Sponsors Link

13 Ciri Ciri Kucing yang Terkena Penyakit Toxoplasma

Sponsors Link

Toxoplasma ialah jenis penyakit yang disebabkan oleh parasite protozoa yang disebut dengan toxoplasma gondi, penyakit ini bisa menyerang bintang mamalia apa saja, tidak hanya kucing, binatang mamalia yang berdarah panas dapat beresiko seperti anjing, kambing, dan kelinci. Penyakit ini dikenal berbahaya baik bagi kucing itu sendiri maupun bagi manusia yang mendekatinya.

ads

Sebab itu terkadang timbul keraguan pada masyarakat untuk memelihara kucing karena takut akan penyakit tersebut, namun kita tak perlu khawatir, sebaiknya memahami terlebih dahulu apa saja gejalanya untuk menambah wawasan dan melakukan pencegahan dini sehingga tidak timbul penyakit yang lebih parah dan menular ke kucing lain atau ke manusia.

Kucing yang terkena penyakit toxoplasma pada awalnya tidak terlihat memiliki gejala apapun,tingkah dan kesehariannya sama seperti kucing yang sehat, gejala baru akan terlihat ketika tubuhnya telah terinfeksi lebih lanjut, Berikut 13 ciri ciri kucing yang terkena penyakit toxoplasma

1. Mudah Lelah

Ciri ciri kucing yang terkena penyakit toxoplasma yang pertama ialah ia tidak bersemangat dalam beraktifitas baik itu ketika ia bermain maupun melakukan rutinitas seperti bermain dan jalan jalan di sekitar rumah, ia menjadi lebih banyak bermalas malasan dan berdiam diri, di gejala awal tubuh masih terlihat sehat dan belum ada perubahan terlalu mencolok pada nafsu makannya. (Baca juga mengenai cara memelihara anak kucing dengan baik).

2. Sering Flu

Ciri ciri selanjutnya ialah kucing menjadi mudah flu yang merupakan pertanda bahwa penyakit sudah mulai menginfeksi dan membuat daya tahan tubuhnya terganggu, ia menjadi mudah terkena flu padahal emndapat gizi yang cukup dan berada pada lingkungan kondusif serta tidak tertular oleh kucing manapun, ketika telah sembuh ia terkena flu yang berulang. (Baca juga mengenai cara memelihara kucing di apartemen).

3. Lebih Banyak Tidur

Kepalanya terasa sakit ketika terinfeksi penyakit toxoplasma adalah alasan kenapa kucing lebih banyak tidur, ia merasa berat di kepalanya dan sering tidur tiduran, ia menjadi malas dan tidak aktif, ia terlihat lemah dan sedikit bereaksi ketika kepalanya disentuh atau dibelai, ia mulai emrasakan sakit dan pusing yang membuatnya aktifitas dan kelincahannya terganggu. (Baca juga mengenai cara merawat kucing campuran).

4. Demam

Ciri ciri kucing yang terkena penyakit toxoplasma pada tahap selanjutnya yakni tubuhnya demam yang merupakan pertanda infeksi, kucing menjadi lemas dan malas makan, terkadang disertai perubahan pada tubuhnya yakni terlihat lebih kurus karena daya tahan tubuhnya digunakan untuk melawan penyakit yang telah menginfeksi. (Baca juga mengenai cara mengobati flu pada kucing anggora).

5. Gangguan Kesehatan Kulit

Kucing yang terkena penyakit toxoplasma akan mudah mengalami gangguan penyakit kulit seperti ruam atau terlihat gatal dan bersisik, hal itu terjadi karena pertahanan tubuhnya menurun dan membuatnya kulitnya ikut melemah, ia mudah merasa dingin di cuaca yang normal dan mudah merasa tidak nyaman walaupun berada di tempat yang bersih. (Baca juga mengenai cara menghilangkan bau pada kucing anggora).

Sponsors Link

6. Kaki Belakang Melemah

Ciri ciri kucing yang terkena penyakit toxoplasma juga akan terlihat dari caranya berjalan, kaki belakangnya akan melemah dan ketika berjalan terlihat seperti ia berjalan di tempat yang licin dan mudah terjatuh, ia kehilangan kekuatan untuk mampu berdiri tegap apalgi berlari seperti biasanya, sebab itu ia menjadi malas bergerak.

