Sponsors Link

13 Tips Makanan Untuk Kucing Menyusui

Sponsors Link

Pecinta kucing memang begitu banyak, bahkan bisa sampai dikatakan bahwa sebagian besar orang di dunia ini menyukai piaraan lucu tersebut. Mungkin Anda adalah salah satu pemelihara kucing di rumah sendiri atau mungkin di Pet Shop.

ads

Jika memang demikian, Anda perlu untuk mengetahui tentang tips makanan untuk kucing menyusui. Apalagi kucing yang sedang beranak kecil, tentu ia sangat memerlukan asi kucing atau sang induk untuk anaknya. Untuk menghasilkan susu yang lancar dan berlimpah, kucing menyusui haruslah memiliki nutrisi yang cukup dari berbagai makanan dan vitamin yang masuk ke dalam induk kucing.

Perlu diketahui bahwa untuk Air susu dari induk kucing memiliki kandungan antibodi yang sangat baik untuk kesehatan anak kucing. Oleh karena itu, sangat wajar jika untuk memenuhi nutrisi tersebut, kucing menyusui harus mengkonsumsi makanan bergizi dan kaya akan nutrisi. Berikut 13 macam makanan yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang berlimpah dan cocok untuk dikonsumsi oleh kucing yang sedang menyusui:

Tips Makanan Untuk Kucing Menyusui

  1. Daging

Kucing adalah salah satu hewan jenis karnivora atau pemakan daging. Daging jenis apapun, memiliki kandungan yang baik untuk kucing menyusui. Namun ada baiknya jika daging yang diberikan pada kucing menyusui direbus ataupun digoreng secara higienis terlebih dahulu. (Baca Juga: Tanda Kucing Alergi Makanan)

  1. Ikan

Ikan memiliki kandungan protein dan asam amino yang sangat baik bagi kucing menyusui. Selain itu, makanan ikan sangat digemari oleh kucing. Kendati demikian, hendaknya pemberian ikan tidak diberikan secara berlebihan karena dapat menyebabkan kebutuhan vitamin E justru tidak terpenuhi.

  1. Keju

Beberapa jenis kucing sangat menyukai makanan satu ini, misalkan kucing persia. Kandungan protein dan beberapa vitamin, seperti vitamin B pada keju sangat baik untuk nutrisi kucing menyusui. (Baca Juga: Makanan Larangan Untuk Kucing Persia)

  1. Puding Ikan

Puding ikan ini adalah salah satu makanan kucing olahan yang mana terbuat dari ikan yang direbus ataupun di kukus lalu dicampur dengan agar-agar. Pada pembuatan puding ikan ini tanpa menggunakan rasa dan tanpa perlu dicampurkan dengan bumbu maupun garam. makanan wet food ini dapat dibuat sendiri. Selain karena lebih murah dan mudah, makanan ini juga lebih menyehatkan karena tidak mengandung bahan pengawet.

  1. Kuning Telur

Pada kuning telur, terdapat banyak kandungan di dalamnya seperti vitamin B dan vitamin A yang sangat baik untuk membuat daya tahan tubuhnya menjadi lebih kuat. Kucing menyusui dapat diberikan kuning telur asli alias mentah seminggu sekali. Pastikan untuk tidak memberikan putih telur. Kandungan dari putih telur dapat mengganggu kesehatan kucing menyusui. (Baca Juga: Cara Merawat Kucing yang Terkena Virus)

Sponsors Link

  1. Nasi

Beberapa jenis kucing, menyukai nasi untuk jenis makanannya. Meskipun begitu, dalam memberikan makanan pada kucing menyusui jangan hanya nasi saja. Sebaiknya anda menambahkan lauk pauk seperti daging untuk melengkapi kebutuhan gizi.

  1. Tempe

Tak hanya nasi, tempe juga dapat dimanfaatkan sebagai makanan alternatif bagi kucing menyusui. Namun untuk pemberian makanan tempe, terlebih dahulu harus di haluskan dan direbus dan diberikan dengan lauk pauk sebagai penunjang gizi lainnya.

  1. Makanan Khusus Kucing

Jika tidak memiliki waktu yang cukup dalam mengolah makanan kucing, anda dapat memilih alternatif makanan lain yaitu makanan khusus kucing. Makanan khusus kucing tersebut dapat anda beli di pet shop. (Baca Juga: Cara Memelihara Kucing di Apartemen)

  1. Madu

Pemberian madu sangat baik untuk kucing menyusui. Tak hanya menjaga daya tahan tubuh, namun madu juga meningkatkan nafsu makan kucing sehingga nutrisinya kian terpenuhi. Hal yang perlu dicatat adalah, madu yang diberikan adalah madu asli tanpa gula maupun bahan kimia yang justru akan berbahaya bagi kucing menyusui.

  1. Minyak Ikan

Tak hanya dagingnya saja, ikan juga dapat diolah dalam bentuk minyak. Minyak ikan dapat dijadikan vitamin alam yang mengandung omega yang dapat memaksimalkan kerja otak dan seluruh tubuh.

  1. Air Putih

Kucing menyusui tak hanya membutuhkan makanan berat saja. Air putih mengandung mineral yang sangat baik untuk kucing menyusui. Memberikan makanan pada kucing, jangan lupa juga memberikan air putih. Namun yang pasti usahakan agar air putih selalu diganti setiap harinya. (Baca Juga: Cara Memelihara Anak Kucing)

Sponsors Link

  1. Susu

Susu memiliki kandungan protein serta kalsium yang tinggi yang sangat baik bagi kesehatan ibu menyusui. Yang perlu dicatat adalah, usahakan untuk tidak memberikan susu sapi. hal ini dikarenakan kucing tidak begitu mampu dalam mencerna protein susu sapi dengan baik.

  1. Suplemen

Pemberian suplemen pada kucing menyusui sangat baik bagi kucing menyusui. Tak hanya berdampak pada daya tahan tubuh kucing, namun juga baik terhadap keluarnya air susu kucing. Adapun suplemen yang dapat dipilih yaitu yang mengandung probiotik, vitamin B kompleks, omega 6, vitamin C, vitamin E dan vitamin A.

Kelancaran air susu dari kucing yang menyusui sangat tergantung dari makanan yang dikonsumsi. Anda dapat mencoba tips makanan untuk kucing menyusui di atas untuk menghasilkan air susu yang lancar serta menjaga daya tahan dari kucing yang menyusui. Sehingga kucing anda akan tetap tersuplai susu dari sang induk dan bisa tumbuh sehat semestinya. Semoga tips ini dapat membantu anda semua dan selamat mencobanya.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 13th, June 2018 / 02:25 Oleh :
Kategori : Kucing