Sponsors Link

6 Tips Sukses Mengawinkan Ayam Bangkok Untuk Budidaya

Ayam bangkok merupakan salah satu jenis ayam yang bukan dimanfaatkan untuk konsumsi. Ayam bangkok adalah jenis ayam yang digunakan sebagai salah satu jenis ayam aduan di masyarakat. Untuk mendapatkan ayam bangkok yang memiliki kemampuan aduan terbaik maka harus diperoleh dari indukan ayam bangkok yang tentunya berkualitas aduann yang baik juga. Untuk mendapatkan anakan ayam bangkok dari indukan berkualitas tersebut maka harus melewati proses yang namanya perkawinan. Berikut  beberapa tips sukses mengawinkan ayam bangkok dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Siapkan indukan berkualitas baik

Hal pertama yang menjadi tips sukses mengawinkan ayam bangkok adalah memilih dan menyiapkan sepadang indukan ayam bangkok yang berkualitas. Setiap satu ayam jantan dapat dikawinkan hingga 3 – 4 ayam betina. Indukan ayam bangkok yang berkualitas tentu memiliki bentuk fisik yang sempurna, berasal dari indukan berkualitas juga, serta usianya cukup untuk dapat melakukan perkawinan. Ayam bangkok jantan juga harus memiliki riwayat aduan yang baik karena memang anakan ayam yang akan dihasilkan dari perkawinan tersebut akan digunakan sebagai ayam aduan. (Baca juga : cara mengatasi kaki lemes pada ayam bangkok)

  1. Pastikan kedua indukan memang siap untuk kawin

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam proses mengawinkan indukan ayam bangkok adalah memastikan bahwa kedua indukan baik jantan maupun betina memang sudah siap untuk dikawinkan. Ayam bangkok yang siap kawin dapat dinilai dari usia dan perilaku yang ditunjukan oleh ayam tersebut ketika  bertemu dengan lawan jenisnya. (Baca juga : cara mengatasi mental ayam muda)

  1. Menggunakan teknik kandngan umbaran

Tips sukses mengawinkan ayam bangkok selanjutnya dalah dengan memanfaatkan cara menggunakan kandang umbaran. Kandang umbaran harus dipersiapkan terlebih dahulu dengan ukuran kandang yang cukup luas. Masukan ayam bangkok kedalam kandang tersebut dan hanya ada satu ayam bangkok jantang saja pada setiap kandang dengan beberapa indukan ayam betina. Biarkan ayam berkenalan dan melakukan proses perkawinan secara alami. (Baca juga : cara melatih ayam agar tidak main bawah)

  1. Memaksakan proses perkawinan

Teknik perkawinan menggunakan kandang umbaran terkadang memiliki kelemahan ketika indukan betina yang sudah diseleksi memiliki kualitas yang baik dan siap untuk kawin memiliki sifat keenganan untuk kawin dengan ayam bangkok jantan. Untuk mengatasi ini makan perlu dilakukan proses perkawinan dengan cara paksaan. Cara ini mungkin cukup sulit bagi mereka yang belum memiliki pengalaman namun dapat dicoba karena memang tidak langsung berhasil memaksakan kedua indukan tersebut untuk kawin. (Baca juga : cara mencegah flu burung pada ayam bangkok)

  1. Mengatasi penyebab ayam tidak mau kawin

Beberapa kondisi tertentu, kadang kala ayam memang tidak mau untuk kawin meskipun sudah dipaksakan. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya beberapa penyebab yang membuat ayam tidak mau secara alami untuk kawin. Kebugaran dan kesehatan ayam menjadi salah satu faktor penyebab yang dapat menjadikan ayam memiliki keadaan tidak mau untuk dikawinkan. Untuk mengatasi hal tersebut maka perlu dilakukan pengetasan penyebab ayam tidak mau kawin. (Baca juga : ciri ciri ayam bangkok berkualitas)

  1. Pastikan ayam dalam kondisi yang tidak stres

Pemenuhan nutrisi bagi ayam dengan pakan berkualitas diperlukan dan perlu juga untuk memperhatikan selalu kandang ayam agar mencegah kondisi ayam tidak stres. Hal ini dikarenakan ayam yang stres dapat menjadi penghambat perkawinan ayam bangkok tersebut. 

Itulah beberapa tips sukses mengawinkan ayam bangkok yang perlu diperhatikan oleh setiap peternak maupun pemilik ayam bangkok itu sendiri.

, , ,
Post Date: Saturday 06th, April 2019 / 05:55 Oleh :
Kategori : Ayam