Sponsors Link

7 Cara Sukses Ternak Entok Modern

Sponsors Link

Beternak sudah menjadi hal yang umum dan banyak di lakukan oleh sebagian penduduk, khususnya di perkampungan. Ada banyak jenis hewan yang bisa di ternak, mulai dari binatang kecil seperti kroto sampai dengan binatang besar seperti sapi. Namun yang paling tepat, tidak terlalu kecil atau tidak memakan banyak biaya adalah entok. Anda tentu sudah mengerti dengan hewan yang satu ini.

ads

Entok merupakan salah satu jenis unggas yang termasuk juga bebek. Banyak nama yang diberikan untuk bebek tersebut, seperti diantaranya: entok (jawa), serati (sumatera), entog, bebek basur dan dalam bahasa Indonesia disebut Entok Manila. Sedangkan adapun ciri-ciri fisik bebek entok ini adalah mempunyai bulu badan hitam kilau kebiruan, dan biasanya bagian leher berbulu putih dengan warna kulit sekitar mata berwarna merah tua.

Bebek jenis entok lebih besar dibandingkan dengan bebek yang lain seperti entok petelur, selain itu bebek entok ini juga mampu terbang lebih jauh dari bebek jenis lain. Bebek entok dipelihara untuk diambil dagingnya (bebek pedaging/ potong) karena memang gurih dan tebal. Entok sangat cocok dipelihara di seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Bagaimana caranya Ternak Entok Modern? Demikian akan di sampaikan pada halaman ini. (Baca Juga: Cara Ternak Entok Cepat Sukses)

Akan tetapi sebelumnya anda tetap harus mengerti dengan hewan yang satu ini. Entok dipelihara dan dijinakkan oleh manusia yang akhirnya dapat menjadi salah satu ladang bisnis. Bahkan sebagian besar orang memilih beternak entok lantaran pemasarannya cukup bagus. Jika bicara tentang dulunya, daging entok bisa di katakan bernasib sama seperti daging kelinci yakni seolah tidak laku di jual alias lambat penjualannya.

Faktanya permintaan konsumen terus melambung akan daging ini. Pasalnya entok memang mempunyai tekstur tebal dan gurih. Tak heran banyak restoran yang menjual menu dengan daging entok. Banyak yang mempertanyakan bagaimana caranya untuk beternak entok di era modern seperti sekarang ini. Secara garis besar yang namanya beternak tetap dengan prosedur yang sama, baik modern ataupun tidak.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam cara Ternak Entok Modern yang harus anda ketahui:

  1. Penentuan Lahan

Lahan mana yang akan anda jadikan sebagai kandang, harus anda persiapkan betul. Posisi kandang entok tidak bisa di sembarang tempat. (Baca Juga: Cara Ternak Cacing Sutra)

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Kondisi tanah tandus, tidak terlalu keras atau terlalu empuk
  • Tidak berlumpur
  • Bersih
  • Rindang
  • Berada di belakang rumah atau di pekarangan

Setelah anda memperhatikan hal-hal di atas, selanjutnya anda meyakinkan diri untuk pemilihan lahan dan berlanjut pada pembuatan kandang.

  1. Pembuatan Kandang

Setelah menentukan lahan untuk kandang selesai dilakukan, tahap berikutnya adalah membuat kandang dengan cukup cantik. Ternak entok dengan cara modern bisa dengan pembuatan kandang yang lebih baik dari kandang-kandang pada umumnya. Jika biasanya di gunakan material seperti bambu, maka untuk lebih modern anda bisa membuat khusus dengan batu bata ataupun stainless.

Soal ukuran tergantung kapasitas entok anda. Jangan lupa memberikan batasan setinggi rumah pada umumnya agar entok tidak bisa kabur. (Baca Juga: Cara Ternak Entok Cepat Panen)

  1. Pemberian Pakan

Pakan harus anda perhatikan karena penentu kualitas entok anda nantinya. Berikan gizi yang pas untuk menunjang pertumbuhannya. Berikut bisa anda perhatikan:

Sponsors Link

  • Pemberian pakan untuk anak entok (1 hingga 14 hari): Pakan yang mengandung protein serta nutrisi seimbang seperti memberi pelet atau startet.
  • Pemberian pakan untuk anak entok (15 hingga 35 hari): Pakan yang diberikan cenderung hanya untuk menambah bobot dari anakan entok. Jadi anda bisa berikan pakan konsentrat yang bisa anda campur dengan ampas tahu, dedak atau jagung.
  • Pemberian pakan untuk anak Entok (36 hingga 40 hari): Berikan pakan kombinasi seperti bekatul, ikan runcah, nasi, ampas tahu, keong, menir dan eceng gondok.
  1. Vaksinasi Entok

Lakukan vaksinasi pada entok untuk memberikan kekebalan pada tubuhnya. Vaksin di berikan minimal satu bulan dua kali, sehingga tidak ada penyakit yang datang menyerang tiba-tiba untuk dengan mudah menjalar ke seluruh tubuh. Dengan vaksinasi tersebut penyakit yang di akibatkan oleh virus akan di tangkal. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutu Pada Burung Nuri)

  1. Suplai dengan Vitamin

Selain vaksin, cara beternak entok yang benar lainnya adalah dengan memberikan vitamin. Ada vitamin khusus yang bisa anda berikan pada entok, yakni di dapatkan di kios penjual pakan ternak. Atau mungkin anda lebih untuk membuatnya sendiri yang di sebut dengan probiotik. Umumnya entok akan sering mengalami penyakit seperti allmonellosis, avian influenza, botulismus, fowl cholera, coccidiosis dan fowl pox.

  1. Pemantauan Nafsu Makan

Pantau terus nafsu makan sang entok karena ini bagian dari ternak entok yang modern. Biasanya orang hanya memberikan makan saja tanpa mencermati apakah sang entok mengurangi porsi makannya atau sedang nafsu makan besar. Nah, tips untuk merangsang nafsu makan entok maka ada yang harus anda lakukan yakni berikan makanan yang bercampur dengan konsentrat. (Baca Juga: Cara Mengobati Bengkak Pada Kaki Kucing)

  1. Memantau Lingkungan

Bersihkan lingkungan tempat tinggal entok, jagalah kebersihan. Entok mungkin bisa di katakan sebagai hewan jorok di bandingkan dengan ayam. Akan tetapi entok sebenarnya tetap nyaman berada di lingkungan yang bersih. Usahakan sehari sekali menyapu kandang entok dan membersihkan kandangnya.

Demikian informasi tentang 7 cara Ternak Entok Modern yang dapat Anda terapkan sendiri untuk menjadi peternak modern yang sukses dalam bisnis Entok. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Wednesday 24th, October 2018 / 16:49 Oleh :
Kategori : Hewan Ternak