap enam bulan sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan dan kondisi fisiknya secara keseluruhan, lakukan vaksinasi dan segala yang diperlukan sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter hewan. Rutin memeriksakan kucing campuran ke dokter hewan akan mencegah berbagai penyakit dan mengetahui secara dini jika terjadi suatu permasalahan kesehatan atau dalam tumbuh kembangnya. (Baca juga mengenai cara mengobati flu pada kucing anggora).

3. Pemenuhan Gizi

Cukupi gizi dan kebutuhan cairan kucing campuran. Berikan air putih matang dan secara berkala berikan susu yang tanpa gula yang khusus untuk kucing, selalu sediakan air jangan sampai ia dehidrasi. Berikan pula makanan yang bergizi yang berasal dari bahan yang matang dengan menu yang bervariasi, misalnya perpaduan antara dry food dan wetfood dan makanan olahan langsung seperti daging yang dikukus, berikan secara bergantian agar ia tidak bosan dan memiliki kecukupan akan kebutuhan gizinya. (Baca juga mengenai cara menghilangkan stres pada kucing anggora).

4. Batasi Pergaulan

Awasi pergaulan kucing campuran anda, jangan biarkan terlalu sering ebrada di luar rumah atau bermain dengan kucing liar dan bermain di tempat yang kotor. Kucing campuran tetap wajib mendapat perawatan yang maksimal dengan ditempatkan di lingkungan yang bersih serta dijauhkan dari hewan yang berpotensi menularkan penyakit. Berikan ia tempat khusus untuk bermain di luar rumah misalnya di taman rumah dengan tetap diawasi agar ia tidak keluar rumah terlalu jauh dan bermain di tempat tempat yang tidak bersih. (Baca juga mengenai cara menghilangkan bau pada kucing anggora).

5. Perhatian

Perhatian dan kasih sayang amat dibutuhkan oleh kucing jenis appaun termasuk kucing campuran, kucing campuran akan mengerti siapa majikan yang menyayanginya dan ia juga akan membalas dengan kasih sayang yang sama yakni dengan kedekatan dan kemanjaannya. Berikan perhatian dengan cara menghampirinya kapan saja anda memiliki waktu untuknya dan mengajaknya bermain bersama, di malam hari ketika anda berkumpul dengan keluarga ajak serta ia untuk bergabung agar ia merasa nyaman dan jauh dari kesepian atau stress. (Baca juga mengenai penyakit pada kucing anggora).

Sponsors Link

6. Keturunan

Jika anda ingin mengembangbiakkan kucing anda dnegan tetap mempertahankan ciri khasnya, ada baiknya anda mengkawinkannya dengan jenis kucing tertentu sehingga ciri khasnya tidak hilang dan tetap memiliki keunikan, rencanakan masa kehamilan yang terbaik untuknya dan berikan ia pasangan yang tepat serta berikan perawatan dan gizi yang terbaik selama masa kawinnya.

7. Latihan

Ajarkan ia berbagai hal yang baik seperti waktunya makan dan minum, tempat dimana ia tidur, tempat dimana ia boleh buang air, dan sebagainya, ajarkan sejak kecil atau sejak anda memeliharanya agar ia terbiasa dengan kerapian dan keteraturan. Kucing campuran lebih mudah dilatih jika ia dibiasakan dan dilatih dengan kasih sayang.

ads

8. Vitamin

Berikan vitamin yang bermanfaat untuk perkembangan tubuh kucing, mulai dari vitamin untuk menambah nafsu makan, untuk menjaga daya tahan tubuh, dan untuk kesehatan bulunya. Minta saran dari dokter hewan mengenai vitamin yang terbaik untuknya dan berikan dengan dosis yang telah ditetapkan.

Vitamin yang baik untuk kucing campuran diantaranya ialah vitamin B komplek yang baik untuk daya tahan tubuhnya dan mampu meningkatkan nafsu makan kucing campuran. Perhatikan riwayat penyakit atau riwayat kesehatan yang sebelumnya pernah diderita dan berikan pencegahan dnegan memberinya vitamin yang meningkatkan kesehatannya.

9. Vaksin

Berikan vaksin untuk kucing campuran sejak ia kecil dengan cara berkonsultasi dengan dokter hewan mengenai vaksin apa saja yang perlu diberikan untuk kucing campuran, misalnya vaksin untuk mencegah cacingan, tetanus, dan berbagai penyakit lainnya. Vaksin penting untuk kucing sebab berfungsi sebagai pertahanan dan pencegahan yang efektif dari berbagai penyakit.

Vaksin di dokter hewan dapat diberikan secara terjadwal dan terkadang setelah penyuntikan memiliki dampak tertentu seperti tubuhnya yang terasa sedikit kurang sehat karena reaksi dari vaksin yang diberikan, namun hal tersebut bukan masalah sebab tetap memberikan dampak baik untuk ke depannya. Setalah vaksin dilakukan tetap berikan makan dan minum sesuai kebutuhannya sehari hari yang dibutuhkannya.

10. Perawatan Bulu dan Kuku

Lakukan perawatan untuk kesehatan bulu kucing campuran dengan segala perawatan yang terbaik seperti menyisir bulunya setiap hari dan melakukan grooming secara berkala. Sisir dengan sisir khusus kucing sambil emmeprhatikan perkembangan bulunnya dan kesehatannya serta kesehatan kulitnya, pastikan bulunya lebat, halus, dan tidak memiliki masalah.

Lakukan perawatan pula dengan memotong bulu yang tidak perlu seperti bulu yang terlalu panjang di sekitar area kelaminnya agar tidak mengganggu, bersihkan pula kuku kucing campuran setiap kali selesai ia mandi, bebaskan dari segala jenis kotoran yang berada di kukunya dengan lembut agar tidak menggumpal dan menyebabkan penyakit, lakukan secara rutin agar tercapai kesehatan dan keindahan pada kucing campuran anda.

Demikian artikel kali ini, semoga mudah dipahami dan dapat diterapkan dalam perawatan hewan kesayangan anda sehari hari, jangan lupa selalu perbarui informasi anda mengenai dunia hewan dan perawatannya dengan membaca artikel artikel terbaru di website  kami. Terima kasih sudah membaca, salam hangat dari penulis.

 

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 11th, June 2018 / 12:50 Oleh :
Kategori : Kucing