Sponsors Link

13 Cara Merawat Kucing yang Terkena Virus

Sponsors Link

Sebaik apapun perawatan yang diberikan pada kucing, terkadang tetap masih ada kemungkinan kucing terkena virus, hal itu bisa saja terjadi ketika daya tahan kucing sedang menurun atau karena tertular kucing lain yang ada di sekitarnya. Virus tentu sesuatu yang harus dicegah agar tidak semakin menyebar dan tidak menimbulkan masalah lebih lanjut.

ads

Sebab itu harus dilakukan perawatan dan pengobatan yang terbaik sebagai upaya pencegahan agar virus tidak semakin menyerang atau membuat penyakit yang lebih berat bagi kucing, lakukan perawatan dengan cara berikut ini, 13 cara merawat kucing yang terkena virus.

1. Pisahkan dari Kucing Lain

Virus adalah sesuatu yang bisa menular dan bisa menimbulkan bahaya yang lebih besar jika perkembangannya tidak dihentikan. Pisahkan kucing sakit yang terkena virus dari kucing lain yang sehat agar kucing yang sehat tidak tertular dan kucing yang sakit bisa beristirahat dengan nyaman tanpa diganggu oleh kucing lain. (Baca juga mengenai cara merawat kucing yang patah kaki).

2. Kebersihan Kandang

Berikan lingkungan yang bersih untuk tempat tinggal kucing yang sakit, virus mudah menyebar di lingkungan yang kotor dan penuh kuman, pastikan kandnag yang ditempati dalam keadaan bersih dan kering. Berikan kandang yang luas dengan kelengkapan di dalamnya seperti tempat makan minum dan tempat untuk buang air, jaga kebersihan anda pula sebagai pemiliknya agar tidak menambah kuman. (Baca juga mengenai cara memelihara kucing di apartemen).

3. Pemeriksaan Lengkap

Lakukan pemeriksaan lengkap terhadap kucing yang terkena virus dengan pemeriksaan di dokter hewan agar diketahui jenis virus yang menyerang dan dapat diberikan penanganan yang terbaik. Lakukan perlindungan terhadap bahaya yang kemungkinan bisa timbul karena virus tersebut dengan meminimalisir perkembangannya seperti memberi makanan yang bergizi dan obat obatan yang terbaik. (Baca juga mengenai cara merawat kucing campuran).

4. Obat dan Perawatan

Berikan obat yang terbaik untuk perawatan kucing anda yang sakit, berikan pula perawatan yang terbaik sesuai virus yang menyerang kucing yang telah dikonsultasikan dengan dokter hewan. Berikan obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan dan amati dengan seksama perkembangannya, apstikan virus tidak semakin menyebar dan obat obatan yang diberikan dapat memberikan dampak baik pada kesehatan kucing. (Baca juga mengenai cara mengobati flu pada kucing anggora).

5. Vitamin

Kucing yang terkena virus umumnya akan mengalami penurunan nafsu makan karena serangan akibat virus tersebut, berikan vitamin pada kucing untuk tetap membuat tubuhnya mendapatkan kecukupan gizi dan kemauan untuk makan sehingga virus yang menyerang akan melemah dan tubuhnya tetap memiliki kecukupan asupan gizi. (Baca juga mengenai cara mengobati penyakit kulit pada kucing anggora).

6. Daya Tahan Tubuh

Berikan pula vitamin untuk daya tahan tubuh untuk membantunya melawan virus yang menyerang, minta pada dokter jenis yang terbaik berhubungan dengan kondisi fisiknya dan virus yang menyerang, jika anda memberikannya vitamin daya tahan tubuh dari bahan alami maka anda sebaiknya tetap mengkonsultasikan dengan dokter hewan terlebih dahulu.

