Sponsors Link

13 Cara Merawat Anjing Pasca Melahirkan

Sponsors Link

Anjing yang baru saja melahirkan memberikan kesenangan tersendiri baik bagi anjing itu sendiri maupun bagi pemiliknya karena menambah hewan piaraan, terlebih jika kelahiran tersebut sudah ditunggu sejak lama. Sebab itu perlu dilakukan perawatan yang terbaik untuk sang induk agar bisa mengembalikan tenaga atau energinya.

ads

Tenaga atau energi anjing yang cenderung menurun perlu untuk dikembalikan sebab ia membutuhkan energi untuk menyusui dan merawat anak anaknya, anda perlu melakukan cara cara agar kesehatan induk anjing berjalan dengan maksimal sehingga ia bisa melakukan perawatan yang maksimal pula pada anak anaknya. Berikut segala perawatan yang perlu dilakukan untuk anjing yang melahirkan, 13 cara merawat anjing pasca melahirkan.

1. Kandang

Berikan kandang yang bersih dan lebih luas untuk anjing yang pasca melahirkan, kandnag tersebut harus bisa menampung anak anak yang dilahirkannya dan mampu memberi ruang gerak yang leluasa untuk induk anjing. Berikan alas dari kain yang bersih dan mudah diganti ketika telah kotor, dekatkan tempat makan dan minum untuk induk anjing serta letakkan kandang yang mendapat sirkulasi udara serta mendapatkan pencahayaan yang baik. (Baca juga mengenai cara merawat anjing sakit).

2. Perawatan

Berikan perawatan pada induk anjing seperti membantunya untuk merawat anak anaknya dan makan makanan yang disediakan, tetap sediakan tempat untuk buang air di lokasi yang terdekat dengan kandangnya, anjing pasca melahirkan masih bisa melakukan berbagai aktifitas dengan mandiri asalkan mendapatkan perawatan yang terbaik dan gizi yang mencukupi. Perawatan yang terbaik akan menjauhkan anjing dari stress. (Baca juga mengenai penyakit mata pada anjing pom).

3. Gizi

Berikan makanan yang bergizi untuk anjing yang memiliki kandungan protein lebih banyak untuk membantu kesembuhan induk anjing lebih baik lagi dan memberikan tenaga yang lebih untuk proses menyusui. Berikan makanan olahan atau makanan kemasan dengan porsi lebih banyak dengan takaran sedikit dan sering sebab anjiing pasca melahirkan yang sedang menyusui seringkali merasa lapar lebih dari biasanya. Berikan juga air minum yang sehat dari air yang matang. (Baca juga mengenai cara melatih anjing untuk jaga rumah).

4. Batasi Gerakan

Batasi agar anjing tidak terlalu banyak melakukan gerakan atau beraktifitas berlebihan, jangan biarkan anjing terlalu banyak keluar rumah atau bermain dengan anjing lain, kurangi aktifitas bermain dengan anjing, jika ingin memberinya perhatian cukup lakukan dengan membelainya dan menjenguknya di kala waktu senggang anda. (Baca juga mengenai cara mengobati anjing kencing darah).

5. Perhatian

Berikan perhatian pada anjing pasca melahirkan dnegan cara mencukupi segala kebutuhannya dan memperhatikan kondisi kesehatannya, pastikan ia dapat menyusui dengan baik dan mampu makan minum dengan lancar, perhatikan juga anak anaknya dan berikan tempat yang nyaman, ganti alas kandang ketika alasnya telah kotor. (Baca juga mengenai cara membuat anjing betina birahi).

6. Lindungi dari Anjing Lain

Lindungi anjing pasca melahirkan dari anjing lain yang mungkin bisa membahayakan anak anaknya, letakkan ia di tempat yang berbeda dari anjing lain agar anjing pasca melahirkan tidak terganggu dan merasa nyaman dengan lingkungannya, ia menjadi tenang dalam merawat anak anaknya dan terbebas dari stress atau ketakutan.

