Sponsors Link

8 Cara Agar Ikan Mas Koki Tidak Cepat Mati

Sponsors Link

Bagaimana cara agar Ikan Mas Koki tidak cepat mati? Sepertinya pertanyaan ini sangat umum di perbincangkan. Khususnya untuk anda pecinta ikan hias semua.

ads

Bagaimana tidak, jika mungkin anda sendiri salah satu pecinta ikan hias tentu saja berusaha mencarikan yang terbaik untuk peliharaan.

Meski hidup di air, namun ikan hias memberikan kecantikan tersendiri.

Bicara tentang ikan hias memang cukup banyak, dan salah satunya adalah ikan mas koki yang banyak di jumpai. Dari kita semua tentu sudah sangat familiar dengan ikan ini, mempunyai bentuk tubuh cantik dan menggoda. Lalu seperti apa definisi ikan mas koki itu sendiri?

Ikan mas koki adalah jenis ikan hias yang hidup di air tawar dan banyak di pelihara masyarakat Indonesia. Hal ini karena ikan mas koki mempunyai harga cukup terjangkau dan warna yang cantik.

Ciri khas dari ikan mas koki yakni adanya tonjolan di kepala dan perut buncitnya. Ikan ini juga merupakan salah satu jenis ikan yang pertama kali berhasil didomestikasi, dipelihara, serta dibudidayakan manusia. Ikan mas koki biasa di sebut juga dengan nama singkat ikan mas saja, adalah jenis ikan populer berasal dari Cina.

Berdasarkan sejarahnya, ikan hias ini pertama kali ditemukan pada tahun 960 -1279. Ikan mas koki juga masih satu keluarga dengan ikan mas (ciprinus Carpio), yakni dengan bentuk tubuhnya yang sangat mirip dengan ikan mas.

Tepatnya pada masa Dinasti Ming tahun 1368-1644) di Negara Cina sendiri, ikan mas koki mempunyai kemajuan dan banyak di jual ke Negara lain seperti jepang. Perkembangan ikan koki di negeri sakura tersebut sangat maju pesat dengan cepat dibandingkan di negara asalnya sendiri. Dari Jepang, akhirnya ikan mas koki juga menyebar di negara lain seperti Indonesia salah satunya. (Baca Juga: Cara Membuat Umpan Ikan Mas)

Cara agar Ikan Mas Koki tidak cepat mati akan di uraikan pada artikel ini untuk anda yang ingin memelihara jenis ikan hias tersebut. Pasalnya memelihara ikan hias sendiri gampang-gampang susah, dibilang gampang namun sedikit susah dan dibilang susah sebenarnya tidak sangat juga. Berikut adalah cara untuk memelihara ikan mas koki agar tak cepat mati:

  1. Penggunaan Wadah

Beberapa dari kita semua tentu ada yang memelihara hanya satu atau dua ekor ikan mas di dalam sebuah wadah kendi kaca.

Kesan artistik memang akan muncul ketika ikan hias di letakkan pada wadah tersebut. Akan tetapi meletakkan ikan didalam wadah kendi kaca tersebut membuat ikan merasa kurang nyaman karena kurang luas atau lebar.

Karena wadah kecil akan membuat ikan mas koki tersebut kesulitan mengambil oksigen (tidak leluasa). Oleh karena itulah sebaiknya gunakan wadah aquarium yang cukup lebar untuk memelihara ikan mas anda. (Baca Juga: Tips Sukses Ternak Ikan Mas)

Sponsors Link

  1. Ukuran

Pada awalnya, ikan mas memang berukuran kecil. Tetapi jika anda bisa merawatnya dengan cukup baik, ukuran ikan mas bisa bertambah sampai sebesar kaki orang dewasa. Banyak orang yang tidak menyadari tentang hal ini, sehingga mengharuskan mereka harus membeli wadah yang terbaru untuk ikan mereka yang sudah berukuran besar.

Pastinya akan lebih baik lagi jika dari awal anda sudah meletakkannya di wadah yang cukup besar. Disamping karena ikan mas sendiri dapat tumbuh dan berkembang besar, ikan mas anda juga akan merasa sangat nyaman bila mempunyai ruang untuk berenang yang cukup besar.

  1. Penutup

Gunakan penutup aquarium untuk membuat ikan mas nyaman dan hidup tenang. Pada umumnya, ikan mas memang memiliki kecenderungan untuk meloncat ke atas permukaan air. Oleh karenanya anda harus memberikan triplek sebagai penutupnya. (Baca Juga: Budidaya Ikan Mas dalam Keramba)

  1. Lampu

Mengapa harus menggunakan lampu? Pastinya, karena ini sangat penting sekali. Anda sendiri tentunya sering melihat aquarium di malam hari, terangnya karena sebuah lampu yang di pasangkan.

Sebaiknya gunakan lampu pijar yang redup untuk aquarium selama kurang lebih 10 jam dalam sehari. Lampu yang demikian tidak banyak memakan watt sehingga masih tetap hemat. Penerangan ini tidak akan membuat ikan mudah stress dan akibatnya mati.

  1. Air

Selain empat hal di atas, cara selanjutnya yang bisa diikuti yakni dengan tetap memperhatikan air dalam aquarium. Anda sebaiknya rutin untuk mengecek tingkat keasaman air yang ada di aquarium secara teratur. Indikator pemeriksa keasaman ini bisa anda dapatkan (beli) di sebuah toko perlengkapan aquarium.

  1. Penukaran Air Aquarium

Aquarium pada umumnya telah dilengkapi dengan filter yang berfungsi untuk menjaga kebersihan aquarium anda. Namun, hal ini bukan berarti anda lantas bisa membiarkan air di aquarium tidak diganti sampai berbulan bulan. Cara yang tepat merawat ikan mas koki yakni dengan tetap mengganti air di aquarium secara teratur atau minimal dua kali dalam seminggu. (Baca Juga: Masa Panen Ikan Patin Kolam Terpal)

Sponsors Link

  1. Penyaring

Ikan mas koki selalu membuang banyak kotorannya. Nah, jika di biarkan kotoran ini lama kelamaan akan menjadi amonia yang merupakan racun berbahaya bagi ikan.

Untuk itu, anda harus mempunyai sistem penyaringan aquarium yang tepat dan bagus. Penyaring yang ada pada filter juga harus anda sering ganti, khususnya apabila memang sudah kotor. Filter juga harus di bersihkan secara teratur minimal dua kali dalam satu bulan.

  1. Pakan Ikan

Pada dasarnya kebutuhan pokok ikan mas yakni makanan yang harus di berikan adalah pellet. Khususnya adalah pellet yang memiliki komposisi daging dan juga tumbuhan. Berikanlah sedikit saja, tetapi secara rutin dan sering. Sehingga ikan pun akan berkembang baik dan sehat. (Baca Juga: Cara Merawat Ikan Cupang agar Ekornya Bagus)

Seperti itulah 8 cara agar Ikan Mas Koki tidak cepat mati yang dapat Anda terapkan sendiri pada hewan peliharaan atau mungkin hewan ternak supaya lebih awet dan menguntungkan. Semoga artikel ini dapat membantu anda semua, selamat membaca dan salam sukses.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Saturday 25th, August 2018 / 02:10 Oleh :
Kategori : Ikan