Sponsors Link

6 Cara Agar Anjing Tidak Tidur Terus Dan Lebih Aktif

Anjing menjadi salah satu jenis hewan yang banyak dipelihara di masyarakat dengan bentuk dan jenisnya yang beragam. Dalam proses memelihara anjing, tentu akan ditemui beberapa permasalahan yang dapat menjadikan anjing menjadi malas dan hanya memiliki keinginan untuk tidur terus sepanjang hari. Kondisi anjing yang menjadikan tidur terus tersebut perlu untuk diatasi dengan cara yang baik. Berikut beberapa cara agar anjing tidak tidur terus yang perlu diperhatikan oleh setiap pemiliki anjing yang memiliki masalah tersebut dalam penjelasan di bawah ini.

Penyebab Anjing Tidur Terus

Sebelum memahami cara agar anjing tidak tidur terus maka hal yang perlu diperhatikan adalah penyebab dari munculnya kondisi anjing yang demikian. Beberapa penyebab anjing tidur terus yang perlu diperhatikan dalam proses mengatasinya diantaranya seperti :

  1. Depresi, anjing yang tidur terus merupakan salah satu tanda kondisi anjing yang depresi akibat berbagai hal termasuk lingkungan yang tidak membuat anjing nyaman. Depresi merupakan akumulasi dari kondisi stres yang cukup berat pada anjing.
  2. Hipertiroidisme, hipertiroidisme terjadi ketika anjing memiliki kadar hormon tiroid yang terlalu tinggi di dalam tubuhnya. Kelainan kondisi kesehatan tersebut dapat memicu anjing menjadi mudah tidur dan malas dalam melakukan aktivitas. 
  3. Infeksi, penyebab lainnya yang juga dapat menjadikan anjing tidur terus adalah karena adanya infeksi yang terjadi pada tubuh anjing. Kondisi infeksi tersebut menjadikan tubuh berusaha keras untuk melawan microorganisme yang menginfeksi. Infeksi yang dapat menyebabkan anjing tidur terus diantaranya seperti parvovirus, cacing jantung, dystemper, penyakit lyme, dan leptospirosis.
  4. Diabetes, permasalahan lain yang juga dapat menyebabkan anjing tidur terus adalah karena anjing mengidap penyakit diabetes. Salah satu gejala munculnya diabetes adalah kondisi tubuh anjing yang lemah, lemas, dan memiliki keinginan untuk tidur terus menerus. Penyebab lainnya yang juga menjadikan anjing tidur terus adalah karena faktor usia yang relatif sudah tua. ( Baca juga : tanda anjing depresi)

Cara Agar Anjing Tidak Tidur Terus

Setelah penyebab dari munculnya kondisi anjing yang tidur terus diketahui maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan menjadikan anjing tidak tidur terus lagi yang diantaranya seperti :

  1. Berinteraksi, langkah petama yang harus dilakuakn oleh pemilik anjing adalah mengajak anjing tersebut untuk berinteraksi dan bermain. ( Baca juga : cara mengatasi anjing demam)
  2. Menjaga kenyamanan anjing, menjaga kondisi kenyamanan anjing akan membantunya untuk tidak stres dan depresi sebagai salah satu pemicu munculnya kondisi anjing sering tidur.  
  3. Menjaga nutrisi bagi anjing, anjing yang kekurangan nutrisi maupun terlalu banyak makan ternyata juga memicu kondisi anjing tidur terus sehingga harus dhindari. ( Baca juga : cara anjing mengenali majikannya)
  4. Melihat adanya tanda tanda masalah pada anjing, pemilik perlu memperhatikan adanya tanda tanda masalah pada tubuh anjing yang dapat menyebabkannya tidur terus.
  5. Membawa anjing ke dokter hewan, jika ada tanda masalah pada anjing maka membawanya kedokter hewan untuk mendapatkan diagnosis merupakan langkah yang tepat.
  6. Mengatasi penyebab anjing tidur terus, setelah ada proses diagnosis maka dokter akan menentukan cara yang tepat untuk mengatasi kondisi anjing tidur terus agar lebih aktif. ( Baca juga : cara melatih anjing tidur di kandang)

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara agar anjing tidak tidur terus yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik anjing sehingga dapat menjadikan anjing aktif kembali. 

, , ,
Post Date: Saturday 25th, May 2019 / 15:07 Oleh :
Kategori : Anjing