Sponsors Link

13 Cara Merawat Kucing yang Patah Kaki

Sponsors Link

Kucing adalah hewan yang aktif dan senang bermain, terlebih jika ia diberi permainan yang menyenangkan atau memiliki teman bermain yang sama aktifnya. Namun terkadang kucing menjadi bermain hingga berlebihan seperti melompat di ketingian atau berkejar kejaran hingga bertengkar dan saling menekan.

ads

Hal itu bukan tidak mungkin menimbulkan cedera ringan seperti keseleo atau lebih parahnya patah kaki, kucing memang diberi kemampuan melompat dari tempat tinggi, namun ketika dasar lompatannya tidak memadai atau sedang dalam kondisi kurang fit, tentunya hal itu akan beresiko dan bisa menyakiti kaki kucing.

Jika sudah telanjur terjadi patah kaki, sebisa mungkin anda memberinya perawatan terbaik untuk mempercepat kesembuhannya dan mencegahnya dari berbagai bahaya, yakni dengan cara sebagai berikut, 13 cara merawat kucing yang patah kaki.

1. Kandang yang Nyaman

Kucing yang patah kaki wajib diberi tempat khusus yang terpisah dari kucing lain dan yang bisa membatasi geraknya, letakkan kucing di kandang khusus yang nyaman yakni yang memiliki tempat tidur dengan bantalan yang empuk dan memudahkan anda untuk membantunya ketika makan dan minum, beri kandang yang terbaik dan bersih untuknya. (Baca juga mengenai cara mengobati penyakit kulit pada kucing anggora).

2. Perawatan Kesehatan

Lakukan perawatan sesuai dengan apa yang dianjurkan oleh dokter hewan dan berikan segala treatment yang terbaik untuknya, patah kaki pada kucing tentu bukan sesuatu yang bisa disepelekan, umumnya bagian yang terluka akan ditutupi dengan perban atau kain khusus untuk mengurangi gerak kucing yang sakit, ganti dan jaga perban tersebut tepat pada waktunya dan sesuai dengan apa yang diperintahkan dokter hewan. (Baca juga mengenai cara menghilangkan stres pada kucing anggora).

3. Pemenuhan Gizi

Cukupi kebutuhan gizinya terutama makanan yang mengandung protein dan kalsium untuk membantu mempercepat kesembuhannya dan membantu mempercepat perbaikan sel sel tubuhnya, jika kucing terlihat kesulitan, bantu dengan menyuapinya dan memberi makanan yang lebih cair teksturnya sehingga memudahkan ketika menelan dan memakan. (Baca juga mengenai penyakit kulit pada kucing anggora).

4. Batasi Gerakan

Pastikan kucing tidak banyak bergerak, batasi gerakan kucing dengan menjauhkannya dari mainan yang membuatnya terlalu aktif serta tidak mengajaknya bermain, biarkan ia istirahat hingga masa untuknya diperbolehkan berlatih gerak. Hindarkan ia dari aktifitas yang membuatnya lelah, bantu ia melakukan segala aktifitas seperti makan minum dan menjaga kebersihan tubuh. (Baca juga mengenai cara menjinakkan kucing penakut).

5. Perhatian

Berikan perhatian lebih pada kucing anda, jangan biarkan ia merasa kesusahan dan kesepian, perhatikan setiap gerak gerik yang dilakukan dan penuhi apa saja yang ia butuhkan. Beri ia kasih sayang selama waktu apapun anda memiliki waktu untuknya, elus tubuhnya dan perhatikan perkembangan luka yang dialaminya dan pastikan ada kemajuan untuk proses kesembuhan yang lebih baik. (Baca juga mengenai cara mengobati kucing ambeien).

