Sponsors Link

13 Cara Budidaya Ikan dengan Probiotik Paling Mudah

Sponsors Link

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, kemajuan ini menimbulkan banyak manfaat bagi masyarakat umum dalam berbagai aspek.

ads

Salah satu manfaat terebut adalah adanya probiotik. Probiotik yaitu mikroorganisme hidup yang mampu memberikan dampak baik atau kesehatan pada organisme lain.

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai probiotik, tentunya bukan yang dikonsumsi oleh manusia, melainkan probiotik yang bermanfaat untuk nutrisi ikan yang saat ini mara dipraktikkan.

Yuk langsung saja kita bahas bersama mengenai budidaya ikan dengan probiotik yang akan saya uraikan dan jelaskan dalam 13 cara,

1. Fermentasi

Hal pertama untuk membuat probiotik ialah anda wajib fermentasi terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar ikan yang memakan pakan yang mengandung probiotik tersebut akan lebih mudah serta lebih lncar dalam mencernanya sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya lebih mudah diserap. Diharapkan ikan akan tumbuh lebih sehat, memiliki tubuh yang padat, dan segar. (Baca juga mengenai Cara Merawat Ikan Arwana Silver).

2. Berikan Merata

Probiotik akan membantu perkembangan ikan, kebanyakan pemilik ikan memberikan pakan tanpa probiotik atau memberikan pakan dengan probioti secara berkala saja, tidak secara terus menerus. Pakan ikan yang disebar dalam jumlah banyak tanpa probiotik hasilnya akan sulit dicerna dengan sempurna oleh ikan sehingga tumbuh kurang besar dan tidak efektif.

Berikan makanan dengan probiotik secara merata dan terus menerus, sediakan atau buat makanan tersebut dalam jumlah cukup sehingga anda dapat memberikannya secara rutin. (Baca juga mengenai cara merawat ikan hias dalam toples).

3. Tingkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan ikan dpaat anda tingkatkan dengan rutin memberikan nutrisi dari fermentasi pakan ikan yang anda lakukan. Pakan tersebut menghasilkan nutrisi yang sehat dan tahan terhadap penyakit sehingga ikan memiliki nafsu makan tinggi, bobot yang berat dan lebih panjang, serta masa panen yang lebih pendek. (Baca juga mengenai budidaya ikan air tawar).

4. Jaga Kebersihan Air

Budidaya ikan dengan probiotk memang akan lebih mampu menjaga kebersihan air dan meminimalkan penggantian air kolam. Air yang dihasilkan akan lebih bagus dan tidak berbau sebab pakan probiotik mampu menyerap 40% lebih banyak sehingga tidak menimbulkan sisa makanan di kolam. Walaupun demikian anda tetap wajib rutin menjaga kebersihan dan menganti air secara berkala sebab air yang dalam jangka waktu lama tidak diganti dapat menimbulkan bakteri dan virus mudah berkembang di dalamnya.

5. Gunakan Bahan Berkualitas

Membuat pakan ikan probiotik sendiri daripada yang dijual di pabrik hasilnhya jauh lebih hemat dengan kualitas yang sama. Gunakan bahan yang berkualitas agar nutrisinya berkualtas pula, bahan tersebut ialah sel probiotik, dedak halus, air bersih, temulawak, gula merah, dll yang wajib anda sediakan dari bahan yang bermutu. (Baca juga mengenai budidaya ikan nila dalam drum plastik).

6. Lakukan Prosesnya Secara Keseluruhan

Dalam pembuatan pakan probiotik anda memang diwajibkan memiliki kesabaran dalam prosesnya, setelah semua bahan untuk fermentasi diproses, anda wajib menyimpannya selama 7 hari agar fermentasinya bekerja. Pantau terus setiap hari, awasi penutup wadahnya agar proses berjalan sempurna.

Sponsors Link

Lakukan proses fermentasi pakan secara keseluruhan jangan ada tahap yang terlewatkan dalam pembuatannya. (Baca juga mengenai budidaya ikan gurame di kolam tanah).

