Sponsors Link

5 Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit

Sponsors Link

Usaha sampingan seperti beternak hewan merupakan salah satu jenis bisnis yang mampu memberikan pendapatan yang cukup besar. Secara umum beternak sangat menguntungkan sekali, tentunya jika anda paham betul berbagai prosedurnya. Hal ini tentu juga tak terlepas dari hewan ternak sebagaimana dibutuhkan oleh manusia untuk dikonsumsi dalam rangka memenuhi keperluan gizi sehari-hari.

ads

Usaha seperti budidaya hewan ternak ini tidak asing lagi di wilayah pedesaan. Anda pun dapat dengan mudah menjumpai berbagai usaha peternakan hewan di perkampungan. Sebagai salah satu contoh usaha ternak yakni kambing, sapi, domba, kerbau, ayam dan lainnya. Akan tetapi tidak semua hewan ternak tersebut memerlukan lahan kecil. Setidaknya anda perlu menyiapkan lahan cukup besar.

Kali ini beberapa tips tentang Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit bisa anda jadikan referensi. Sehingga anda akan mempunyai gambaran yang cukup tentang beternak yang tidak menggunakan lahan luas namun tetap menguntungkan. Berikut ini kekurangan jika anda beternak dengan lahan yang cukup besar:

  • Capek

Mempunyai lahan besar tentu saja tetap harus di bersihkan. Nah, pastinya anda akan merasa capek jika harus membersihkannya sesering mungkin. Salah satu misalnya adalah ternak sapi, setiap hari pasti membuang kotoran. Anda pastinya harus membersihkan setiap hari, tentunya akan membuat anda lebih cepat merasa lelah. (Baca Juga: Cara Beternak Bebek di Lahan Sempit)

  • Biaya Cukup Besar

Kandang yang luas tentunya memerlukan material lebih banyak. Jadi, artinya dengan lahan yang besar berarti anda juga harus berani menambah uang lebih untuk pembuatan. Belum lagi jika kandang telah rusak dan minta di renovasi, bisa anda bayangkan sendiri.

Memang tidak sangat banyak kekurangan beternak di lahan besar. Hal ini tentu berbeda ketika melakukan ternak di lahan yang tidak terlalu luas. Pastinya akan banyak keuntungan yang akan di rasakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Hemat Biaya – Biaya pembuatan kandang tidak begitu banyak, dan lahan yang di perlukan tidak begitu luas.
  • Ringkas – Anda cukup ringkas ketika membersihkannya, berbeda dengan ternak di lahan luas yang pastinya akan membuat lelah.
  • Keuntungan Besar – Pastinya dalam hal keuntungan, anda bisa merasakan sendiri nantinya bagaimana beternak di lahan luas dan lahan sempit.

Siapapun pastinya mengincar usaha dengan modal sedikit namun untung besar. Salah satunya seperti Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit seperti yang sedang di bahas ini. Tidak selalu hewan besar yang mendatangkan pundi-pundi rupiah menggunung. (Baca Juga: Cara Ternak Burung Perkutut Bangkok)

Akan tetapi ada beberapa hewan ternak kecil yang cukup di budidayakan dengan lahan kecil namun tetap menguntungkan, bisa anda lihat berikut:

  1. Ternak Ikan Hias

Anda tahu ikan hias bukan? Nah binatang kecil ini memang hanya cocok sebagai efek cantik aquarium. Ada banyak jenis ikan hias yang bisa anda jadikan lahan bisnis. Ternak ikan hias inilah yang tidak membutuhkan lahan luas. Cukup dengan tempat kecil atau lahan sempit saja sudah bisa menjalankan bisnis ini. Dengan biaya lahan yang sedikit, anda mendapat keuntungan besar dari penjualannya. (Baca Juga: Cara Memelihara Ikan Hias Dalam Toples)

  1. Ternak Ikan Lele

Anda penikmat ikan lele? Jenis ikan ini banyak di jual di pasar karena nikmat untuk di goreng sebagai lauk makan. Meskipun tidak semua orang menyukai lele, tetapi tidak ada salahnya mencoba bisnis ini. Soal lahan, sebenarnya anda tidak perlu membuat kandang luas. Cukup membuat sekat kecil saja untuk budidaya lele. Pemasaran lele cukup bagus, sehingga anda tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian dahsyat.

Sponsors Link

  1. Ternak Kroto

Nah, untuk jenis lain dari Ternak Menguntungkan di Lahan Sempit adalah bisnis kroto. Budidaya kroto sangat menguntungkan sekali, karena banyak di butuhkan orang sebagai pakan burung. Tidak perlu lahan luas atau kandang cantik. Kroto hanya butuh kandang seadanya saja untuk bisa di ternak. (Baca Juga: Cara Mudah Ternak Kroto dalam Toples)

  1. Ternak Burung

Burung adalah salah satu jenis unggas yang banyak mendatangkan rupiah. Bagaimana tidak, dengan melihat perkembangan masyarakat yang antusias bisnis burung menjadikan ini kesempatan baik bagi setiap orang. Anda pun tentu bisa melakukan bisnis ini, baik dirumah ataupun di kios lain yang anda miliki. Bahkan tidak harus menggunakan lahan luas, cukup ruangan kecil saja.

  1. Ternak Belut

Ternak mudah lainnya adalah belut. Hewan yang sekilas mirip ular ini mempunyai kandungan gizi nikmat, mungkin anda ingin mencoba bisnis ini. Tidak masalah. Beternak belut tidak memerlukan tempat atau lahan yang sangat luas. Hanya di perlukan beberapa bak saja, dan semua tetap tergantung dari kapasitas belut yang anda budidayakan. (Baca Juga: Cara Beternak Belut di Drum)

Mengandalkan kerja harian memang tidak sepenuhnya orang merasa puas. Ada beberapa orang yang tidak ingin waktunya terbuang sia-sia, sehingga banyak di manfaatkan mereka untuk beternak agar bisa mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal. Hal itu wajar saja mengingat beternak sendiri pada dasarnya ternak sangat mudah di jalankan serta waktunya cukup fleksibel. Kira-kira seperti itulah beberapa tips ternak yang mudah, menguntungkan walaupun dengan lahan sempit.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 25th, October 2018 / 16:35 Oleh :
Kategori : Hewan Ternak