Sponsors Link

13 Tanda Kelinci Hamil Tua yang Harus Diketahui

Siapa yang tidak mengenal kelinci yang termasuk hewan imut ini. Tidak hanya imut, kelinci termasuk hewan yang aktif dan lincah.Sehingga banyak orang yang memilih untuk nemelihara kelinci karena tingkah lakunya yang menggemaskan.

Selain itu, kelinci termasuk salah satu hewan yang memiliki tingkat produksi lumayan tinggi. Sehingga hewan ini terbilang sangat prospektif untuk dijafikan hewan ternak. Dalam satu kali melahirkan, kelinci betina pada umumnya bisa melahirkan 5 hingga 15 anak.

Bahkan dalam 1 tahun kelinci bisa mengalami 5 kali kelahiran. Ini yang membuat banyak orang memilih untuk beternak kelinci. Tidak hanya untuk dipelihara, daging kelinci pun biasa diolah menjadi makanan. Salah satu yang terkenal yaitu sate kelinci.

Buat kalian yang ingin menjadi peternak kelinci, wajib tahu mengenai ciri-ciri kelinci yang hamil. Ingi bertujuan agar bisa segera memisahkan atau memindahkannya dari indukan kelinci lainnya. Kemungkinan kelinci akan hamil terjadi setelah memasuki hari ke 7 setelah kawin. Jadi 7 hari setelah kalian mengawinkan kelinci betina dengan kelinci jantan, biasanha janin akan mulain berkembang didalam rahim kelinci betina. Tapi ini bukanlah sesuatu yang bisa kalian jadikan patokan. Kalian harus tetao mengetahui mengenai ciri-ciri kelinci hamil.

Berikut 13 tanda kelinci hamil tua yang harus kalian ketahui.

1. Berubah Galak

Biasanya pada saat kelinci hamil tua, akan berubah menjadi galak. Bahkan  kelinci betina menjadi lebih agresif, tidak jarang jika karakternya berubah dan lebih galak daripada kelinci jantan. Jika kalian melihat hal ini, lebih baik untuk segera memisahkan kelinci betina dengan kelinci jantan. Selain itu, kalian juga harua lebih berhati-hati pada saat menangani mereka. Karena bisa jadi kalian akan dicakar jika sudah merasa terganggu atau terancam dengan kehadiran kalian.

2. Menggali Tanah

Tidak hanya kelinci yang terlihat lebih galak dan agresif. Ciri-ciri yang muncul lainnya adalah kelinci suka merusak kandangnya. Bahkan jika kalian sedang mengeluarkannya dari kandang, kelinci akan menggali tanah. Hal ini merupakan sesuatu hal yang alami, karena galian ini bertujuan untuk mempersiapkan proses kelahiran.

Bahkan lubangnya biasanya akan berbentuk terowongan guna menempatkan anak-anaknya. Bahkan lubang yang digali bisa sangat dalam serta berkelok-kelok

Jika kalian sudah merasa kehamilan kelinci memasuki usia ke 17, kalian bisa memisahkannya mereka ke kandang khusus. Walaupun itu termasuk terburu-buru. Karena biasanya usia kehamilan kelinci berlangsung selama 30 – 34 hari. Sehingga kelinci yang hamil dapat kalian pindahkan ke kandang khusus saat memasuki hari ke 24 atau 25.

3. Terlihat Lapar

Selain terlihat lebih galak dan agresif, kelinci yang hamil akan terlihat lebih mudah lapar. Jika kalian ingin perkembangan janin kelinci senantiasa sehat. Alangkah baiknya jika kalian memberikan porsi makanan lebih banyak dari biasanya. Kelinci hamil juga cenderung lebih gampang lapar pada malam hari.

4. Mudah Stress

Karena kelinci sering merasa lapar, jika kalian tidak memberikan mereka banyak makan, kelinci bisa menjadi stress. Bahkan bisa membuat mereka menjadi kanibal. Bahkan bisa melukai diri sendiri dan yang paling buruk adalah membunuh anaknya sendiri. Selain itu, jika kelinci kekurangan asupan nutrisi ini akan membuat produksi air susu menjadi sedikit.