7. Gunakan Probiotik pada Dasar Kolam

Budidaya ikan tidak lepas dari kolam yang merupakan tempat pertumbuhannya. Gemburkan dasar kolam dengan probiotik, caranya cukup dengan guyurkan air yang dicampur probiotik ke kolam pada pagi hari setiap dua minggu sekali agar air selalu sehat dan penuh dengan plankton sebagai pakan alami.

8. Cara Pemberian Pakan

Penggunaan probiotik untuk pakan ikan sebagai bahan untuk memacu pertumbuhan ikan itu sendiri sekaligus membentengi dari kemungkinan terkena penyakit atau stres, probiotik tersebut harus dicampurkan dengan pakan ikan yang anda berikan secara rutin, jangan diberikan dengan cara bergantian, wajib diberikan setiap kali pemberian makanan.

9. Berikan Setiap Kali Pergantian Bibit

Pemberian probiotik juga wajib diberikan ketika anda selesai masa panen dan memiliki bibit baru untuk dibudidayakan, sebelum bibit dimasukkan ke dalam kolam, tiga hari sebelumnya guyur air kolam dengan campuran probiotik terlebih dahulu agar kondisi air cepat matang dan tumbuh banyak plankton, hal ini semacam imunisasi sejak awal sehingga akan lebih bagus hasilnya.

10. Cegah Ikan Stres

Ketika anda melihat di kolam ikan anda ada banyak ikan yang mengambang atua bahkan mati, tentu hal terebut jika dibiarkan begitu saja akan menimbulkan kerugian, secepatnya guyurkan segenggam probiotik ke kolam.

Sponsors Link

Ikan yang stres kemungkinan terjadi karena polusi udara atau air yang tercemar. Tindakan tersebut akan menjernihkan kembali air di kolam anda dan membunuh bibit penyebab polusi, hasilnya ialah keesokan harinya air kembali hijau jernih dan ikan anda di dalamnya pun kembali sehat.

11. Dosis Pemberian Probiotik

Dalam pemberian probiotik tentu harus dengan takaran yang sesuai agar bermanfaat secara maksimal pada pertumbuhan ikan. Dosis atau kadar yang sesuai ialah dengan memberikan setengah gelas probiotik per hari untuk 1.500 ikan yang dipelihara dalam kolam berukuran 3×4 meter. Jika anda memiliki jumlah ikan atau luas kolam yang berbeda, lakukan penyesuaian berdasarkan dosis yang telah disebutkan sebelumnya.

12. Hindarkan dari Serangan Penyakit

Pemberian probiotik memang mampu menurunkan kematian pada ikan dan menghasilkan ikan yang berkualitas. Tetapi anda tetap wajib mencegah penyakit atau bahaya lain pada ikan anda. caranya adalah dengan menjaga kesehatan lingkungan di sekitarnya dan asupan nutrisi yang seimbang, serta membersihkan sisa kotoran dan sisa makanan yang terdapat pada kolam.

13. Tambahkan Vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk pertumbuhan ikan, vitamin C mampu memaksimalkan pertumbuhan, mengatasi stres, meningkatkan reproduksi, dan meningkatkan imunitas terhadap serangan penyakit. gunakan vitamin C bersama dengan probotik agar manfaat nya akan diserap oleh ikan secara maksimal. Caranya ialah dengan menambahkan pakan yang dicampur air dengan probiotik dan vitamin C dengan perbandingan 1 : 1, setelah tercampur merata berikan pada ikan anda.

Demikian artikel mengenai cara budidaya ikan dengan probiotik, telah saya uraikan dengan lengkap dan jelas ya sobat. Perlu anda ketahui bahwa budidaya ikan dengan cara ini tingkat keberhasilannya lebih baik daripada budidaya ikan tanpa probiotik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 09th, March 2018 / 02:44 Oleh :
Kategori : Ikan