Sponsors Link

15 Cara Menggemukan Anjing Kampung

Sponsors Link

Anjing kampung atau disebut juga dengan anjing mongrel atau anjing campuran dari banyak jenis anjing ras tertentu tidak bisa ditelusuri jenisnya yang biasanya dipelihara sebagai anjing penjaga rumah, anjing pemburu dan juga untuk menjaga ternak atau kebun. Anjing jenis ini mempunyai harga yang paling murah dan juga paling mudah dari segi perawatannya.

ads

Akan tetapi dari segi kepintaran dan kesetiaan, anjing kampung juga tidak kalah dengan ras anjing lainnya asalkan dirawat dengan penuh kasih sayang seperti contohnya dari pemberian makan. Semua jenis anjing harus selalu dipelihara dengan baik serta diperhatikan dari segi gizi agar tampilan tubuhnya tidak terlihat kurus dan terhindar dari banyak jenis penyakit.

Untuk anda yang ingin membuat anjing terlihat lebih gemuk, berikut ini kami punya beberapa cara menggemukan anjing kampung yang bisa anda lakukan dengan mudah di rumah.

  1. Berikan Jadwal Makan Baru

Tidak seperti manusia, anjing memiliki metabolisme dan juga cara memproses makanan yang berbeda meski konsepnya hampir serupa. Sebagai contoh, jika seseorang makan beberapa jam sebelum tidur, maka penambahan berat badan akan mungkin terjadi karena akan lebih banyak nutrisi yang tersimpan sebagai lemak.

Cara ini juga bisa dilakukan untuk menggemukan anjing kampung peliharaan anda sekaligus cara mengatasi anjing susah makan. Apabila anjing makan dua kali sehari, maka pertimbangkan untuk memberi porsi yang lebih sedikit di pagi hari dan lebih banyak di malam hari supaya tubuh anjing bisa menyimpan lemak ketika tidur dan bukan dibakar kembali menjadi energi.

  1. Berikan Makanan Kecil

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menambah berat badan anjing adalah dengan memberikan makanan kecil untuk anjing. Dengan memisahkan makanan harian dengan makanan ringan yang diberikan di sela sela jam makan, maka akan lebih mencukupi kebutuhan nutrisi anjing anda. Selain itu, sebaiknya jangan biarkan anjing terlalu aktif sesudah makan dan tunggu sekitar 30 menit sesudah makan agar anjing tidak kembung.

  1. Berikan Makanan Tinggi Protein dan Lemak

Makanan tinggi protein dan lemak sangat penting untuk pertumbuhan semua jenis anjing termasuk anjing kampung baik untuk perkembangan anjing muda dan juga anak anjing agar bisa berkembang menjadi dewasa serta baik dilakukan untuk mengatasi ciri ciri anjing sakit.

Makanan tinggi protein dan juga lemak bisa menambah berat badan anjing secara bertahap sekitar beberapa minggu. Jika dokter meminta anda untuk mengganti protein daging dengan makanan yang lebih tinggi nutrisi, maka anda bisa mencampurkan sejumlah makanan baru dalam diet lama untuk mencegah anjing sakit perut.

Anda bisa mulai dengan presentase 10% makanan baru yang dicampur dengan 90% makanan lama. Tingkatkan makanan baru tersebut sekitar 10 hingga 14 hari sampai 100% makanan baru bisa diberikan pada anjing.

  1. Berikan Labu dan Ubi Jalar

Labu dan ubi jalar menjadi beberapa jenis makanan terbaik yang bisa diberikan untuk cara untuk menggemukan anjing tanpa perlu menambahkan terlalu banyak protein dalam diet anjing.

Kandungan serat dan lemak dalam dua jenis makanan ini bisa menambah beberapa kilogram berat badan tanpa perlu menyebabkan anjing sakit perut. Jika ingin menggunakan labu kalengan, pastikan untuk membaca petunjuk di bagian belakang kemasan dan perhatikan beberapa hari ketika anjing pertama kali mengkonsumsi makanan tersebut untuk memastikan jika gerakan usus anjing berjalan dengan baik.

