Sponsors Link

8 Cara Agar Induk Kucing Mau Menyusui Anaknya

Sponsors Link

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang sangat familiar. Anda pasti sering menjumpainya di manapun, di pasar, kampung, kota, atau lingkungan sekitar. Meski kucing merupakan hewan lucu, nyatanya tidak semua orang pecinta kucing. Kendati demikian beberapa orang benar-benar tulus mencintai hewan satu ini dengan sepenuh hati.

ads

Nah, sebagai pecinta kucing pastinya anda ingin yang terbaik untuk totalitasnya. Pernahkah anda menjumpai indukan yang tidak mau menyusui anaknya? Sangat di sayangkan tentunya, dan anda selalu ingin berbuat manis kepada sang kucing baik indukan maupun anaknya. Melihat sikap yang seperti ini lantas apa yang bisa di perbuat? Mungkin Anda perlu tau mengenai cara agar Induk Kucing mau menyusui Anaknya berikut.

Disini akan di paparkan tentang hal-hal yang menjadi cara supaya Induk Kucing mau menyusui Anaknya. Sehingga anda tidak perlu cemas bagaimana dalam menemukan solusi yang tepat. Memang, kadangkala melihat kelakuan sang induk tidak pernah bisa di sangka. Namun bukan tanpa alasan para indukan membiarkan anaknya begitu saja. Berikut berbagai cara yang perlu Anda perhatikan. (Baca Juga: Cara Agar Induk Kucing Tidak Memindahkan Anaknya)

  1. Hindari Menyentuh Anak Kucing Langsung

Salah satu yang menarik dari penyebab mengapa kucing tidak mau menyusui anaknya adalah tangan manusia. Dalam usia yang masih sangat kecil, banyak orang menyarankan agar anakan kucing tidak di sentuh terlebih dahulu oleh manusia. Semua ini dengan alasan agar supaya anakan tersebut tetap alami, tidak tercampur apapun.

Masalahnya, ketika tangan manusia telah menyentuh anakan kucing tersebut, sang induk akan mencium aroma berbeda pada tubuh anaknya. Masalah yang akan timbul, indukan tidak mau menyusui anak lantaran merasa asing dengan aromanya. Oleh karena itu Anda perlu menghindari menyentuhnya secara langsung, kalau perlu Anda bisa menggunakan alas ketika memegangnya, entah itu kain atau memakai sarung tangan.

  1. Jangan di Beri Parfum

Selain tidak boleh di sentuh, jangan pula sesekali anda menggunakan parfum untuk menyemprot tubuh sang anak kucing. Ada sebagian orang (pecinta kucing) yang ingin membuat kesayangan mereka tampil berbeda. Apapun akan di lakukan sebagai bentuk perawatan. Salah satunya yang sering di jumpai yakni dengan menyemprotkan parfum untuk menciptakan aroma baru. Ini salah sekali, sangat di salahkan. Mengapa?

Karena kasus ini mirip seperti pada poin pertama, ketika sang anak menimbulkan aroma baru maka indukan akan merasa bahwa anaknya tersebut bukan anaknya. Sehingga jangan terkejut jika induk meninggalkan anaknya. Usahakan jangan memberikan apa-apa selama masih dalam usia yang belum bisa di sapih. (Baca Juga: Cara Mengobati Gatal Pada Kucing Anggora)

  1. Periksa Kesehatan Menggunakan Sarung Tangan Baru

Dengan menggunakan sarung tangan, periksalah keadaan anak kucing apakah sehat atau sedang sakit. Tentu tanda-tandanya akan terlihat, lebih lemas dan pucat. Jika sudah seperti ini masukkan ke dalam kandang dan bawalah ke dokter. Tujuan ini memastikan kucing anda tidak sedang mengidap penyakit mastitis.

Mungkin juga dengan alasan lain mengapa kucing tidak mau menyusui anaknya, yakni karena anak tersebut mengidap penyakit mastitis. Penyakit mastitis adalah gejala yang menimbulkan puting susu lebih mengeras dan kaku. Hasilnya akan membengkak, dan sang induk akan meninggalkan anaknya tersebut.

