Sponsors Link

8 Obat untuk Burung Lovebird Sakit

Sponsors Link

Lovebird adalah jenis burung yang sudah tidak asing lagi. Keberadaannya sudah sangat familiar, di miliki oleh banyak sebagian orang. Khususnya pecinta burung, mempunyai lovebird adalah syarat dan suatu keharusan. Burung cantik ini memang tidak begitu mahal, akan tetapi juga tidak sangat murah. Untuk kalangan kelas menengah, harganya masih terjangkau. Namun ketika sudah dilatih dengan rutin, perlahan burung lovebird akan gacor.

ads

Menyukai burung mungkin telah menjadi karakter dan jiwa kasih sayang bagi pecintanya. Sehingga apapun akan dilakukan saat sang burung dalam kondisi tidak baik, misalnya adalah sakit. Tidak seorangpun menginginkan burung kesayangan mereka sakit. Begitu juga dengan anda, pasti di rundung gelisah. Obat untuk Burung Lovebird sakit bisa anda dapatkan dari kios yang menjual kebutuhan burung.

Akan tetapi, jika anda mempunyai solusi lain yang lebih efektif dan alami, mengapa tidak di gunakan. Sudah bukan hal baru lagi bahwa daun binahong sangat berkhasiat besar bagi kesehatan manusia ataupun hewan. Mungkin anda bisa mencobanya, disamping tetap memberikan obat penunjang lainnya. Namun sebelumnya, berikan serta perawatan dan kasih sayang untuk membuat burung nyaman. (Baca Juga: Obat Untuk Burung Murai Stres)

  • Berikan tempat tinggal yang layak huni dan tetap terjaga untuk kebersihannya.
  • Luas sangkar harus dibuat cukup luas, minimal bisa membuat burung lovebird anda beterbangan di dalam.
  • Sering mengganti pakan dan minum.
  • Rajin memandikan setiap pagi jam 07.00 dan di sore hari jam 16.00.
  • Rajin menjemur di pagi hari pukul 8.00 selama 15 menit untuk mendapatkan pasokan vitamin D bagi tubuhnya agar kondisi burung tetap sehat dan tidak mudah sakit.

Hal-hal di atas harus anda terapkan untuk menunjang kesehatan sang burung dan kenyamanannya. Sedangkan obat untuk Burung Lovebird sakit bisa anda lihat berikut ini:

  1. Air Rebusan Daun Binahong

Anda bisa mencoba dengan memberikan air rebusan daun binahong pada burung lovebird yang sedang sakit. Caranya sangat mudah, carilah 5 lembar daun binahong yang sudah anda bersihkan dengan air. Setelah itu, masukkan dalam panci yang berisi dengan kapasitas air satu gelas kecil. Rebuslah sampai mendidih dan daun lembek, setelah itu dinginkan terlebih dahulu sebelum di berikan pada burung.

Mengapa kadar air hanya satu gelas kecil saja? Karena jika terlalu banyak akan menurunkan khasiatnya. (Baca Juga: Obat untuk Burung Murai Lumpuh)

  1. Irisan Daun Binahong

Selain di rebus, daun binahong juga di perbolehkan untuk pengkonsumsian secara langsung pada burung yang sedang sakit. Caranya yakni dengan mengiris tipis daun binahong untuk kemudian di campurkan dengan makanannya. Dengan begitu burung akan memakannya bersamaan dengan pakan. Khasiatnya jelas lebih baik dibandingkan hanya dengan memberikan air rebusannya saja.

  1. Air Rebusan Jahe

Jahe berkhasiat menghangatkan tubuh burung, dan sudah biasa di gunakan kepada burung yang tengah sakit. Anda bisa mengatasi lovebird sakit dengan rebusan jahe. Caranya yakni dengan mengupas terlebih dahulu jahenya ataupun tidak di kupas namun sudah di bersihkan dengan air. Pastikan tidak ada debu yang menempel lagi. Setelah itu, tumbuk jahe dua kali saja agar tidak terlalu pecah karena tujuan ini supaya sarinya bisa keluar saat di rebus. Setelah mendidih, tambahkan madu murni dan biarkan dingin terlebih dahulu. Jahe diberikan dua kali sehari selama burung lovebird sakit. (Baca Juga: Cara Beternak Murai Batu di Sangkar Gantung)

  1. Fit D2k

Obat yang bisa digunakan untuk mengatasi Burung Lovebird sakit lainnya adalah jenis Fit D2k. Obat ini cocok sekali mengatasi burung yang sedang sakit, tanpa anda harus bingung dan harganya pun terjangkau. Fit D2K bisa di berikan dengan mencampurkan pada minuman burung, tetapi jangan terlalu banyak. Untuk takaran atau dosis, sebaiknya anda konsultasi dengan orang yang berpengalaman seperti pemilik toko burung.

Sponsors Link

  1. Air Madu Hangat

Cara lainnya yang bisa diterapkan untuk melakukan pengobatan terhadap burung Lovebird yang tengah sakit yakni, anda bisa memberikan air madu hangat namun jangan terlalu panas. Madu murni dapat meringankan kondisi lovebird yang sedang sakit. (Baca Juga: Perawatan Murai Batu Dorong Ekor)

  1. Obat Maxy-Lyte

Sebenarnya maxy-lyte adalah obat anti stres burung. Akan tetapi saat burung lovebird anda sakit, tidak ada salahnya mencoba memberikan ini. Di khawatirkan, burung yang sakit bisa saja stres dan sebelum hal itu terjadi anda bisa memberikan obat maxy-lyte.

  1. Campuran Air Binahong dan Madu

Manfaatkan air rebusan binahong yang di campurkan dengan madu. Ramuan ini berkhasiat untuk menyembuhkan burung yang sakit. Akan tetapi air rebusan binahong tidak sama seperti pada poin pertama. Cara ini, daun binahong harus di tumbuk terlebih dahulu untuk mendapatkan sarinya. (Baca Juga: Cara Merawat Murai Batu Mabung)

  1. Vitamin

Berikan vitamin tambahan untuk burung yang sakit. Anda bisa membeli vitamin di toko penjual pakan burung terdekat yang menyediakan vitamin tersebut.

Itulah 8 obat untuk Burung Lovebird sakit. Disamping itu, selama lovebird sakit, berikan perawatan terbaik dan perhatian lebih mulai dari lingkungan sampai dengan pemberian pakan. Demikian yang bisa di sampaikan semoga bisa menjadi referensi anda semua, selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Saturday 20th, October 2018 / 04:36 Oleh :
Kategori : Burung