Sponsors Link

  1. Berikan Selai Kacang

Cara lain untuk menambah berat badan anjing dengan cepat bisa dilakukan dengan memberikan makanan mengandung lemak tinggi sepanjang hari dan juga sebelum tidur seperti selai kacang.

Tidak hanya menambah berat badan, namun selai kacang juga memiliki kandungan nutrisi tinggi yang sangat baik untuk tubuh anjing. Agar lebih sehat, anda bisa mencampur sayuran seperti wortel dengan tingkat keasaman rendah yang dicampur dengan selai kacang untuk mencegah sakit perut pada anjing. Namun pastikan selai kacang yang diberikan alami dan bebas dari garam tambahan, gula dan juga xylitol.

  1. Berikan Banyak Latihan

Banyak orang yang berpikir jika memberikan latihan pada anjing bisa menurunkan berat badan. Akan tetapi dengan memberikan latihan, maka berat badan anjing sebenarnya akan bertambah namun dalam bentuk otot sekaligus bisa juga dilakukan sebagai cara mengatasi anjing depresi.

ads
Melatih anjing dengan teratur menjadi salah satu cara terbaik untuk mempertahankan berat badan yang dipadukan juga dengan memberikan makanan mengandung protein tinggi dan juga diet lemak.

  1. Berikan Makanan Lebih Sering

Jika anda memberikan makanan pada anjing dalam jumlah banyak secara sekaligus, cara ini tidak akan menambah berat badan anjing. Untuk itu sebaiknya bagi porsi makan anjing dalam beberapa waktu secara bertahap. Sebagai contoh, jika anda memberikan makanan sebanyak 2 kali sehari, maka berikan juga selingan cemilan sehat untuk anjing diantara waktu makan namun pastikan cemilan tersebut tidak mengandung gula, karamel atau jenis pemanis buatan lainnya.

  1. Kurangi Stress Anjing

Beberapa anjing termasuk anjing kampung biasanya akan memperlihatkan penyebab anjing tidak mau makan ketika ia sedang stress seperti saat baru tiba dari rumah baru dari tempat penampungan atau tempat anda mengambil anjing tersebut.

Anjing yang tidak mau makan karena stess merupakan hal yang normal terjadi dan penyebabnya sendiri bisa karena kondisi medis ataupun sesuatu yang salah pada lingkungan sehingga anjing terlihat terganggu. Untuk itu, pastikan anda bisa mengurangi stress yang dialami anjing agar nafsu makannya bisa pulih kembali.

  1. Berikan Dandelion

Beberapa rempah yang sering digunakan untuk menambah nafsu makan manusia khususnya anak kecil dan seseorang yang baru saja sembuh dari penyakit juga cocok diberikan untuk anjing.

Salah satu jenis rempah yang sangat baik untuk meningkatkan nafsu makan anjing agar cepat gemuk adalah dengan memberikan dandelion yang biasanya dijual dalam bentuk kapsul yang juga bisa digunakan sebagai cara mengobati anjing cacingan.

Anda bisa membeli kapsul dandelion ini di toko makanan kesehatan kemudian campur dengan makanan. Selain itu, anda juga bisa memberikan chamomile, milkthistle dan juga biji seledri yang sama sama berguna untuk meningkatkan nafsu makan anjing secara alami agar lebih cepat gemuk.

  1. Pilih Dog Food Berkualitas Premium

Cara lain untuk menggemukan anjing kampung bisa dilakukan dengan memberikan dof good berkualitas premium yang harus juga diberikan dalam cara merawat anjing hamil.

Dry food untuk anjing yang ada di pasaran sendiri bisa dibedakan menjadi beberapa tipe tergantung dari kualitasnya. Untuk jenis makanan anjing memiliki kualitas paling rendah dan juga murah adalah grocery quality yang sebaiknya tidak diberikan karena bahan yang digunakan kurang berkualitas dan banyak mengandung MSG, pengawet serta bahan kimia.