Sponsors Link

  1. Bantu Anak Kucing Menemukan Puting Induk

Entah bisa melihat atau tidak, bantulah anak kucing untuk menemukan puting induknya. Anak kucing yang terlahir dengan masalah penglihatan akan terlihat kesulitan mencari susu induknya. Memang tidak bisa di prediksi apakah indukan kucing bisa menerima dengan sepenuh hati jika melihat anaknya mengalami cacat fisik.

Tetapi hal inilah yang sering terjadi, dimana indukan meninggalkan sang anak lantaran cacat seperti buta. Anak kucing yang mengalami kebutaan akan kesulitan mencari susu dari sang induk. Hal ini sangat mudah di rasakan oleh induknya dan membuat indukan meninggalkan anaknya. (Baca Juga: Jenis Sakit Mata Pada Kucing)

  1. Ada Masalah Genetik

Masalah genetik bisa menjadi pemicu bagi sang induk untuk tidak menyusui anaknya. Bisa jadi karena hal ini sang induk tidak mau menyusui anaknya dan meninggalkannya. Masalah genetik yang di maksudkan datang sejak lahir seperti keadaan tubuh berbeda dari yang lain seperti kurus, kering dan lemas.

Cara mengatasinya adalah dengan menjaga sang induk pada saat menyusui agar anda bisa memastikan anakan yang sedang mengalami faktor genetik tersebut bisa mendapat jatah susu. Minimal dengan keberadaan anda, bisa selalu membantu anak kucing tersebut.

  1. Berikan Vaksin

Vaksin di berikan kepada sang anak kucing untuk memastikan kesehatannya. Tetapi jangan sampai lupa untuk selalu menggunakan sarung tangan untuk menyentuh atau menggendongnya. Anak kucing yang tengah sakit memang kebanyakan akan terabaikan oleh induknya. Di mungkinkan karena sang induk takut bisa saja menular pada yang lain. Contoh kasus yang seperti ini memang telah banyak terjadi. (Baca Juga: Jenis Vaksin Pada Kucing)

Sponsors Link

  1. Jangan Mengkawinkan di Usia Muda

Ada prosedur dalam mengkawinkan kucing, dimana harus satu tahun usia sebagai minimumnya. Akan tetapi terkadang kelengahan pemilik membiarkan kucing lepas dari rumah dan hamil. Nantinya yang akan terjadi adalah, induk melahirkan dalam usia yang masih muda dan tidak mau menyusui anaknya. Nah, cara untuk membuat induk mau menyusui anaknya adalah dengan mengkawinkan pada usia matang.

  1. Berikan Gizi Baik Pada Induk

Memelihara kucing maka jangan lupa serta anda untuk selalu mengontrol makanannya. Pastikan anda teratur dalam memberikan makanan serta tambahan gizi yang seimbang. Induk kucing yang kurang gizi akan keberatan atau tidak siap untuk menyusui anaknya. Mungkin saja karena sang induk belum terisi oleh makanan, tidak memenuhi gizi seimbang sehingga air susunya tidak berisi dan enggan untuk menyusukan pada sang anak. (Baca Juga: Cara Agar Luka Kucing Cepat Sembuh)

Mencintai kucing sama berarti anda harus merawat dengan sepenuh hati. Pecinta kucing tidak pernah memandang apapun mulai dari ras dan keadaan kucing yang bagaimanapun. Melihat sang induk yang tidak mau menyusui anaknya, anda harus siaga dalam menyediakan alat pembantu untuk anak kucing. Jadi, apabila induk kucing tidak mau menyusui anaknya anda bisa mengatasi dengan memberikan susu lain.

Inilah 8 cara agar Induk Kucing mau menyusui Anaknya, lakukan yang terbaik untuk kucing anda. Memberikan perawatan terbaik sudah menjadi kewajiban sang pemilik. Semoga artikel ini sangat membantu dan salam sukses.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 26th, September 2018 / 08:28 Oleh :
Kategori : Kucing