7. Nafsu Makan Turun

Selanjutnya ialah terjadi penurunan nafsu makan, jika biasanya ia mampu menghabiskan beberapa porsi makan yang banyak, jumlah itu menjadi berkurang karena ia tidak mau makan dalam jumlah banyak dan merasa lemas untuk makan, di kondisi seperti ini anda wajib membawanya ke dokter hewan agar mendapat asupan gizi dengan cara yang lebih baik.

ads

8. Lesu

Kucing yang terkena penyakit toxoplasma jelas akan merasa lesu terlebih ketika nafsu makannya berkurang, ia tidak mau beraktifitas dan lebih banyak bermalas malasan, pandangannya lemah karena tubuhnya terasa lemas dan kepalanya terasa berat, ciri ciri ini menandakan bahwa infeksi telah menyebabkan daya tahan tubuhnya menurun drastic.

9. Daya Tahan Menurun

Ciri ciri kucing yang terkena penyakit toxoplasma ialah berpengaruh pada daya tahan tubuhnya, kucing menjadi mudah terserang penyakit dan memiliki tampilan wajah yang berbeda, wajahnya terlihat lemas dan tidak bersemangat. Segera bawa ke dokter ketika hal ini terjadi pada kucing anda untuk mendapatkan pengobatan terbaik.

10. Bulu Kusam

Bulu kucing yang awalnya terlihat bagus dan segar, ketika ia terkena penyakit toxoplasma, bulunya berubah menjadi terlihat kusam dan kumal, walaupun disisir setiap hari, bulunya tetap terlihat kusam seolah tidak dirawat, hal itu terjadi karena nutrisi di tubuhnya berkurang dan nutrisi yang masuk ke bulunya turut berpengaruh sehingga bulunya menjadi kurang sehat sebagaimana apa yang terjadi pada tubuhnya.

11. Malas Bergaul

Kucing tentunya hewan yang senang bermain atau bergaul dan bersosialisasi dengan teman temannya atau dengan mansuia di sekitarnya, namun hal itu tidak terjadi pada Ciri ciri kucing yang terkena penyakit toxoplasma, kucing menjadi malas bergaul karena ia malas beraktifitas terlebih untuk keluar rumah dan bermain, ia menjadi sangat malas dan hanya berdiam diri.

12. Mata Berair

Kucing yang terkena penyakit toxoplasma memiliki gejala mata berair karena matanya turut tidak sehat akibat daya tahannya menurun, walaupun berada di tempat yang bersih dan sedikit terkena debu, matanya mudah berair sehingga membuat tampilan wajahnya seperti kucing yang tidak pernah dirawat atau seperti kucing yang menderita sakit parah. Sebaiknya dalam kondisi seperti ini anda tidak menyentuhnya jika tidak memakai pengaman, tindakan terbaik adalah membawanya ke dokter hewan.

13. Perubahan Suara

Kucing yang terkena penyakit toxoplasma akan mengalami perubahan pada suaranya, suaranya menjadi lebih pelan dan lebih lemas seperti tidak bertenaga, hal itu terjadi karena daya tahannya benar benar menurun dan ia merasa sangat lemah. Dalam peemriksaan dokter hewan, jika belum kondisi yang terinfeksi parah penyakit toxoplasma pada kucing masih bisa disembuhkan dengan total, sebab itu selalu lakukan pemeriksaan rutin pada kucing setidaknya 6 bulan sekali agar diketahui secara dini jika terkena penyakit apapun termasuk toxoplasma.

Demikian artikel kali ini, semoga mudah dipahami dan dapat diterapkan dalam perawatan hewan kesayangan anda sehari hari, jangan lupa selalu perbarui informasi anda mengenai dunia hewan dan perawatannya dengan membaca artikel artikel terbaru di website  kami. Terima kasih sudah membaca, salam hangat dari penulis.

 

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 11th, June 2018 / 13:50 Oleh :
Kategori : Kucing