Sebaiknya pilih makanan yang kualitasnya setingkat diatas grocery yakni premium sebab mengandung jeroan hewan, tulang dan juga darah hewan asli yang menjadi bahan dasarnya sehingga bisa membuat tubuh anjing cepat terlihat gemuk.

  1. Tambahkan Air ke Piring Makan

Sebagian anjing sangat menyukai tekstur makanan yang kering, namun untuk sebagian lagi tidak menyukai tekstur makanan yang kering dan juga keras sehingga kemungkinan anjing anda tidak akan nafsu makan dan membuat tubuhnya terlihat kurus karena tidak banyak makanan yang masuk ke tubuh anjing.

Anda bisa menuangkan sedikit air ke dalam piring makan anjing supaya tekstur makanan tersebut bisa bertambah lunak sekaligus sebagai cara mengatasi gejala dehidrasi pada anjing. Air yang diberikan juga jangan terlalu banyak namun hanya perlu sedikit saja dan diamkan selama 1 menit sebelum diberikan pada anjing anda.

  1. Tambahkan Kaldu

Seperti menambahkan air pada makanan anjing, anda juga bisa menambahkan rasa pada makanan anjing seperti kaldu yang rendah akan lemak. Aroma dari kaldu tidak hanya menambah nafsu makan anjing, namun nutrisi yang terkandung dalam kaldu juga bisa menambah nutrisi pada tubuh anjing. Akan tetapi, hindari memakai kaldu tersebut sebagai pengganti makanan karena nutrisi yang terkandung dalam kaldu tidak sama dengan pakan kering.

Anda bisa mencampur kaldu tanpa tambahan bawang sebanyak 1 sendok makan kuah per 1 cangkir pakan kering kemudian aduk hingga kuah bisa meresap dalam pakan kering tersebut. Selain itu, anda juga bisa menghangatkan kaldu sebelum diberikan untuk menambah nafsu makan namun jangan sampai terlalu panas.

  1. Berikan Pisang

Sebagai camilan, anda bisa memberikan pisang matang untuk anjing anda karena kandungan nutrisi dalam pisang menjadi salah satu cara merawat anjing agar gemuk membuat tubuh anjing cepat gemuk sekaligus menutrisi tubuh anjing anda karena kandungan magnesium, kalium dan juga serat dalam buah pisang.

Iris setengah hingga sepertiga buah pisang menjadi potongan kecil kecil atau dihancurkan sampai lunak yang bisa diberikan langsung atau dicampur dalam makanan anjing.

  1. Berikan Hati

Hati juga sangat baik diberikan untuk camilan anjing karena sangat tinggi akan kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin K, serat dan juga zat besi selain aromanya yang sangat nikmat yang baik juga diberikan dalam cara merawat anjing sakit. Namun, jangan berikan hati setiap hari tetapi hanya diberikan untuk menggemukan anjing saja. Sesudah berat tubuh ideal didapatkan, maka pemberian hati bisa dikurangi sebanyak 1 kali seminggu.

  1. Tambahkan Telur Rebus

Telur menjadi sumber protein yang sangat baik untuk menggemukan sekaligus sangat disukai anjing. Untuk putih telur akan lebih mudah dicerna jika diberikan dalam keadaan matang.

Sedangkan untuk kuning telur lebih baik diberikan dalam keadaan mentah agar nutrisinya tidak hilang. Umumnya, anjing bisa mencerna bakteri yang terkandung dalam telur mentah termasuk anjing kampung. Namun anda juga bisa mengolah telur tersebut menjadi telur setengah matang atau dadar.

Demikian penjelasan terkait apa saja cara menggemukan anjing kampung dengan benar dan sehat. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 08th, June 2018 / 10:00 Oleh :
Kategori : Anjing