Sponsors Link

12 Cara Membersihkan Kandang dalam Budidaya Ayam Petelur Dengan Mudah

Sponsors Link

Ayam adalah salah satu hewan dengan jumlah terbanyak di dunia. Konon jumlahnya di seluruh dunia berkali kali lipat dari jumlah manusia.

ads

Hal tersebut wajar sebab setiap hari kita selalu melihat ayam dan telurnya ada dimana mana, entah itu ayam yang masih hidup, telur ayam olahan dan mentah, bahkan setiap harinya banyak warung dan restoran menjual ratusan olahan makanan dari telur ayam siap makan setiap harinya.

Dalam budidaya ayam petelur wajib dipahami terlebih dulu semua hal yang berhubungan dengan cara perawatannya termasuk cara pembersihan kandangnya agar dapat mencapai hasil yang maksimal.

Dalam artikel ini saya akan menguraikan hal tersebut, yuk langsung saja kita bahas lebih lanjut mengenai 12 cara membersihkan kandang dalam budidaya ayam petelur,

1. Bersihkan Secara Rutin

Yang pertama anda harus rajin. Rajin membersihkan kandang ayam petelur, kondisi kandang yang bersih akan membuat ayam petelur menajdi lebih sehat serta terhindar dari yang dapat memunculkan berbagai macam bakteri. Ayam petelur emang hewan yang memiliki banyak kotoran, jika tidak dibersihkan secara rutin akan membuat kotoran menjadi menumpuk. Bersihkan paling tidak sehari sekali. (Baca juga mengenai cara penangkaran ayam hutan hijau).

2. Mulai dengan Bagian Dalam

Salah satu bagian kandang yang wajib anda bersihkan ialah pada bagian dalam. Biasanya di bagian tersebut banyak kotoran dari ayam dan sisa makanan. Bagian dalam ialah yang berhubungan langsung dengan aktifitas ayam petelur dalam kesehariannya, bagian tersebut yang paling dibutuhkan kebersihan dan kenyamanannya. Bersihkan bagian dalam kandang ini sehari sekali. (Baca juga mengenai cara melatih ayam agar tidak main bawah)

3. Bagian Bawah Kandang

Bagian bawah kandang ialah bagian yang menampung banyak kotoran ayam yang wajib anda bersihkan secara rutin. Bau tidak sedap muncul dari bagian bawah tersebut. Anda bisa membersihkannya dengan cara disapu pada pagi dan sore hari. Jangan tertinggal untuk membersihkannya, semakin anda menunda dalam membersihkan, bau yang muncul akan semakin menyengat dan menimbulkan ketidaknyamanan. (Baca juga mengenai cara merawat ayam petelur di musim hujan).

4. Semprot Disinfektan

Jika anda sudah membersihkan seluruh bagian kandang ayam petelur, sekarang saatnya untuk menyemprotkan disinfektan. Disinfektan merupakan bahan kimia yang membunuh bakteri di dalam kandang sehingga tidak beresiko menimbulkan penyakit. Semprot setidaknya 2 kali dalam seminggu dengan demikian kandang akan bersih dan menjadi lebih sehat untuk ditempati ayam petelur.

5. Ganti Alas Kandang Secara Berkala

Alas kandang juga bagian yang penting dlaam kebersihan kandang ayam petelur. Alas kandang yang umumnya dibersihkan ketika pembersihan kandang tidak selamanya dapat digunakan sebab disitulah temoat menumpuknya kotoran dan sisa makanan serta lama kelamaan akan menjadi rusak. (Baca juga mengenai cara memelihara ayam petelur di rumah).

Ganti alas kandang tersebut secara berkala dan buang jauh di tempat yang jauh dari kandang atau hancurkan. Alas kandang yang diganti secara berkala akan membuat ayam petelur menjadi lebih nyaman dan lebih produktif. Juga memberikan kenyamanan untuk pemiliknya.

6. Cegah Jamur dan Kondisi Lembab

Cara membersihkan kandang dalam budidaya ayam petelur yang lainnya adalah membersihkan tempat makan dan tempat minum ayam petelur anda. jemur di bawah sinar matahari.

Sponsors Link

Setelah dibersihkan, tempat akan berada dalam kondisi kering dan memutus rantai makanan dan rantai penyakit seperti jamur yang mudah berkembang di tempat yang lembab. (Baca juga mengenai budidaya ayam pedaging).

