Sponsors Link

Cara Memberikan Minyak Ikan Untuk Musang

Musang merupakan salah satu hewan liar yang saat ini mulai banyak dijadikan hewan peliharaan karena perilakunya yang lucu. Hewan berbulu yang banyak memakan buah buahan tersebut sebenarnya merupakan hewan jenis omnivora yang memakan segalanya.

Perawatan hewan musang tentu harus selalu diperhatikan agar tidak muncul masalah termasuk pada bulunya yang rontok. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi bulu musang yang rontok adalah dengan mengunakan minyak.

Berikut ini beberapa cara memberikan minyak ikan untuk musang yang bertujuan untuk mengatasi kondisi bulu musang yang rontok tersebut. (Baca juga : cara menjinakkan musang pandan umur 3 bulan)

Manfaat Minyak Ikan Untuk Musang

Bulu yang rontok pada musang dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi tertentu diantaranya seperti kondisi jamuran, stres, iklim dan cuaca yang burung di lingkungan sekitar, mengalami fase birahi hingga menyusui, kekurangan gizi, dipengaruhi oleh kotoran musang, kutu, jenis pakan yang tidak cocok, dan penyebab lainnya. Kondisi musang yang mengalami bulu rontok maka dapat menyebabkan keadaan yang tidak nyaman pada musang serta tentu akan menganggu prilakunya. (Baca juga : cara menjinakkan musang pandan umur 7 bulan)

Untuk mengatasi bulu musang yang rontok tersebut maka dapat menggunakan minyak ikan. Minyak ikan selain memiliki manfaat untuk mengatasi kondisi bulu rontok pada musang juga memiliki beberapa manfaat lainnya. Beberapa manfaat minyak ikan untuk musang tersebut diantaranya seperti berguna sebagai anti inflamasi, mampu merangsang tumbuhnya bulu baru dan mengurangi permasalahan kulit, mengkilapkan bulu, membantu perkembangan dan pemenuhan nutrisi bagi musang.

Cara Memberikan Minyak Ikan Untuk Musang

Untuk dapat memberikan manfaat yang benar dari minyak ikan untuk musang maka cara memberikan minyak ikan untuk musang tersebut harus dilakukan dengan benar. Berikut ini beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam memberikan minyak ikan untuk musang diantaranya seperti di bawah ini.

  1. Sebelum memberikan minyak ikan kepada musang maka perhatikan pola makanya terlebih dahulu dan tentu tidak akan menyebabkan musang mendapatkan nutrisi yang terlalu berlebihan. (Baca juga : cara menjinakkan musang pandan)
  2. Cara memberikan minyak ikan pada musang dilakukan dengan secara oral yakni memberikannya langsung kepada musang lewat mulutnya.
  3. Perhatikan dosis yang tepat dalam pemberian minyak ikan pada musang, musang berumur 7 bulan cukup mendapatkan 1 kapsul perminggu, musang berumur lebih dari 2 tahun dapat diberikan 2 kapsul dalam seminggu. (Baca juga :cara merawat musang di musim hujan)
  4. Pemberian minyak ikan pada musang dapat dilakukan dengan membuka kapsul minyak ikan dan meletakkannya di sendok untuk diberikan secara langsung pada musang dengan cara menyuapinya. Jika musang menolak maka cobalah memberikkannya dengan cara membuka mulut musang secara paksa namun tetap perlahan.
  5. Jika cara memberikan minyak ikan untuk musang tidak dapat dilakukan dengan bantuan sendok maka dapat melalui pipet yang banyak digunakan untuk bayi.
  6. Perhatikan dalam proses pemberian minyak ikan tersebut pada musang, jika setelah pemeberian musang mengalami kondisi sakit maka sebaiknya hentikan pemberiannya namun jika kondisi musang baik baik saja maka pemberian dapat dilakukan secara rutin. (Baca juga : cara memelihara musang pandan)

Itulah beberapa cara memberikan minyak ikan untuk musang untuk membantu mengatasi masalah pada bulunya serta membantu menumbuhkan bulu bulu baru yang mengantikan bulu rontok sebelumnya serta mencegah terjadinya bulu rontok tersebut terulang.

, , , ,
Post Date: Monday 17th, September 2018 / 05:04 Oleh :
Kategori : Musang