Sponsors Link

6 Cara Membuat Vitamin Untuk Kelinci Yang Benar

Kelinci merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki banyak pemanfaatkan mulai dari sebagai hewan peliharaan dan sebagai hewan pedaging yang dimanfaatkan dagingnya untuk dikonsumsi. Terlepas dari kebutuhannya, demi mendapatkan kondisi kucing yang sehat serta prima maka ada proses perawatan yang perlu dilakukan dengan benar. Selain pemberian pakan atau makanan kelinci, ada beberapa jenis bahan lain yang menunjang kesehatan kelinci salah satunya adalah vitamin. Vitamin bagi kelinci dapat dibuat sendiri melalui proses yang benar. Berikut ini cara membuat vitamin untuk kelinci. (Baca juga : tips agar kelinci nafsu makan)

Vitamin Untuk Kelinci

Vitamin memang menjadi salah satu kebutuhan yang diperlukan agar kelinci dapat berkembang atau tumbuh dengan baik serta tetap memiliki kesehatan yang terjaga. Vitamin bagi kelinci dapat diperoleh dari makanan yang dikonsumsinya. Dalam pembuatan vitamin untuk kelinci maka prosesnya digabung dengan membuat pakan kelinci dengan kandungan vitamin yang melimpah dibandingkan jenis pakan kelinci biasanya. Pemberian vitamin dalam bentuk yang terpisah dengan pakannya tentu akan menjadikan kelinci sulit menerima vitamin tersebut dan malah banyak menolaknya. Pemberian vitamin yang terkandung di dalam pakan juga lebih efektif dan mudah penanganannya. (Baca juga : cara memberikan minyak ikan pada kelinci)

Cara Membuat Vitamin Untuk Kelinci

Seperti dalam penjelasan diatas, cara membuat vitamin untuk kelinci tentu dilakukan dengan memproses pakan kelinci yang memiliki kandungan vitamin melimpah. Pakan kelinci yang memiliki vitamin melimpah dapat diperoleh melalui langkah langkah yang dijelaskan berikut ini. 

  • Langkah Pertama, pakan untuk kelinci dengan vitamin tinggi dapat dibuat dengan cara yang sederhana dari beberapa jenis bahan yang ditemukan disekitar lingkungan. Pakan bervitamin tinggi digunakan untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan kelinci. (Baca juga : cara merawat kelinci agar cepat gemuk)
  • Langkah Kedua, siapkan alat yang dibutuhkan dalam proses pembuatan pakan bervitamin tinggi untuk kelinci mulai dari tempat pengadukan dan alat pencampuran hingga alat penggiling daging maupun alat pembuat pelet. Jika alat alat tersebut tidak tersedia maka proses tetap dapat dilakukan secara manual.
  • Langkah Ketiga, siapkan bahan bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan pakan kelinci bervitamin melimpah tersebut. Bahan utama yang diperlukan adalah dedek dan ampas tahu. Untuk membuat pakan semakin bervitamin tinggi maka dapat ditambahkan potongan sayuran dan buah buahan. (Baca juga : cara mengatasi kelinci tidak mau makan)
  • Langkah Keempat, langkah selanjut menyiapkan sayuran dan buah yang diperlukan dengan cara memotong motong sayuran dan buah yang dibutuhkan hingga menjadi kecil dan mudah untuk diproses. Sayuran dan buah yang digunakan bisa dari sisa potongan sayuran dan buah yang tidak dibutuhkan. (Baca juga : cara merawat kelinci di musim hujan)
  • Langkah Kelima, campurkan semua jenis bahan bahan yang diperlukan diatas kedalam satu adonan dan pastikan pencampuran tersebut dilakukan secara merata. Potongan sayuran dapat diblender atau dihaluskan agar hasilnya lebih merata.
  • Langkah Keenam, setelah semua bahan tercampur merata maka cetak bahan pakan tersebut menjadi pelet pelet kecil. Setelah tercetak baik menggunakan alat maupun secara manual maka keringkan hasil cetakan pakan tersebut. 

Itulah beberapa proses yang perlu dilakukan dalam cara membuat vitamin untuk kelinci yang diperlukan guna menjaga kesehatan dan pertumbuhan kelinci. Pembuatan vitamin untuk kelinci tersebut dilakukan dengan cara membuat pakan kelinci bervitamin dan bernutrisi tinggi. 

, , ,
Post Date: Wednesday 30th, January 2019 / 03:29 Oleh :
Kategori : Kelinci