7. Gunakan Medisep

Medisep ialah semacam detergen yang tidak mengandung bahan kimia tinggi dan aman bagi ayam petelur maupun telurnya. Cara penggunaan seperti ketika menggunakan detergen, yaitu dicampur dengan air dan dioleskan pada tempat yang dibersihkan dengan kadar sekitar 15 ml tiap 10 liter air.

Jangan lupa bersihkan secara maksimal, jangan sampai ada sisa medisep yang tertinggal di kandang ataupun di tempat makan dan minum ayam yang anda bersihkan. Cara ini akan menimbulkan sensasi kesegaran dan bersih yang total sehingga kandang ayam petelur anda semakin sehat.

8. Gunakan Garam Dapur

Di dalam kandang ayam yang kondisinya terkadang lembab ketika belum dibersihkan karena banyaknya sisa makanan serta kotoran dan debu yang menumpuk sering menyebabkan timbulnya cacing. Terkadang ada cacing yang berbahaya untuk kesehatan ayam.

Untuk memaksimalkan dalam pembersihan dan menjaga ayam petelur anda tetap sehat, gunakan juga garam dapur ketika anda membersihkan kandang, tidak perlu setiap hari, cukup secara berkala setiap seminggu sekali. Garam dapur akan membunuh cacing.

Cacing berbahaya yang tidak dibunuh akan berkembang biak dan menempati area kandang sehingga menimbulkan berbagai penyakit tidak hanya bagi ayam petelur yang tinggal disana tetapi juga beresiko pada pemilik atau orang yang berhubungan dengan kandang tersebut. Sebab itu lakukan tindakan pencegahan yang tepat.

9. Gunakan Tawas

Selain cacing, makhluk tidak diharapkan lainnya yang muncul di kandang umumnya ialah kutu. Kutu yang menyebar lewat debu dapat bersarang di bulu ayam dan tempat lainnnya sehingga menimbulkan berbagai penyakit. jika kutu sudah menyerang, akan menurunkan produksi telur ayam dan menyebabkan kerugian.

Sponsors Link

Campurkan air tawas ketika anda membersihkan kandang untuk mematikan bibit kutu, jangan lupa keringkan sebab kondisi lembab juga lingkungan yang disukai kutu.  Lakukan secara berkala agar tidak ada peluang bagi kutu untuk berkembang dan menggannggu ayam petelur anda.

10. Lakukan Reparasi

Lakukan reparasi atau perbaikan kandang jika memang terjadi kerusakan. Kandang yang rusak misalnya berlubang atau rapuh akan menyulitkan dalam pembersihan, jika tidak dapat dibersihkan secara maksimal beresiko ditinggali oleh bakteri dan kuman.  Jadi sebaiknya berikan fasilitas atau kandang yang nyaman dan bersih agar ayam petelur anda maksimal dalam budidayanya.

11. Buang Jauh Kotoran dari Kandang

Kotoran yang anda bersihkan dari bagian dalam kandang wajib dibuang jauh atau anda manfaatkan untuk hal lain, yang terpenting adalah tidak berada di dekat atau sekitar kandang. Kandang yang bersih tetai terdapat bau kotoran yang menyengat sama saja tidak akan menciptakan kenyamanan dalam kandang ayam petelur tersebut.

12. Bersihkan Dinding dan Atap Kandang

Periksa dan bersihkan dinding serta atap kandang ayam petelur anda secara berkala, jika ada kerusakan atau kotoran dan debu yang menempel bersihkan dengan air dan kotoran. Virus dapat berkembang dimana saja yang tidak maksimal dalam perawatan kebersihannya. Sebab itu anda wajib membersihkan semua bagian kandang termasuk yang tidak ditempati ayam secara langsung seperti di sudut sudut dinding dan atap.

Sekian dulu sobat artikel kali ini, telah saya sebutkan dan uraikan secara lengkap mengenai 12 cara membersihkan kandang dalam budidaya ayam petelur, semoga dapat dipahami dan bermanfaat untuk anda sebagai ilmu pengetahuan tambahan dan panduan dalam perawatan ayam petelur sehari hari. Terima kasih sudah membaca, salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 09th, March 2018 / 02:29 Oleh :
Kategori : Ayam