Sponsors Link

6 Cara Membuat Vitamin Untuk Ikan Hias Yang Efektif

Sponsors Link

Vitamin bagi hewan yang dipelihara, diternakkan, atau dibudidayakan merupakan komponen penting yang berguna untuk memastikan agar kondisi hewan tersebut selalu dalam keadaan yang sehat serta memiliki nilai tertentu. Pemberian vitamin tersebut juga berlaku dalam proses perawatan budidaya ikan hias. Vitamin yang diberikan kepada ikan hias dapat menjaganya dari berbagai ancaman kesehatan dan tentunya dapat dibuat sendiri. Berikut ini beberapa cara membuat vitamin untuk ikan hias yang dijelaskan di bawah ini. (Baca juga : cara agar warna ikan discus keluar)

ads

Vitamin Pada Ikan

Pemberian vitamin pada ikan hias seringkali digunakan untuk membantu ikan agar kesehatannya selalu terjaga dan terbebas dari berbagai macam permasalahan pada ikan seperti jamur, kulit yang rusak, ikan tidak sehat, dan lain sebagainya. Pemberian vitamin pada ikan biasanya akan dicampur dalam bentuk pakan ikan agar ikan dapat mengkonsumsinya dengan baik. Ada berbagai macam jenis vitamin yang dapat diberikan kepada ikan yang pada dasarnya merupakan pakan ikan dengan kandungan vitamin tinggi bukan hanya bentuk satu vitamin saja. (Baca juga : cara ternak udang hias di akuarium)

Cara Membuat Vitamin Untuk Ikan Hias

Pembuatan vitamin ikan hias pastinya akan langsung diproses bersamaan dengan pembuatan pakan ikan itu sendiri seperti dalam penjelasan diatas. Untuk membuat pakan ikan yang memiliki kandungan vitamin tinggi tentu ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Berikut ini cara membuat vitamin untuk ikan hias berupa pakan ikan.

  • Langkah 1, pakan ikan bagi ikan hias tentu berbeda dengan pakan ikan bervitamin bagi ikan yang lain terutama ikan yang digunakan untuk budidaya. (Baca juga : cara agar warna ikan oscar bagus)
  • Langkah 2, pakan ikan bagi ikan hias hanya digunakan untuk menjaga ikan dalam kondisi yang sehat dan tidak mengharuskan ikan tumbuh terlalu besar mengingat hidup ikan hias lebih banyak berada di akuarium.
  • Langkah 3, siapkan semua peralatan sederhana yang diperlukan seperti tempat penampungan pakan ikan dan alat yang digunakan untuk mencampur pakan tersebut. (Baca juga : cara budidaya ikan dengan probiotik)
  • Langkah 4, siapakan bahan yang sesuai untuk kebutuhan ikan hias yakni  1 butir telur dengan berat kurang lebih 25 gram, tepung yang biasa digunakan untuk ikan sebanyak 20 gram dan tentunya air.
  • Langkah 5, kocok telur hingga merata untuk memastikan agar nutrisi telur tercampur dengan baik dan tambahkan seluruh tepung ke dalam telur yang sudah dikocok tersebut. (Baca juga : cara memelihara ikan nila)
  • Langkah 6, Ketika telur dan tepung sudah tercampur rata maka tambahkan air untuk menyesuaikan konsistensinya dengan kebutuhan bagi ikan hias yang paling mudah untuk dicerna oleh ikan. Penambahan beberapa jenis vitamin ikan yang dapat dibeli di toko hewan peliharaan juga dapat dilakukan untuk memperkaya jenis vitamin dalam pakan ikan tersebut.

Itulah beberapa cara membuat vitamin untuk ikan hias yang perlu diperhatikan para pecinta berbagai macam jenis ikan hias terutama yang dipelihara di dalam akuarium. Secara prinsip, pembuatan vitamin untuk ikan hias dibuat bersamaan dengan pembuatan pakan ikan dan hanya digunakan untuk menjaga kesehatan ikan itu sendiri bukan membantu membesarkan ukuran dari ikan. Pemberian pakan ikan yang bervitamin tinggi tersebut disesuaikan dengan kebiasaan dari pemberian pakan ikan agar tidak terlalu sedikit maupun tidak terlalu berlebihan sehingga tepat sesuai kebutuhan manfaatnya.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 30th, January 2019 / 03:37 Oleh :
Kategori : Ikan