Sponsors Link

7. Kebersihan Tubuh

Tetap perhatikan kebersihan tubuh anjing dengan memandikannya menggunakan air hangat dan sabun, keringkan segera dengan handuk yang bersih dan lakukan di sela sela ia menyusui bayinya, jika eksulitas anda bisa mengelapnya dnegan lap yang bersih dan tetap melakukan penyisiran terhadap bulunya setiap hari agar kebersihannya tetap terjaga dan ia emrasa nyaman dalam emnjalani aktifitasnya sehari hari.

8. Vitamin

Berikan vitamin terutama untuk menambah nafsu makan dan meningkatkan daya tahan tubuhnya emngingat ia harus lebih banyak emngeluarkan tenaga untuk menyusui dan menjaga anak anaknya, berikan vitamin yang juga baik untuk menyembuhkan lukanya setelah emlahirkan seperti vitamin yang mengandung B komplek dan antibody.

ads

9. Kontrol

Periksakan secara berkala anjing pasca melahirkan di dokter hewan untuk memastikan kondisi kesehatannya baik dan tidak ada masalah baik dari cara perawatannya untuk anak anaknya maupun masalah kesehatan pada induk anjing itu sendiri. Lakukan sambil meminta saran mengenai perawatan dan vitamin yang terbaik untuknya.

10. Sinar Matahari

Anjing yang baru saja melahirkan tetap membutuhkan kebugaran tubuh dan kesegaran pada tubuhnya, berikan kebutuhan tersebut dengan cara mengajaknya berjemur di matahari pagi yang teduh bersama anak anaknya sekitar 5 sd 10 menit di pagi hari yang hangat agar ia merasa segar dan bersih serta mencegah berbagai penyakit sebab sinar matahari mengandung vitamin alami yang mampu membunuh kuman.

11. Istirahat

Biarkan induk anjing menghabiskan lebih banyak waktu bersama anak anaknya dengan lebih banyak istirahat dan menyusui, sekali waktu saja ajak induk anjing jalan jalan di sekitar rumah agar ia tidak jenuh dan tubuhnya tidak terasa kaku, namun kurangi aktifitas bermain dengannya, biarkan ia merawat anak anaknya dan menyusui anak anaknya, cukupi kebutuhan air pada induk anjing agar ia tidak dehidrasi dan dapat memberikan asupan gizi yang terbaik untuk anak anaknya sehingga tercapai kesehatan yang terbaik.

12. Relaksasi

Sekali waktu ketika sedang mengelusnya atau memandikannya, lakukan pijatan ringan dan hindari area perutnya untuk memberinya tubuh yang lebih rileks, lakukan sambil memperhatikan dan memastikan kulit serta bulunya sehat, anjing yang mendapat pijatan ringan akan emrasa lebih rileks dan mampu menghilangkan lelahnya pasca ia melahirkan. Lakukan seminggu sekali agar ia memiliki tubuh yang nyaman dan bugar.

13. Obat Obatan

Berikan obat obatan atau vaksin yang terbaik untuknya dalam rangka mencegahnya dari ebrbagai penyakit atau penularan penyakit pada anak anaknya dan memeprcepat kesembuhannya pasca melahirkan, konsultasikan dengan dokter apa saja yang perlu diberikan untuknya agar ia terjamin kesehatannya dan mampu merawat anak anaknya dengan baik. Lakukan segala perawatan untuknya dengan telaten dan sabar agar tercapai kesehatan yang terbaik untuk induk anjing maupun untuk anak anaknya.

Demikian artikel kali ini mengenai cara merawat induk anjing pasca melahirkan, semoga mudah dipahami dan dapat diterapkan dalam perawatan hewan kesayangan anda sehari hari, jangan lupa selalu perbarui informasi anda mengenai dunia hewan dan perawatannya dengan membaca artikel artikel terbaru di website  kami. Terima kasih sudah membaca, salam hangat dari penulis.

 

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 11th, June 2018 / 13:31 Oleh :
Kategori : Anjing