Sponsors Link

7 Cara Anjing Mengenali Majikannya

Sponsors Link

Memiliki hewan peliharaan tentu harus dapat menjadikannya dapat mengenali pemilik atau majikan. Kondisi tersebut juga berlaku untuk anjing sebagai salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak dimiliki di masyarakat Indonesia.

ads

Untuk dapat menjadikan anjing mengenali majikannya maka perlu ada beberapa usaha yang dilakukan terhadapnya. Berikut ini beberapa cara anjing mengenali majikannya dan usaha usaha yang dapat dilakukan agar anjing lebih mudah serta cepat untuk mampu mengenali pemiliknya.

  1. Melalui penglihatannya 

Anjing yang telah memahami mana majikannya maka dapat secara langsung mengenali majikannya dari wajah serta postur tubuh yang dimiliki oleh majikannya. Untuk dapat menjadikan anjing dapat mengenali majikannya melalui penglihatan maka majikan maupun pemilik harus sering berkomunikasi dengan anjing serta memberikan beberapa perintah maupun melatihnya setiap saat. Dengan intensitas pertemuan yang tinggi maka anjing akan mudah mengenali pemiliknya. (Baca juga : Cara melatih anjing tidur di kandang)

  1. Melalui penciumannya

Anjing masih memiliki kerabat dekat dengan srigala sehingga mampu memiliki indera penciuman yang sangat kuat. Bahkan karena kemampuannya tersebut anjing banyak digunakan untuk mengendus benda mencurigakan dan menjadi bagian dari kepolisian. Melalui penciumannya juga, anjing dapat mengenai bau badan yang dimiliki oleh majikannya. Indera penciuman merupakan salah satu cara anjing mengenali majikannya. (Baca juga : Cara membuat anjing berhenti menggonggong)

  1. Melalui ingatan kuatnya

Anjing merupakan salah satu hewan yang memiliki ingatan kuat dan mampu selalu menghafal majikannya. Selain itu, anjing termasuk hewan yang tidak mengenal waktu untuk menyimpan ingatan pemiliknya. Dengan begitu seberapa lama anjing yang sudah sangat menurut dan setia dengan pemiliknya terpisah pasti secara ingatan anjing tersebut tetap dapat mengenali majikannya. (Baca juga : Cara mengatasi anjing demam)

  1. Melalui sensitivitas yang dimiliki

Anjing memiliki separation anxiety yang menjadikannya selalu menjadi gelisah ketika majikanya pergi khususnya bagi anjing yang sudah sangat dekat ,setia, serta menurut dengan majikannya. Melalui sensitivitas yang dimilikinya tersebut secara langsung anjing dapat mengenali wajah dari pemiliknya meskipun telah terpisah dalam periode waktu yang sangat lama. (Baca juga :

  1. Melalui pendengarannya

Memberikan perintah kepada anjing biasanya dilakukan dengan cara memberikan perintah berupa kata dalam suara yang diucapkan oleh pemilik atau majikannya. Anjing yang terbiasa diberikan perintah melalui suara tentu akan menyimpan suara dari pemiliknya melalui ingatannya yang tajam. Dengan begitu, salah satu cara anjing mengenali majikannya adalah melalui suara yang dihasilkan oleh majikan.

Itulah beberapa cara umum anjing untuk dapat mengenali majikannya. Agar kondisi pengenalan tersebut dapat terjadi pada anjing yang dimiliki maka harus ada beberapa cara melatih yang dilakukan pemilik dengan benar. Beberapa cara melatih yang perlu diperhatikan oleh pemilik agar anjing dapat menurut serta mudah mengenai majikannya diantaranya seperti :

  • Menjadikan pemilik sebagai seorang pemimping kelompok
  • Membina hubungan baik dengan anjing dan tetap menjadikan kedudukannya dibawah pemilik.
  • Jangan memberikan hukuman fisik ketika anjing berbuat nakal cuku memberikan kata tegas kepadanya agar berhenti serta abaikan jika tetap nakal namun jangan sampai membuat munculnya tanda anjing depresi.
  • Berkomunikasi dan berinteraksi dengan anjing secara rutin agar dapat segera mengenali majikannya
  • Usahakan untuk memelihara, melatih, dan mendidik anjing sejak kecil sehingga secara otomatis anjing akan dapat mengenali pemiliknya lebih mudah serta mengenai ciri ciri anjing sakit.

Beberapa cara anjing mengenali majikannya tersebut perlu diperhatikan agar dalam melatih anjing untuk setia dapat dilakukan dengan benar. Beberapa tips melatih anjing agar mengenali majikanya yang disebutkan diatas juga dapat dilakukan.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 06th, August 2018 / 07:57 Oleh :
Kategori : Anjing