Sponsors Link

5 Cara Agar Anjing Tidak Merusak Barang Yang Efektif

Anjing menjadi salah satu jenis hewan yang sampai saat ini banyak dipelihara karena tingkah polanya yang lucu dan menurut kepercayaan masyarakat merupakan salah satu hewan yang pintar dan penurut serta setiap. Meskipun memiliki sikap yang lembut, beberapa anjing peliharaan terkadang dapat berperilaku burung dengan sering merusak barang yang ada dilingkungan sekitarnya. Untuk dapat mencegah agar anjin tidak merusak barang barang disekitarnya maka perlu adanya usaha yang dilakukan oleh pemilik anjing. Berikut  beberapa cara agar anjing tidak merusak barang dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Pahami penyebabnya

Sebelum menentukan cara agar anjing tidak merusak barang yang tepat maka perlu diperhatikan apa yang mendasari anjing tersebut melakukan salah satu hal yang paling tidak disukai oleh pemilik anjing peliharaan. Beberapap penyebab yang menjadikan anjing merusak barang diantaranya seperti :

  • Depresi, kondisi anjingnya stres dan depresi dapat menyebabkanya merusak barang disekitar untuk melampiaskan apa yang dirasakan anjing tersebut.
  • Anjing kesepian, penyebab lainnnya yang menjadikan anjing dapat merusak barang adalah karena terlalu lama menyendiri tanpa adanya teman bermain. ( Baca juga : cara mengatasi anjing susah makan)
  • Menyukai rasa dan bau barang, beberapa anjing tanpa masalah psikis secara normal memang akan menyukai barang barang tertentu karena rasa dan baunya. Ada banyak barang yang dapat menarik anjing mulai dari kayu, sandal, perabot, dan lain sebagainya.
  1. Jangan langsung memarahi atau menghukum anjing

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan dan dihindari oleh setipa pemilik anjing dalam cara agar anjing tidak merusak barang adalah dengan tidak selalu memarahi atau menghukum anjing secara langsung tanpa mengetahui penyebabnya ketika mengunyah atau mengigit barang secara sembarangan. Cara ini diperlukan untuk menjaga perasaan anjing agar tidak mudah emosi dan secara perlahan mengajarkan anjing untuk tidak merusak barang. ( Baca juga : jenis penyesuaian diri pada anjing)

  1. Ciptakan hubungan yang baik antara pemilik dan anjing

Agar anjing lebih mudah menurut apa yang dikatakan oleh pemiliknya maka langkah yang harus dilakukan adalah menciptakan hubungan yang lebih baik antara anjing dan pemiliknya dengan cara mengajak anjing bermain lempar tangkap tongkat maupun melatih anjing untuk memiliki kemampuan tertentu. Hubungan baik juga dapat diperoleh dari sikap kasih sayang pemilik anjing terhadap anjing peliharaannya. ( Baca juga : tanda anjing depresi)

  1. Menciptakan lingkungan yang nyaman bagi anjing

Anjing yang sering mengigit dan merusak benda disekitarnya juga dapat disebabkan oleh karena kondisi lingkungan yang kurang nyaman dan cukup membuat anjing menjadi depresi atau kesepian. Untuk mengatasi dan menghindarkan sifat buruk anjing tersebut maka pemilik harus menciptakan lingkungan yang nyaman dan bersahabat bagi anjing dan penuh dengan kasih sayang. Sering mengajak anjing bermain dan tidak membiarkannya sendiri merupakan langkah untuk menjadikan anjing nyaman. ( Baca juga : cara membuat anjing berhenti menggigit)

  1. Menjauhkan benda yang berpotensi dirusak anjing

Langkah terakhir dalam cara agar anjing tidak merusak barang adalah dengan menjauhkan benda yang berpotensi dirusak dari sekitar anjing serta tidak memberikan anjing mainan plastik yang malah dapat memicu anjing merusak benda lainnya. ( Baca juga : bagaimana anjing mendinginkan tubuhnya)

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara yang dapat dilakukan agar anjing tidak dengan mudah memiliki sifat untuk merusak benda benad disekitarnya yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik anjing.

 

, ,
Post Date: Saturday 25th, May 2019 / 15:01 Oleh :
Kategori : Anjing