Sponsors Link

7. Kebersihan Tubuh

Tetap jaga kebersihan tubuh kucing walaupun ia dalam kondisi fisik yang lemah karena virus yang menyerang, mandikan ia dengan hangat dengan cara disibin sehingga ia tidak kedinginan, bersihkan sela sela bulu hingga kulitnya dengan hati hati dan keringkan dengan handuk yang bersih, jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah anda membersihkan tubuhnya.

8. Terapi

Lakukan terapi berdasarkan penyakit yang ia derita, jika kucing menderita virus yang memperngaruhi gerak atau kekuatan tubuhnya, tetap bantu untuk bisa beraktifitas dan tidak sepenuhnya bergantung pada manusia, berikan terapi dengan cara melatihnya makan minum dan buang air sehingga ketika ditinggalkan untuk sementara ia memiliki kekuatan sendiri untuk memenuhi kebutuhannya.

ads

9. Kontrol Rutin

Lakukan kontrol rutin di dokter hewan di klinik yang telah menjadi tempat berobat kucing anda, tepati jadwal dan laporkan apa saja perkembangan yang dialami serta minta saran dari dokter hewan mengenai gizi yang sebaiknya diberikan dan terapi apa saja yang bisa membantu mempercepat kesembuhannya.

10. Upaya Pencegahan

Lakukan pencegahan agar virus tidak menyebar lebih lanjut dengan melakukan pengobatan dan terapi serta kontrol secara rutin, cegah pula dari kucing lain atau hewan lain agar satu sama lain tidak saling menulari virus, berikan ia perawatan yang nyaman dan berikan perhatian untuk meningkatkan semangat kesembuhannya.

11. Istirahat

Kucing yang terkena virus tentunya membutuhkan waktu istirahat lebih banyak daripada kucing yang sehat, hindarkan ia dari gerakan yang berlebihan atau hindarkan dari mainan dan aktifitas yang membuatnya kelelahan, biarkan ia istirahat lebih banyak dengan memberikannya tempat tidur yang nyaman dan bersih.

Sekali waktu jemur ia di sinar matahari pagi yang hangat dan belum terik sekitar jam 7 pagi sebentar saja sekitar 5 sd 10 menit agar ia merasa bugar karena mendapat vitamin alami, jika ia merasa tidak nyaman segera ambil kembali dan letakkan ia di tempat yang terkena sinar matahari secara tidak langsung. Sesekali gerakkan sedikit tubuhnya agar tubuhnya tidak kaku.

12. Gizi dan Cairan

Pastikan makanan dan minumannya tercukupi, pastikan kucing yang terkena virus tidak kelaparan atau dehidrasi, siapkan makanan yang terbaik untuknya di dekatnya atau lakukan dengan cara menyuapinya, jika tubuhnya lemas maka anda wajib memberinya makanan dengan tekstur yang lebih cair dan membantunya makan dengan menyuapinya, cukupi juga kebutuhan cairannya agar ia tidak dehidrasi dan tidak merasa lemas.

13. Vaksin

Berikan vaksin pada kucing yang terkena virus sesuai dengan anjuran dari dokter hewan, kucing yang diberi vaksin dapat mencegah virus untuk tidak mudah menyerang lagi di kemudian hari, minta saran dokter hewan mengenai vaksin apa yang terbaik untuknya sesuai umur kucing dan sesuai riwayat penyakit atau riwayat kesehatan yang pernah dialami. Amati seberapa jauh perkembangan kesembuhannya sambil memberikan segalanya yang terbaik agar kucing mampu mendapat kesembuhan secara total dan mendapatkan kesehatan kembali secara utuh sebagaimana ketika ia sebelum sakit.

Demikian artikel mengenai perawatan kucing yang terkena virus kali ini, semoga mudah dipahami dan dapat diterapkan dalam perawatan hewan kesayangan anda sehari hari, jangan lupa selalu perbarui informasi anda mengenai dunia hewan dan perawatannya dengan membaca artikel artikel terbaru di website  kami. Terima kasih sudah membaca, salam hangat dari penulis.

 

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 11th, June 2018 / 13:59 Oleh :
Kategori : Kucing