Sponsors Link

6. Lindungi dari Kucing Lain

Lindungi kucing anda yang sedang sakit dari gangguan kucing lain, pisahkan ia dari kucing lain yang mungkin akan mengganggunya atau mengajaknya bermain terlalu berlebihan hingga membuatnya kelelahan. Sekali waktu biarkan ia melihat kucing lain sebagai hiburan untuknya agar tak jenuh, namun tetap jaga agar ia tidak diganggu dan tidak diajak bermain berlebihan.

7. Kebersihan Tubuh

Tetap jaga kebersihan tubuh kucing anda yang sedang sakit, sisir bulunya setiap hari dengan hati hati agar tidak kusut dan tidak lembab, lewati bagian yang sakit dan bantu ia mandi dengan cara menyibin dengan air hangat dan segera keringkan dengan handuk kering yang bersih, pastikan tubuhnya tetap nyaman dan bersih walaupun ia sedang sakit.

ads

8. Vitamin

Bantu kesembuhannya dengan vitamin yang terbaik untuknya, minta anjuran dokter hewan mengenai vitamin yang terbaik untuk menunjang gizi dan perkembangan kesembuhannya. Umumnya dokter akan memberi vitamin untuk daya tahan tubuh dan kesehatan tulang, jika anda ingin memberinya vitamin dari bahan alami tetap konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan.

9. Kontrol Rutin

Lakukan kontrol rutin dengan dokter hewan mengenai patah tulangnya, tanyakan mengenai perkembangan kesembuhannya dan tindakan apa yang baik untuk dilakukan padanya selama berada di rumah. Letakkan di kandang yang nyaman ketika ia dibawa ke dokter hewan dan lakukan segala yang dianjurkan hingga ia sembuh.

10. Sinar Matahari

Sinar matahari memiliki kandungan vitamin alami yang baik untuk kesehatan tulang dan kebugaran tubuh kucing, pastikan kucing anda tetap mendapatkan sinar matahari pagi yang sehat dan teduh atau ketika cuaca belum terik, lakukan dengan cara jemur ketika pagi hari dalam jangka waktu yang lebih singkat dari hari hari biasa ketika ia sehat.

11. Jam Tidur

Kucing yang sedang patah tulang umumnya akan lebih banyak tidur karena ia merasa tidak nyaman ketika menggerakkan tubuh bahkan merasa sedikit kesakitan, sebab itu ia memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk istirahat disbanding biasanya, terutama istirahat untuk organnya yang sedang sakit, kurangi waktu mengajaknya bermain atau beraktifitas, biarkan ia banyak istirahat dengan tetap menjamin kecukupan gizi dan cairannya serta memberinya obat obatan dan tindakan yang terbaik sesuai anjuran dari dokter hewan.

12. Latihan

Ketika kondisinya sudah membaik da nada perkembangan, minta pertimbangan dari dokter hewan untuk memulai terapi dengan sedikit demi sedikit latihan agar tubuhnya tidak terasa kaku, lakukan seusai anjuran dokter hewan dan lakukan di tempat yang terbaik, baiik itu di rumah ataupun di tempat klinik kesehatan hewan.

13. Obat Obatan

Berikan obat obatan yang terbaik untuk kucing anda yang sakit dan berikan secara rutin sesuai anjuran dari dokter hewan, obat oabtan tetap akan membantu kesembuhan kucing anda terutama untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan. Berikan obat dan terapi secara rutin, dengan demikian kucing anda akan mendapat kesembuhan dengan lebih cepat. Merawat kucing yang patah kaki memang butuh ketelatenan dan kesabaran, lakukan dengan sabar dan penuh kasih sayang agar kucing anda merasa senang diperhatikan serta memberi mood yang lebih baik untuknya.

Demikian artikel kali ini, semoga mudah dipahami dan dapat diterapkan dalam perawatan hewan kesayangan anda sehari hari, jangan lupa selalu perbarui informasi anda mengenai dunia hewan dan perawatannya dengan membaca artikel artikel terbaru di website  kami. Terima kasih sudah membaca, salam hangat dari penulis.

 

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 11th, June 2018 / 13:40 Oleh :
Kategori : Kucing