Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Infeksi Mata Pada Anjing Yang Benar

Anjing menjadi satu diantara beberapa hewan peliharaan populer yang banyak diminati untuk diperlihara sama seperti kucing. Ada banyak jenis anjing dengan karakteristiknya masing masing yang menjadi hewan peliharaan. Dalam memelihara anjing, tentu ada beberapa kendala atau penyakit yang dapat menyerang tubuh anjing yang salah satunya adalah infeksi mata pada anjing. Infeksi mata tersebut harus dapat diatasi dengan cepat dan tepat oleh setiap pemilik kucing. Berikut beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi infeksi mata pada anjing yang perlu diperhatikan dengan baik dalam ulasan di bawah ini.

  1. Bersihkan mata anjing

Langkah pertama yang dilakukan dalam cara mengatasi infeksi mata pada anjing adalah memberihkan mata tersebut karena biasanya adanya infeksi akan menyebabkan adanya kotoran pada mata anjing. Pembersihan mata anjing tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan kain waslap bersih dengan air hangat. Bersihkan secara perlahan mata dan area sekitarnya secara perlahan dan jangan gunakan waslap yang sama untuk membersihkan mata anjing lagi sebelum waslap tersebut dibersihkan. (Baca juga : jenis sakit mata pada kucing)

  1. Tetes mata menggunakan larutan salin

Selain membersihkan area luar dari mata anjing yang terinfeksi, bagian mata dalam juga perlu diberisihkan namun tidak menggunkan waslap karena bisa menyebabkan mata lecet dan bermasalah. Untuk membersihkan bagian dalam mata anjing yang mengalami infeksi dalam digunakan larutan salin dengan bantuan alat tetes. Selain membersihkan bagian dalam mata anjing yang terinfeksi, larutan salin juga dapat membantu dalam mengurangi iritasi pada mata. (Baca juga : cara menghilangkan busa pada mata ayam)

  1. Pisahkan anjing dari lainnya

Selama proses pengatasan kondisi mata anjing yang terinfeksi tersebut maka perlu adanya pemisahan anjing yang terinfeksi dengan anjing yang normal dan sehat. Pemisahan anjing tersebut diperlukan untuk membersihkan kandang yang bisa jadi merupakan penyebab infeksi secara mencegah terjadinya penularan infeksi terhadap anjing maupun hewan peliharaan lainnya. (Baca juga : jenis sakit mata pada anjing)

  1. Bawa anjing ke dokter hewan

Anjing yang matanya terinfeksi perlu mendapatkan obat antibiotik yang diresepkan dan direkomendasikan oleh dokter hewan. Untuk mendapatkan resep obat antibiotik tersebut maka anjing perlu dibawa ke dokter hewan agar sebelumnya mendapatkan diagnosis yang tepat dari dokter sehingga pilihan jenis antibiotik yang digunakan tepat sesuai penyebab infeksi pada mata. (Baca juga : macam penyakit mata pada burung)

  1. Berikan antibiotik pada anjing

Jika resep obat untuk infeksi anjing sudah diperoleh dari rekomendasi dokter hewan maka kewajiban pemilik anjing dalam cara mengatasi infeksi mata pada anjing adalah memberikan antibiotik kepada mata yang terinfeksi. Selain obat tetes mata antibiotik terkadang ada beberapa jenis obat lain termasuk obat oral yang harus diberikan kepada anjing dalam proses pengobatan infeksi mata. (Baca juga : penyakit mata pada kucing)

  1. Jaga agar anjing tidak mengaruk mata

Selama proses penyembuhan infeksi mata pada anjing hal lain yang perlu untuk dilakukan adalah menjaga agar anjing tidak mengaruk mata yang terinfeksi. Mata anjing yang terinfeksi memang akan menyebabkan rasa gatal yang cukup kuat. Untuk membantu dalam mencegah anjing mengaruk matanya selama proses pengobatan dapat dengan mengenakan corong khusus pada kepala anjing.

Itulah beberapa cara mengatasi infeksi mata pada anjing yang perlu diperhatikan dengan baik agar kondisi infeksi mata tidak menyebabkan kondisi yang lebih berbahaya bagi anjing.




Post Date: Friday 24th, May 2019 / 09:17 Oleh :
Kategori : Anjing