5. Perut Buncit

Tidak hanya manusia saja, kelinci yang hamil bisa kalian lihat dari perutnya yang terlihat buncit. Sehingga jika kalian meraba perut kelinci dan mulai terlihat agak buncit ini berarti kehamilan kelinci mulai memasuki usia ke 17.

6. Gelisah

Pada saat kehamilan kelinci memasuki hari ke 23 sampai 29. Biasanya kelinci akan terlihat sering gelisah serta hidung yang memerah. Serta perut yang terlihat semakin membesar walaupun kalian tidak merabanya.

7. Mengalami Kerontokan

Kelinci yang sedang hamil tua juga seringkalia mengalami kerontokan bulu-bulunya.

8. Sangat Agresif

Kelinci yang sedang hamil tua juga biasanya akan berubah lebih agresif. Apalagi terhadap kelinci-kelinci lain yang berada dalam kandang yang sama. Bahkan mereka akan membuat tanda khusus yang berfungsi untuk menjaga daerahnya. Ini bertujuan untuk mengantisipasi agar anak-anaknya merasa tenang, aman, serta tidak akan mengalami gangguan.

9. Mudah Haus

Tidak cuma porsi makannya saja yang semakin banyak. Porsi minum kelinci yang sedang hamil tua juga mengalami peningkatan. Hal ini harus perhatikan, agar selalu menyediakan minuman. Jangan sampai mereka merasa kehausan dalam waktu lama. Apalagi pada malam hari, dimana mereka suka merasa haus.

10. Terasa Ada Benjolan Pada Saat  Palpasi

Untuk beberapa peternak yang sudah ahli atau sudah lama. Merek biasanya akan melakukan teknik palpasi. Teknik ini sendiri merupakan perabaan pada bagian perut kelinci betina setelah 2 minggu dari proses perkawinan. Jika perkawinan berhasil, saat kalian melakukan proses palpasi, kaliam akan menemukan benjolan seukuran buah zaitun.

Buat kalian yang baru saja menjadi peternak kelinci, jangan pernah melakukan proses Palpasi. Lebih baik kalian memanggil dokter hewan atau orang yang sudah lama beternak kelinci. Karena jika salah justru akan menyakiti janin yang mereka kandung.

11. Tidak Mau Dikawinkan 

Ciri lainnya jika kelinci sedang hamil muda yaitu biasanga mereka tidak bersedia dikawinkan. Jika kalian memasukkannya kedalam kandang berisi kelinci jantan. Mereka akan terlihat berlari-lari menjauh dari pejantan. Bahkan mereka cenderunh bersikap galak terhadap kelinci jantan yang ingin mendekati mereka.

12. Mulut Berwarna K.emerahan

Ciri-ciri lainnya yang menjadi pertanda kelinci betina hamil tua adalah mulut yang terlihat lebih kemerahan. Semakin tua usia kehamilan kelinci akan ditandai dengan mulut yanh terlihat semakin memerah. Bahkan pada bagian hidung terlihat memerah juga.

13. Lebih Sensitif

Perubahan lainnya yang terjadi pada kelinci betina yang hamil tua yaitu menjadi lebih sensitif. Mereka akan terlihat lebih waswas terhadap kelinci disekitar bahkan kalian. Selian itu mereka juga jadi lebih mudah stres bahkan dengan gangguan kecil. Kelinci yang hamil tua juga akan mudah merasa terancam.

Sebelum kalian mengawinkan kelinci, kalian harus menempatkan mereka di ruangan yang nyaman dan pastikan makanan serta minuman tersedia. Memastikan kenyamanan merupakan aspek paling penting jika kalian ingin kelinci cepat hamil. Kalian juga harus ingat jika kelinci bisa dikawinkan jika sudah dewasa serta tingkat kematangan kelaminnya yang cukup. Untuk kematangan reproduksi sendiri dapat kalian lihat dari ukuran tubuhnya.

Tiap jenis-jenis kelinci mempunyai usia kehamilan yang berbeda-beda. Tentunya juga mempunyai ciri-ciri yanh berbeda.

, , ,
Post Date: Thursday 22nd, February 2018 / 09:07 Oleh :
Kategori : Kelinci